Belanda vs Belgia 1-0: Die Oranje Lolos ke Semifinal Tanpa Terkalahkan

Belanda vs Belgia 1-0: Die Oranje Lolos ke Semifinal Tanpa Terkalahkan
Bek Timnas Belanda, Virgil Van Dijk Melakukan Selebrasi setelah Mencetak Gol ke Gawang Timnas Belgia pada Pertandingan Terakhir UEFA Nations League di Amsterdam Arena (26/9/2022) (Sumber : eurosport.com)

Timnas Belanda berhasil mengalahkan timnas Belgia dengan skor 1-0 pada pertandingan terakhir UEFA Nations League di Amsterdam Arena, Senin (26/9/2022).

Dalam duel antar negara tetangga tersebut, Die Oranje yang bertindak sebagai tuan rumah keluar sebagai pemenang kendati kalah dalam penguasaan bola dengan 45%.

Akan tetapi, tim asuhan Louis Van Gaal tersebut berhasil unggul dalam jumlah 13 tembakan dimana 5 diantaranya mengarah on-target.

Laga ini dapat terbilang cukup menarik karena kedua tim sama-sama memiliki generasi emas terbaik di sepakbola Eropa kini.

Bacaan Lainnya

Gol tunggal Virgil Van Dijk di babak kedua sudah cukup untuk membawa timnas Belanda lolos ke semifinal dengan tanpa meraih satupun kekalahan dalam lima pertandingan di grup D.

Kemenangan ini menjadi yang kedua untuk timnas Belanda atas Belgia setelah pada pertemuan pertama di Brussels, mereka berhasil menang dengan skor telak 4-1.

Babak Pertama

Sejak menit awal babak pertama, kedua tim langsung bergantian melakukan serangan. Akan tetapi, tidak ada ancaman atau peluang yang membahayakan untuk kiper dari kedua kesebelasan tersebut.

Tuan rumah seringkali melakukan serangan melalui Daley Blind dan Denzel Dumfries yang bermain sebagai bek sayap kiri dan kanan. Formasi 3-4-1-2 memungkinkan bek sayap menjadi kunci serangan dari timnas Belanda sendiri.

Sedangkan, tim tamu Belgia lebih mengandalkan sektor lini tengah untuk melakukan serangan melalui pergerakan serta umpan terobosan yang dimotori oleh Hazard, De Bruyne, dan Witsel.

Hasilnya, serangan timnas Belgia jauh lebih terlihat efektif dan membahayakan pertahanan tuan rumah. Beruntung, trio barisan pemain belakang timnas Belanda seperti Virgil, Ake, dan Timber tampil cukup solid.

Baca juga:  Semi-Final UNL: Spanyol Kubur Double Italia, Perancis Menang Dramatis

Sebelum sebelum turun minum, Jan Vertonghen nyaris mencetak keunggulan untuk tim tamu. Akan tetapi, tendanganya berhasil ditepis oleh kiper tuan rumah, Remko Pasveer.

Skor 0-0 untuk kedua tim bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Sebelum babak kedua dimulai, pelatih dari kedua tim melakukan pergantian pemain untuk bisa mencetak gol pembuka.

Louis Van Gaal memasukan dua pemain baru yaitu Kenneth Taylor dan Tyrell Malacia untuk menggantikan Vincent Janssen dan Nathan Ake.

Sedangkan, pelatih sementara timnas Belgia yaitu Thierry Henry juga melakukan dua pergantian pemain dengan menarik keluar Thomas Meunier dan Michy Batshuayi serta memasukan Yannick Carrasco dan Charles De Ketelaere.

Pada menit ke-49, Dumfries yang merengsek masuk ke kotak penalti timnas Belgia hampir mencetak gol, akan tetapi tendangan pemain bek kanan Inter Milan tersebut berhasil ditepis Courtois.

Dalam kurun waktu sepuluh menit sejak babak kedua dimulai, tuan rumah lebih sering melepaskan berbagai umpan lambung yang membahayakan lini pertahanan timnas Belgia.

Hanya saja, tim tamu mencatatakan peluang emas di menit ke-65 melalui tendangan voli Amadou Onana di dalam kotak penalti timnas Belanda yang masih berhasil ditepis Pasveer.

Pada menit ke-73, Die Oranje berhasil mencetak gol melalui sundulan Virgil Van Dijk setelah memanfaatkan umpan sepak pojok Cody Gakpo.

Gol dari sang kapten tersebut segera disambut meriah oleh puluhan ribu suporter tuan rumah yang datang ke Amsterdam Arena.

Timnas Belgia yang tertinggal segera menggempur lini pertahanan Belanda. Akan tetapi, mereka gagal mencetak gol penyama kedudukan hingga pertandingan berakhir.

Hasil ini membawa timnas Belanda berhasil lolos ke semifinal sebagai juara grup D dengan perolehan 16 poin dari lima kemenangan dan satu hasil imbang.

Baca juga:  Portugal vs Spanyol 0-1: Morata Loloskan La Furia Roja ke Semifinal Secara Dramatis

Belanda (3-4-1-2) : Pasveer (GK), Ake (CB), Virgil (CB), Timber (CB), Blind (LWB), Berghuis (CM), De Roon (CM), Dumfries (RWB), Klaasen (AM), Bergwijn (FW), Janssen (FW).

Subs : De Vrij, Gakpo, Malacia, Taylor, Gravenberch

Belgia (3-4-2-1) : Courtois (GK), Vertonghen (CB), Alderweireld (CB), Debast (CB), Castagne (LWB), Witsel (CM), Onana (CM), Meunier (RWB), Hazard (AM), De Bruyne (AM), Batshuayi (CF).

Subs : Tielemans, Carrasco, De Ketelaere, Trossard, Lukebakio

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *