Liverpool vs Leeds 1-2: The Reds Kembali Terjun Bebas

Liverpool vs Leeds 1-2: The Reds Kembali Terjun Bebas
Striker Liverpool, Mo Salah Berhasil Mencetak Gol ke Gawang Leeds pada Pertandingan Liga Inggris di Anfield (30/10/2022) (Sumber : thisisanfield.com)

Liverpool harus menelan kekalahan dengan skor 1-2 melawan Leeds United pada pertandingan lanjutan liga Inggris di Anfield, Minggu (30/10/2022).

Berstatus sebagai tuan rumah dan bermain di hadapan pendukungnya sendiri ternyata tidak membantu Liverpool untuk meraih kemenangan.

Kekalahan ini juga cukup mengejutkan mengingat The Reds sebenarnya diunggulkan untuk menang berdasarkan kualitas tim yang mereka punya.

Terlebih, Liverpool memiliki rekor kemenangan yang cukup impresif melawan Leeds. Musim lalu, mereka berhasil menang dengan skor 3-1 (Away) dan 6-0 (Home).

Bacaan Lainnya

Kekalahan ini juga menjadi yang kedua secara beruntun untuk Liverpool setelah sempat berhasil mengalahkan Man City dengan skor 1-0 di Anfield pada dua pekan sebelumnya.

Pekan lalu, Liverpool secara mengejutkan tumbang di markas klub promosi, Nottingham Forest dengan skor 0-1.

Pada laga tadi malam, The Reds sebenarnya menguasai pertandingan dengan 69% ball possession dan melepaskan 22 tembakan dengan 10 diantaranya mengarah on-target.

Sedangkan, Leeds hanya menguasai 31% ball possession dan melepaskan 14 tembakan dengan 6 diantaranya mengarah on-target.

Taktik pressing dan serangan balik yang diterapkan Leeds tampaknya cukup berhasil dalam mengacaukan permainan tuan rumah.

Terbukti, tim asuhan Jesse Marsch tersebut berhasil mencetak keunggulan pada menit ke-4 melalui Rodrigo setelah memanfaatkan kecerobohan bek Liverpool, Joe Gomez yang salah mengirim umpan ke arah gawang timnya.

Kesalahan Gomez terjadi setelah dirinya dipressing ketat oleh gelandang serang tim tamu, Brenden Aaronson.

Sepuluh menit berselang, tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol tendangan voli Mo Salah setelah menerima umpan lambung Andrew Robertson dari sisi kiri.

Baca juga:  Arsenal vs Leeds United: Hujan Gol di Emirates, Aubameyang Hattrick

Gol tersebut menjadi yang keempat untuk striker timnas Mesir tersebut di liga Inggris musim ini.

Setelah itu hingga babak kedua, Liverpool terus menyerang dan mengurung lini pertahanan Leeds dari segala sektor.

Kiper tim tamu, Illan Meslier tercatat melakukan tiga penyelamatan krusial sepanjang pertandingan yang menggagalkan kesempatan Liverpool untuk mencetak gol.

Pada menit ke-89, Leeds akhirnya berhasil mencetak gol kemenangan melalui Crysencio Summerville.

Setelah menerima umpan satu sentuhan Patrick Bamford di dalam kotak penalti, Winger kiri asal Belanda tersebut berhasil mengecoh tiga pemain bertahan Liverpool sebelum menjebol gawang Alisson.

Tuan rumah kemudian untuk menyamakan kedudukan, akan tetapi mereka gagal mencetak gol hingga peluit panjang dibunyikan.

Kemenangan di Anfield ini menjadi yang perdana untuk Leeds sejak tahun 2001 dan tentu saja ini menjadi salah satu rekor terbaik yang ditorehkan Jesse Marsch untuk klub tersebut.

Raihan tiga poin ini juga pastinya membuat Leeds berhasil naik ke peringkat ke-15 setelah gagal meraih kemenangan dalam delapan laga sebelumnya di liga Inggris.

Leeds bahkan menelan empat kekalahan beruntun sebelum laga tadi malam di Anfield.

Sedangkan, kekalahan ini menjadi yang keempat untuk Liverpool di musim ini dan membuat tim asuhan Jurgen Klopp tersebut terperosok ke peringkat sembilan dengan perolehan 16 poin.

Liverpool (4-3-1-2) : Alisson (GK), Robertson (LB), Virgil (CB), Gomez, Alexander-Arnold (RB), Thiago (CM), Fabinho (DM), Elliott (CM), Firmino (AM), Nunez (FW), Salah (FW).

Subs : Milner, Henderson, Jones,

Leeds (4-2-3-1) : Meslier (GK), Struijk (LB), Cooper (CB), Koch (CB), Kristensen (RB), Roca (CM), Adams (CM), Summerville (LW), Aaronson (AM), Harrison (RW), Rodrigo (CF).

Subs : Ayling, Bamford, Gnonto,

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Baca juga:  Medley Bailey - Grealish - Azmoun

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *