Viktoria Plzen vs Barcelona 2-4: Kemenangan Penghibur Lara Blaugrana

Viktoria Plzen vs Barcelona 2-4: Kemenangan Penghibur Lara Blaugrana
Selebrasi Pemain Barca Setelah Meraih Kemenangan di Markas Viktoria Plzen pada Pertandingan Terakhir Grup C Liga Champions (2/11/2022) (Sumber : barcablaugranes.com)

Barcelona berhasil mengalahkan tuan rumah dan juga klub asal Rep.Ceko yaitu Viktoria Plzen dengan skor 4-2 pada pertandingan terakhir grup C liga Champions di Doosan Arena, Plzen, Rabu (2/11/2022).

Kemenangan ini tentu saja menjadi suatu penghibur lara bagi Barca setelah kegagalan mereka untuk lolos ke babak 16 besar.

Tim asuhan Xavi Hernandez tersebut dipastikan turun kasta ke liga Europa setelah mereka gagal bersaing dengan Bayern Munchen dan Inter Milan.

Kekalahan melawan Bayern dengan skor 0-3 di Camp Nou pada pertandingan kelima grup C memastikan Barca gagal melangkah ke babak 16 besar dalam dua musim beruntun.

Bacaan Lainnya

Meski demikian, Xavi pastinya bertekad membawa tim asuhannya menutup laga babak grup liga Champions dengan kepala tegak.

Pada laga tadi malam, Barca yang unggul secara kualitas tim mampu menguasai pertandingan dengan 77% ball possession meskipun tidak diperkuat oleh Lewandowski.

Hanya butuh waktu enam menit bagi Barca untuk mencetak keunggulan melalui gol Marcos Alonso dengan memanfaatkan bola hasil tepisan kiper tuan rumah, Jindřich Staněk yang menggagalkan tendangan Ansu Fati.

Meski kalah dalam ball possession, taktik Viktoria Plzen yang mengandalkan serangan balik dan juga eksekusi bola mati rupanya cukup efektif dalam membahayakan lini belakang Barca.

Tercatat ada tiga peluang emas tim tuan rumah yang masih digagalkan oleh tiang gawang dan juga kiper kedua Barca, Inaki Sotorres.

Meski demikian, tim tamu berhasil kembali mencetak gol untuk memperbesar skor menjadi 2-0 pada menit ke-44 melalui gol Ferran Torres setelah menerima umpan sundulan Jordi Alba.

Baca juga:  Sanggupkah Chelsea Pertahankan Gelar Liga Champions?

Gol tersebut sempat dianulir karena Alba dianggap offside. Namun, gol tersebut akhirnya dianggap sah setelah posisi bek kiri Barca tersebut dipastikan onside melalui pengecekan dengan VAR.

Lima menit setelah babak kedua dimulai, tuan rumah berhasil mendapatkan hadiah penalti setelah striker mereka, Tomas Chory dijatuhkan Pablo Torre di kotak terlarang.

Chory yang menjadi eksekutor penalti sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna setelah sepakannya ke sisi kiri berhasil mengecoh Sotorres.

Tiga menit berselang, Barca berhasil berbalik unggul 3-1 melalui Ferran Torres yang mencetak gol keduanya di laga ini setelah menerima umpan Raphinha di kotak penalti tuan rumah.

Sebelumnya, Ferran melakukan aksi individu memukau dengan merengsek masuk ke kotak penalti setelah mengecoh empat pemain Viktoria Plzen.

Pada menit ke-63, tuan rumah berhasil memperkecil skor menjadi 2-3 lewat gol kedua Chory melalui sundulan setelah menerima umpan lambung Adam Vikanova dari sisi kiri.

Barca kembali berbalik unggul 4-2 di menit ke-75 melalui gol Pablo Torre setelah menerima umpan lambung terobosan Raphinha yang cukup cantik.

Skor 4-2 untuk kemenangan Barca bertahan hingga berakhirnya pertandingan dan membuat Barca finish di peringkat ketiga grup C dengan perolehan 7 poin dari dua kemenangan, satu hasil imbang, dan tiga kekalahan.

Sedangkan, Viktoria Plzen dipastikan finish sebagai juru kunci grup C tanpa memperoleh satupun poin.

Tim asuhan Michal Bílek tersebut menelan kekalahan dalam semua enam laga di babak grup dan hanya mencetak 5 gol serta harus kebobolan 24 gol.

Viktoria Plzen (4-2-3-1) : Stanek (GK), Jemelka (LB), Pernica (CB), Hejda (CB), Holik (RB), Kalvach (CM), N’Diaye (CM), Pilar (LW), Vikanova (AM), Jirka (RW), Chory (CF).

Subs : Bucha, Havel, Cermak, Kronus, Bassey

Baca juga:  Barcelona vs Athletic Bilbao: Barca Kembali Ke Jalur Juara

Barcelona (4-3-3) : Sotorres (GK), Alba (LB), M.Alonso (CB), Pique (CB), Bellerin (RB), Torre (CM), Kessie (DM), Gavi (CM), Ferran (LW), Fati (CF), Raphinha (RW).

Subs : Dembele, Balde, Casado, Sanz

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *