Xavi Hernandez Calon Kuat Pengganti Koeman di Barcelona

Xavi Hernandez Calon Pelatih Barcelona
Xavi Hernandez Calon Pelatih Barcelona (Foto: GettyImages)

Spanyol – Nasib pelatih Barcelona saat ini, Ronald Koeman masih penuh dengan teka-teki. Malah boleh dikata berada di ujung tanduk. Sejak ditunjuk menangani Blaugrana, pencapaian Messi bersama kawan-kawan tidak begitu meyakinkan.

Pada awal kepemimpinannya saja, pelatih asal Belanda itu sudah membuat blunder dengan melepas Luis Suarez ke Atletico Madrid. Sang pemain asal Uruguay itu malah tampil menggila dan cemerlang dengan mencetak 14 gol dan membawa Atletico memimpin klasemen sementara Liga Spanyol saat ini.

Baca juga: Manchester City dan PSG Berlomba Perebutkan Lionel Messi

Sampai dengan saat ini, Barcelona memang masih mengikuti tiga kompetisi yakni Liga Spanyol, Copa del Rey, dan Liga Champions. Akan tetapi, klub yang bermarkas di Camp Nou itu, menjalani ketiga-tiganya dengan hancur lebur.

Bacaan Lainnya

Di Liga Spanyol, Barcelona tertinggal 8 poin dari Atletico Madrid dipuncak klasemen. Pada ajang Copa del Rey, Messi dan kawan-kawan dipermak habis Sevilla 0-2 pada pertemuan pertama. Sedangkan di Liga Champions, Los Cules di hajar PSG 1-4 pada pertemuan pertama, babak 16 besar. Lebih menyedihkan lagi adalah kekalahan telak dari PSG itu, diderita di kandang sendiri.

Mengingat bahwa sebentar lagi Barcelona akan mengadakan pemilihan presiden klub maka, Ronald Koeman hanya memiliki waktu beberapa hari saja kedepan untuk meyakinkan ketiga calon presiden yang saat ini bersaing memperebutkan kursi panas Barcelona yang ditinggal Bartomeu. Dari ketiga calon yang ada, hanya Toni Feixa yang mendukung Ronald Koeman. Dua calon yang lain yakni Victor Font dan Joan Laporta, berencana untuk mendepaknya.

Baca juga:  Real Madrid vs Levante: Kalah, Los Blancos Semakin Tertinggal

Baca juga: Barcelona vs PSG 1-4: Les Parisiens Hancurkan Blaugrana di Camp Nou

Melihat peta persaingan dari ketiga calon yang ada, nampaknya dewi fortuna berpihak kepada Laporta karena memiliki pengalaman memimpin Blaurana. Laporta pernah memimpin Barcelona pada tahun 2003-2010. Di bawah kepemimpinan Laporta, Barcelona menjadi tim yang sangat disegani di daratan Eropa.

Barcelona mengalami masa kejayaan besar dengan pemain-pemain berlabel bintang seperti, Ronaldhino, Eto’o, Thierry Hendry, Iniesta, Puyol, Xavi Hernandez, dan dewa klub Catalan itu yakni Messi.

Nama Xavi disebut-sebut oleh Juan Laporta sebagai sosok pelatih yang tepat untuk Barcelona. Lewat kampanye selama ini, sang calon presiden terus mendengung-dengungkan aroma perombakan dalam tubuh skuad secara habis-habisan.

Laporta ingin mengembalikan kejayaan Barcelona dibawah asuhan Xavi Hernandez. Selain itu, Laporta juga ingin mempertahankan Messi yang akhir-akhir ini terus diterpa isu ingin hengkang. Jika Laporta terpilih maka, Ronald Koeman akan mengalami nasib buruk alias dipecat dan Xavi Hernandez akan bertugas sebagai pelatih baru di Barcelona.

Maximus Malaof

***
Ingin menjadi penulis di AnalisBola.com, Silakan hubungi kami melalui email: analisbolacom@gmail.com

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *