Hungaria vs Italia 0-2: Gli Azzurri Lolos ke Semifinal Secara Dramatis

Hungaria vs Italia 0-2: Gli Azzurri Lolos ke Semifinal Secara Dramatis
Selebrasi Pemain Timnas Italia Setelah Lolos ke Babak Semifinal UEFA Nations League di Puskas Arena, Budapest (27/9/2022) (Sumber : myengagers.com)

Timnas Italia berhasil mengalahkan tuan rumah Hungaria dengan skor 2-0 pada pertandingan terakhir UEFA Nations League di Puskas Arena Park, Budapest, Selasa (27/9/2022).

Meskipun kalah dalam hal penguasaan bola dan jumlah tembakan, tim asuhan Roberto Mancini tersebut berhasil keluar sebagai pemenang berkat gol Giacomo Raspadori di babak pertama dan Federico Dimarco di babak kedua.

Laga ini dapat terbilang cukup menarik karena pelatih dari tim tuan rumah, Marco Rossi juga berasal dari Italia dan taktik permainan yang diterapkanya pada timnas Hungaria cukup kental dengan nuansa negeri kelahiranya.

Meski demikian, Roberto Mancini berhasil membuktikan bahwa dirinya menjadi pemenang dalam pertandingan ini berkat taktik dan gaya permainan efektifnya.

Bacaan Lainnya

Kemenangan ini membawa Gli Azzurri menjadi juara grup C dan berhak lolos ke semifinal UEFA Nations League. Pada pertemuan pertama di Cesena, timnas Italia berhasil menang dengan skor 2-1.

Keberhasilan timnas Italia melangkah ke babak semifinal mungkin dapat terbilang cukup dramatis mengingat mereka sempat tertinggal dua poin dari timnas Hungaria yang menduduki puncak klasemen sementara grup C.

Terlebih, timnas Hungaria berhasil mengalahkan tuan rumah Jerman dengan skor 1-0 dan Inggris dengan skor telak 4-0 pada dua pertandingan sebelumnya. Tak heran, jika kemenangan ini menjadi suatu hal yang fantastis bagi Gli Azzurri.

Sesuai peraturan, hanya sang juara grup yang berhak melangkah ke babak semifinal UEFA Nations League.

Babak Pertama

Kiper tuan rumah, Peter Gulacsi hampir melakukan blunder yang menyebabkan gol untuk tim tamu pada menit ke-5 ketika bola hasil tangkapan terlepas dari genggaman tanganya. Beruntung, bek timnas Hungaria berhasil membuang bola keluar kotak penalti.

Baca juga:  Jerman vs Hungaria 0-1: Die Mannschaft Terancam Gagal Lolos ke Semifinal

Timnas Italia yang unggul secara kualitas tampak menguasai pertandingan dalam kurun waktu 20 menit awal pertandingan. Mereka terus melakukan serangan ke lini pertahanan timnas Hungaria melalui skema umpan lambung dari sektor sayap.

Pada menit ke-27, tim tamu berhasil mencetak gol pembuka melalui Giacomo Raspadori setelah pemain timnas Hungaria, Ádám Nagy melakukan kesalahan dalam mengoper bola.

Gol tersebut menjadi yang kedua secara beruntun untuk Raspadori setelah mencetak gol kemenangan ke gawang timnas Inggris pada laga sebelumnya.

Timnas Hungaria yang awalnya tertekan mulai bisa melancarkan serangan melalui umpan lambung dari sektor sayap. Selain itu, mereka juga mengandalkan bola servis seperti free kick ataupun corner kick.

Akan tetapi, barisan lini belakang timnas Italia yang dikawal oleh trio Acerbi-Bonucci-Toloi masih mampu menghalau serangan yang dilancarkan tuan rumah.

Skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Sebelum babak kedua dimulai, masing-masing pelatih kesebelasan melakukan pergantian pemain pertamanya.

Pelatih tuan rumah, Marco Rossi menarik keluar Adam Nagy yang melakukan blunder dan memasukan Callum Styles yang berposisi sebagai penyerang agar bisa mencetak gol penyama kedudukan.

Sedangkan, Roberto Mancini melakukan pergantian pemain di posisi bek tengah dengan menarik keluar Fransesco Acerbi dan menggantikanya dengan Alessandro Bastoni untuk memperkuat pertahanan.

Timnas Hungaria yang tertinggal 0-1 langsung tancap gas untuk mengurung lini pertahanan tim tamu sejak awal babak kedua dimulai.

Bahkan, tuan rumah menciptakan dua peluang emas beruntun di menit ke-49 yang masih bisa dihalau Donnarumma dan barisan pertahanan timnas Italia lainya.

Akan tetapi, tim tamu berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-52.

Berawal dari umpan terobosan Barella ke sisi kanan kotak penalti timnas Hungaria, Cristante yang mendapatkan bola segera melepaskan umpan silang yang segera disambut tendangan Dimarco ke dalam gawang tuan rumah untuk mencetak gol.

Baca juga:  Alarm Peringatan untuk Gareth Southgate

Setelah itu, timnas Hungaria mencoba untuk mengejar ketertinggalan dengan mendominasi pertandingan dan terus mengurung lini pertahanan tim tamu.

Donnarumma berhasil menggagalkan dua peluang emas tuan rumah yang dihasilkan oleh Szoboszlai dan Schafer dalam kurun waktu 10 menit setelah gol kedua timnas Italia.

Tuan rumah terus menyerang area pertahanan timnas Italia. Beruntung bagi tim tamu, karena barisan pemain bertahan mereka bermain cukup solid.

Skor 2-0 untuk kemenangan timnas Italia bertahan hingga peluit panjang akhir pertandingan dibunyikan.

Hasil ini membawa timnas Italia lolos ke semifinal sebagai juara grup C dengan perolehan 11 poin dari tiga kemenangan, dua hasil imbang, dan satu kekalahan.

Sedangkan, timnas Hungaria yang tampil luar biasa pada dua pertandingan sebelumnya harus gagal melangkah ke babak semifinal karena mereka harus finish di peringkat kedua dengan perolehan 10 poin dari tiga kemenangan, satu hasil imbang, dan dua kekalahan.

Hungaria (3-4-2-1) : Gulacsi (GK), At.Szalai (CB), Orban (CB), Lang (CB), Kerkez (LWB), Schafer (CM), Nagy (CM), Fiola (RWB), Szoboszlai (AM), Nego (AM), Szalai (CF).

Subs : Bolla, Kleinheisler, Gazdag, Styles, Adam

Italia (3-5-2) : Donnarumma (GK), Acerbi (CB), Bonucci (CB), Toloi (CB), Dimarco (LWB), Cristante (CM), Jorginho (DM), Barella (CM), Di Lorenzo (RWB), Raspadori (FW), Gnonto (FW).

Subs : Pobega, Scamacca, Mazzocchi, Gabbiadini, Bastoni

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *