Republik Ceko vs Portugal 0-4: Bek Kanan Man United Sumbang Dua Gol

Republik Ceko vs Portugal 0-4: Bek Kanan MU Sumbang Dua Gol
Bek Kanan Timnas Portugal, Diogo Dalot Merayakan Golnya ke Gawang Rep.Ceko Bersama Ronaldo di Sinobo Stadium (25/9/2022) (Sumber : insidesport.in)

Timnas Portugal berhasil menghancurkan tuan rumah Republik Ceko dengan skor 4-0 pada pertandingan UEFA Nations League di Sinobo Stadium, Prague, Minggu (25/9/2022).

Timnas Portugal yang unggul secara kualitas pemain memang berhasil mendominasi pertandingan ini. Tercatat, tim asuhan Fernando Santos tersebut menguasai 56% ball possession dan melepaskan 16 tembakan dengan 4 diantaranya berhasil menjadi gol.

Babak Pertama

Dalam waktu 10 menit pertandingan awal babak pertama, timnas Portugal langsung mengurung lini pertahanan tuan rumah melalui serangan dari sektor sayap yang dimotori oleh Rafael Leao dan Bernardo Silva.

Ruben Dias bahkan nyaris mencetak keunggulan untuk tim tamu, akan tetapi tendanganya di dalam kotak penalti malah melenceng tipis ke sisi kanan gawang timnas Rep.Ceko.

Bacaan Lainnya

Pada menit ke-12, sempat terjadi insiden benturan antara kiper tuan rumah, Tomáš Vaclík dengan Ronaldo yang meloncat untuk menyundul bola hasil umpan lambung dari sisi sayap kiri.

Hidung Ronaldo tampak mengalami pendarahan dan harus mendapatkan treatment dari tim medis Portugal. Beruntung, sang kapten langsung bisa kembali melanjutkan pertandingan.

Tim tamu terus mengurung lini pertahanan Rep.Ceko dan membuat seluruh pemain tuan rumah hanya terjebak di area lapanganya sendiri.

Pada menit ke-33, bek kanan Selecao yaitu Diogo Dalot berhasil mencetak gol pembuka keunggulan setelah memanfaatkan umpan silang Rafael Leao dari sisi kiri kotak penalti.

Timnas Portugal kembali mendominasi pertandingan dan melakukan berbagai serangan ke lini pertahanan tuan rumah.

Baca juga:  Duet Mbappe-Benzema Antarkan Perancis Juara UNL

Pada menit ke-45+2, Selecao berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Kembali dari sisi kiri, Mario Rui mengirimkan umpan silang ke tengah kotak penalti tuan rumah yang segera disambut tendangan Bruno Fernandes ke gawang Vaclik untuk mencetak gol.

Beberapa detik sebelum babak pertama berakhir, wasit memberikan hadiah penalti kepada tuan rumah setelah Ronaldo terbukti melakukan handball dalam situasi tendangan bebas.

Striker timnas Rep.Ceko, Patrick Schick yang menjadi eksekutor penalti justru gagal menjalankan tugasnya setelah tendanganya melambung ke atas gawang timnas Portugal.

Skor 2-0 untuk keunggulan timnas Portugal bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Enam menit setelah babak kedua dimulai, Diogo Dalot kembali mencetak gol keduanya di pertandingan ini. Pemain Man United tersebut melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti ke pojok kiri gawang yang gagal ditepis Vaclík dan membuat skor menjadi 3-0.

Artinya, tiga gol timnas Portugal berhasil dicetak oleh pemain Man United.

Tertinggal 0-3 membuat pelatih timnas Rep.Ceko, Jaroslav Šilhavý melakukan tiga pergantian pemain sekaligus pada menit ke-64 dengan memasukan Sevcik, Cerny, dan Vikanova untuk menggantikan Barak, Hlozek, dan Zeleny.

Masuknya ketiga pemain baru tersebut membuat serangan timnas Rep.Ceko semakin tajam. Skema serangan melalui umpan lambung dari sektor sayap cukup dominan dalam taktik tuan rumah.

Akan tetapi, barisan pemain bertahan timnas Portugal yang dikomandoi oleh Ruben Dias tampil cukup solid untuk meredam taktik serangan tersebut.

Tiga menit berselang, giliran Fernando Santos yang melakukan dua pergantian sekaligus dengan menarik keluar Leao dan Bernardo Silva serta memasukan Diogo Jota dan Horta.

Di tengah gempuran serangan tuan rumah, Jota berhasil memperbesar skor menjadi 4-0 untuk Selecao di menit ke-82.

Baca juga:  Louis Van Gaal, Kembalinya Sang Meneer ke Kancah Sepakbola

Winger yang bermain untuk Liverpool tersebut berhasil mencetak gol setelah memanfaatkan umpan sundulan Ronaldo dalam situasi sepak pojok.

Gol tersebut menjadi yang terakhir di laga ini dan membuat timnas Portugal berhasil pulang dari Prague dengan membawa tiga poin.

Hasil ini membuat Selecao berhasil memuncaki klasemen grup B dengan perolehan 10 poin dari tiga kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kekalahan.

Hanya saja, mereka harus melakoni pertandingan terakhir melawan timnas Spanyol pada hari Rabu (28/9/2022) untuk menentukan siapakah yang menjadi juara grup B.

Sedangkan, timnas Rep.Ceko dipastikan terdegradasi ke liga B setelah mereka terpuruk di dasar klasemen dengan hanya memperoleh 4 poin dari satu kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kekalahan.

Rep.Ceko (3-4-3) : Vaclik (GK), Jemelka (CB), Brabec (CB), Zima (CB), Zeleny (LWB), Kral (CM), Soucek (CM), Coufal (RWB), Hlozek (LW), Schick (CF), Barak (RW).

Subs : Kuchta, Vlkanova, Kudela, Cerny, Sevcik

Portugal (4-2-3-1) : Patricio (GK), M.Rui (LB), Danilo (CB), R.Dias (CB), Dalot (RB), W.Carvalho (CM), Neves (CM), Leao (LW), B.Fernandes (AM), Bernardo (RW), Ronaldo (CF).

Subs : Palhinha, Matheus, J.Mario, Horta, Jota

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *