Alarm Peringatan untuk Gareth Southgate

Alarm Peringatan untuk Gareth Southgate
Gareth Southgate kini Menghadapi Situasi yang Cukup Sulit Bersama Timnas Inggris (Sumber : football365.com)

Timnas Inggris harus tumbang dengan skor 0-1 melawan tuan rumah Italia pada pertandingan UEFA Nations League di San Siro Stadium, Sabtu (24/9/2022).

Meskipun menguasai pertandingan sejak awal babak pertama hingga babak kedua, Three Lions nyatanya tetap kalah oleh taktik pressing dan serangan balik timnas Italia yang cukup efektif.

Gol tunggal tuan rumah yang dicetak oleh Giacomo Raspadori di menit ke-68 sudah cukup untuk membuat timnas Inggris terdegradasi ke liga B UEFA Nations League.

Petualangan Three Lions di kompetisi yang dilaksanakan sejak tahun 2019 tersebut harus berakhir dengan cara yang cukup tragis.

Bacaan Lainnya

Tergabung dengan Italia, Hungaria, dan Jerman dalam grup C, timnas Inggris harus terpuruk di dasar klasemen setelah gagal meraih satupun kemenangan dari lima pertandingan yang sudah dilakoni.

Timnas Inggris hanya meraih dua poin dari dua hasil imbang dan harus menelan tiga kekalahan. Hal yang lebih mencengangkan adalah mereka kalah melawan Hungaria dalam dua pertemuan baik di kandang maupun tandang.

Timnas Inggris tumbang dengan skor 0-1 pada pertemuan pertama di Budapest, kemudian mereka dibantai dengan skor 0-4 pada pertemuan kedua di Wolverhampton, Inggris.

Padahal, timnas Inggris memiliki kualitas skuad yang jauh lebih unggul dibandingkan timnas Hungaria.

Kemudian dua hasil imbang mereka raih pada pertemuan pertama melawan timnas Jerman pada di Munchen dengan skor 1-1 dan 0-0 melawan timnas Italia di Wolverhampton, Inggris.

Terdegradasinya Three Lions ke liga B UEFA Nations League tanpa meraih satupun kemenangan ini tentu saja menjadi suatu alarm peringatan bagi sang pelatih, Gareth Southgate.

Baca juga:  Prediksi Polandia vs Belanda: Kesempatan Die Oranje Perpanjang Hasil Sempurna

Southgate sendiri pernah menjadi pahlawan masyarakat Inggris ketika membawa Three Lions menembus final Euro 2020.

Sayangnya, Southgate gagal mempersembahkan gelar juara untuk timnas Inggris setelah dikalahkan timnas Italia melalui adu penalti pada pertandingan final di Wembley, Juli 2021.

Meski demikian, timnas Inggris berhasil mencatatkan penampilan luar biasanya di turnamen tersebut dari laga pertama babak grup hingga babak final. Bahkan, mereka berhasil menyingkirkan timnas Jerman di babak 16 besar.

Kehebatan Three Lions dalam turnamen Euro 2020 tersebut dianggap sebagai salah satu yang terbaik sejak tahun 1966 dimana timnas Inggris berhasil menjuarai Piala Dunia.

Akan tetapi, penampilan buruk timnas Inggris di UEFA Nations League kini membuat Southgate harus mengulang segalanya dari nol.

Buruknya dan mandulnya lini depan tampaknya menjadi masalah serius di timnas Inggris. Di UEFA Nations League, mereka hanya mampu mencetak satu gol ! Ini menjadi sesuatu yang cukup memalukan mengingat mereka memiliki deretan penyerang hebat seperti Kane, Vardy, Sterling, Rashford, Sancho, Mount, dan Foden.

Lini pertahanan timnas Inggris juga menjadi masalah serius karena mereka telah kebobolan tujuh gol dari lima laga di grup B.

Catatan buruk ini tentu saja sangat kontradiksi dengan penampilan timnas Inggris di Euro 2020 dimana mereka berhasil mencetak 11 gol dan hanya kebobolan 2 gol.

Masalah demi masalah ini tampaknya harus segera diselesaikan oleh Gareth Southgate. Karena jika tidak, timnas Inggris akan mengalami nasib ironi pada piala dunia di bulan November mendatang.

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *