Portugal vs Spanyol 0-1: Morata Loloskan La Furia Roja ke Semifinal Secara Dramatis

Portugal vs Spanyol 0-1: Morata Loloskan La Furia Roja ke Semifinal Secara Dramatis
Selebrasi Alvaro Morata Setelah Mencetak Gol Kemenangan ke Gawang Tuan Rumah Portugal pada Pertandingan Terakhir Grup B UEFA Nations League di Braga (28/9/2022) (Sumber : marca.com)

Timnas Spanyol berhasil mengalahkan tuan rumah Portugal dengan skor 1-0 dalam pertandingan terakhir grup B UEFA Nations League di Estadio Municipal de Braga, Rabu (28/9/2022).

Dalam duel antar negeri tetangga tersebut, Alvaro Morata berhasil menjadi pahlawan La Furia Roja dengan gol yang dicetaknya pada menit terakhir pertandingan.

Kemenangan ini membawa timnas Spanyol berhasil melangkah ke babak semifinal secara dramatis. Laga ini memang dianggap sebagai penentuan siapakah yang menjadi juara grup B dan lolos ke empat besar UEFA Nations League.

Sesuai peraturan, hanya sang pemuncak klasemen akhir grup yang berhak melangkah ke babak semifinal. Timnas Spanyol sendiri sempat tertinggal satu poin dari timnas Portugal yang menjadi pemimpin puncak klasemen sementara grup B sebelum laga ini dimulai.

Bacaan Lainnya

Akan tetapi, tim asuhan Luis Enrique tersebut berhasil mengikuti jejak timnas Italia yang lolos ke semifinal setelah melakukan kudeta dengan meraih kemenangan di kandang sang pemuncak klasemen sementara.

Timnas Spanyol memang layak untuk menang setelah mereka berhasil menguasai pertandingan dengan 68% ball possession dan melepaskan 10 tembakan dengan 5 diantaranya mengarah on-target.

Babak Pertama

Sejak babak pertama, permainan tiki-taka yang diperagakan pemain La Furia Roja berhasil membuat tuan rumah sangat kesulitan untuk mendapatkan bola.

Meski demikian, taktik pressing dan serangan balik yang dilancarkan timnas Portugal cukup membahayakan lini pertahanan tim tamu.

Taktik tersebut hampir membawa tuan rumah unggul di menit ke-32 melalui Jota setelah menerima umpan lambung Bruno Fernandes dari lini tengah melalui skema serangan balik yang cepat.

Baca juga:  Louis Van Gaal, Kembalinya Sang Meneer ke Kancah Sepakbola

Beruntung, kiper timnas Spanyol yaitu Unai Simon berhasil menggagalkan tendangan keras winger Liverpool tersebut.

Taktik pressing yang diterapkan pelatih tuan rumah, Fernando Santos rupanya cukup efektif untuk meredam serangan timnas Spanyol. Selecao mampu menebarkan ancaman ke pertahanan tim tamu melalui serangan balik ataupun tendangan dari luar kotak penalti.

Akan tetapi, skor imbang tanpa gol untuk kedua tim bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

40 detik setelah peluit tanda dimulainya babak kedua dibunyikan, Ronaldo hampir menciptakan gol pembuka untuk tuan rumah setelah menerima umpan terobosan Diogo Jota lewat skema serangan balik yang cepat.

Akan tetapi, Unai Simon kembali berhasil melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tendangan Ronaldo yang dilepaskan di depan gawangnya.

Setelah itu, timnas Spanyol terus menguasai pertandingan dengan taktik dan operan tiki-taka yang menyebabkan tuan rumah bermain cukup defensif.

Barisan tengah tim tamu yang sejak awal babak pertama bermain cukup solid dalam melancarkan aliran bola ke berbagai lini semakin bertambah kuat dengan masuknya Pedri dan Gavi. Kedua pemain Barca tersebut menggantikan Koke dan Carlos Soler di menit ke-60.

Setelah terus mendominasi pertandingan, timnas Spanyol berhasil mencetak gol di menit-88 melalui Alvaro Morata.

Striker Atletico Madrid tersebut yang lepas tanpa penjagaan berhasil mencetak gol setelah menerima umpan sundulan Neco Williams dari sisi kanan gawang tuan rumah.

Gol tersebut menjadi penentu kemenangan La Furia Roja dan membawa mereka lolos ke semifinal sebagai juara grup B dengan perolehan 11 poin.

Sedangkan, timnas Portugal harus gagal lolos ke empat besar setelah mereka harus finish di peringkat kedua dengan perolehan 10 poin.

Portugal (4-2-3-1) : Diogo Costa (GK), Mendes (LB), Danilo (CB), R.Dias (CB), Cancelo (RB), W.Carvalho (CM), Neves (CM), Jota (LW), B.Fernandes (AM), Bernardo (RW), Ronaldo (CF).

Baca juga:  Prediksi Polandia vs Belanda: Kesempatan Die Oranje Perpanjang Hasil Sempurna

Subs : Leao, Vitinha, J.Mario, J.Felix

Spanyol (4-3-3) : Simon (GK), Gaya (LB), Pau Torres (CB), Guillamon (CB), Carvajal (RB), Koke (CM), Rodri (DM), Soler (CM), Sarabia (LW), Morata (CF), Ferran (RW).

Subs : N.Williams, Busquest, Gavi, Pino, Pedri

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *