Tiga Klub Brazil Berhasil Lolos ke Semifinal Copa Libertadores 2022

Tiga Klub Brazil Berhasil Lolos ke Semifinal Copa Libertadores 2022
Flamengo dan Palmeiras Berpeluang Bertemu Kembali pada Partai Final Copa Libertadores 2022 (Sumber ; the18.com)

Pertandingan antara Estudiantes melawan Athletico Paranaense yang berlangsung di Estadio Jorge Luis Hirschi, Argentina (12/8/2022), berakhir secara dramatis. Sang tim tamu, Athletico Paranaense berhasil menang 1-0 melalui gol di menit terakhir pada menit ke-96.

Gol kemenangan tersebut dicetak oleh striker berusia 17 tahun, yaitu Vitor Roque. Paranaense berhasil lolos ke semifinal dengan agregat 1-0, dimana pada pertandingan leg pertama di Brazil, kedua tim bermain imbang dengan skor 0-0.

Keberhasilan tim asuhan Luiz Felipe Scolari tersebut menciptakan sebuah catatan fenomenal, dikarenakan mereka berhasil lolos ke babak semifinal untuk pertama kalinya sejak tahun 2005. Pada Copa Libertadores 2005, Athletico Paranaense berhasil lolos ke babak final, namun dikalahkan oleh tim Brazil lainya, yaitu Sao Paulo dengan agregat 1-5.

Dengan lolosnya Athletico Paranaense, maka kini ada tiga klub Brazil yang akan berlaga di babak semifinal. Ketiga klub tersebut adalah Flamengo, Palmeiras yang merupakan sang juara bertahan, dan terakhir adalah Athletico Paranaense. Sedangkan, satu klub sisanya adalah Velez Sarsfield, yang berasal dari Argentina.

Bacaan Lainnya

Pada pertandingan leg pertama semifinal yang akan berlangsung pada hari Rabu (31/8/2022), dua klub Brazil yaitu Palmeiras dan Athletico Paranaense akan terlibat dalam “perang saudara”, sedangkan Flamengo akan menantang Velez Sarsfield dalam duel Brazil-Argentina.

Sang juara bertahan, Palmeiras berhasil melangkah ke babak semifinal setelah menang di leg kedua babak perempat-final secara dramatis melalui adu penalti dengan skor 6-5 serta harus bermain dengan 9 pemain melawan rival Brazil mereka, yaitu Atletico Mineiro di kandang sendiri pada hari kamis (11/8/2022).

Baca juga:  Lewat Gol Menit Terakhir, Athletico Paranaense Berhasil Lolos ke Semifinal Copa Libertadores 2022

Kiper Palmeiras, Weverton berhasil menjadi pahlawan setelah menggagalkan tendangan penalti pemain Atletico Mineiro yang keenam, dimana kemudian Palmeiras memastikan lolos ke semifinal setelah bek mereka, Murilo Cerqueira berhasil mencetak gol penalti penentu kemenangan ke gawang Atletico Mineiro.

Klub Brazil lainya, Flamengo berhasil melangkah ke babak semifinal setelah mengalahkan rival Brazil lainya, Corinthians dengan agregat 3-0 di babak perempat-final. Pada leg pertama, Flamengo berhasil menang 2-0 di kandang Corinthians. Kemudian pada leg kedua di kandang sendiri, Flamengo menang tipis 1-0 melalui gol dari Pedro. Flamengo adalah runner-up Copa Libertadores musim lalu.

Velez Sarsfield, satu-satunya klub Argentina, berhasil lolos ke babak semifinal setelah memenangi “perang saudara” melawan Talleres Cordoba dengan agregat 4-2 di babak perempat-final. Pada leg pertama, Velez Sarsfield berhasil menang 3-2 secara dramatis di kandang sendiri. Kemudian pada leg kedua, tim asuhan Alexander Medina menang 1-0 di kandang Talleres melalui gol Julian Fernandez.

Dominasi Klub Brazil di Copa Libertadores dalam Lima Tahun Terakhir

“Perang Saudara” antara Palmeiras melawan Athletico Paranaense di babak semifinal membuat satu klub Brazil sudah dipastikan mendapatkan tempat di babak final Copa Libertadores. All Brazil Finals diprediksi bisa terjadi jika Flamengo mampu menang melawan klub Argentina, Velez Sarsfield.

Lolosnya tiga tim Brazil ke babak semifinal semakin menegaskan dominasi klub Brazil di ajang Copa Libertadores dalam kurun lima tahun terakhir sejak tahun 2017, dimana empat partai final terakhir berhasil dimenangi oleh klub Brazil di kompetisi antar klub terbesar di benua Amerika Latin tersebut.

Daftar juara tersebut antara lain adalah Gremio (2017), Flamengo (2019), dan Palmeiras (2020 & 2021). Palmeiras, sang juara bertahan memiliki peluang untuk mencetak sejarah dengan menjuarai Copa Libertadores untuk ketiga kalinya secara beruntun.

Baca juga:  Malam Bersejarah Luiz Felipe Scolari

Catatan menariknya adalah, Palmeiras berhasil menang pada dua partai final sebelumnya melawan klub Brazil. Pada tahun 2020, Palmeiras menang melawan Santos dengan skor 1-0. Sedangkan pada tahun 2021, tim asuhan Abel Ferreira tersebut berhasil menang melawan Flamengo dengan skor 2-1.

Tahun ini, All Brazil Finals berpeluang kembali terjadi untuk ketiga kalinya secara beruntun, dimana Palmeiras dan Flamengo memiliki peluang untuk bertemu kembali di babak final.

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *