Tak Ada Sergio Ramos di Skuad Euro 2020 Spanyol

Sergio Ramos Tidak Masuk Timnas Spanyol yang berlaga di Euro 2020 (Foto: BBC.com)
Sergio Ramos Tidak Masuk Timnas Spanyol yang berlaga di Euro 2020 (Foto: BBC.com)

Spanyol – Luis Enrique, entrenador Timnas Spanyol, tinggalkan Sergio Ramos dari daftar pemain Tim Matador untuk Euro 2020. Kondisi fisik sang bek kawakan menjadi penguat keputusan yang segera menjadi buah bibir tersebut. Bagi Ramos sendiri, ini seperti kabar muram lainnya, setelah Real Madrid jalani musim penuh kerumitan dan nirgelar.

Pada Senin lalu (24/05/21), Enrique mengonfirmasi jika lini belakang Spanyol akan diisi oleh Pau Torres (Villareal), Aymeric Laporte & Eric Garcia (Manchester City), Diego Llorente (Atletico Madrid), serta Cesar Azpilicueta (Chelsea). Mantan pelatih AS Roma dan FC Barcelona memahami jika ini adalah keputusan berat bagi dirinya maupun kapten Real Madrid tersebut.

Baca juga: Romansa Tersendiri antara Unai Emery dan Liga Europa

“Ia tidak ikut berkompetisi dengan stabil musim ini, khususnya sejak Januari,” terang Enrique dalam konferensi pers. “Ini bukan keputusan yang ringan. Kemarin malam (Minggu, 23/05/21) saya menghubunginya dan kami bercakap-cakap. Begitu berat, saya mengerti perasaannya karena selama ini ia selalu menjadi sosok yang profesional.”

Bacaan Lainnya

Itu berarti takkan ada caps ke 181 dalam waktu dekat bagi Ramos. Rekor penampilan terbanyak dalam seragam negara sejauh ini masih dipegang legenda Negeri Sungai Nil, Ahmed Hassan, dengan 184 kali dan sepertinya akan tetap begitu untuk sementara waktu.

Kondisi fisik pemain yang identik tanpa kompromi itu memang kian menurun. Apalagi di musim ini, dimana Madrid kerap tampil dengan duet Eder Militao dan Nacho Rodriguez. Pada pekan 38, ia ada di pinggir lapangan menyaksikan kawan-kawannya lakukan comeback lawan Villareal, menjadi salah satu di antara barisan cadangan.

Baca juga:  Inilah 5 Bek Yang Ditakuti Oleh Cristiano Ronaldo

Baca juga: Siapa Lebih Pantas Sebagai LMA Manager of The Year, Pep Guardiola atau David Moyes?

Penampilan terakhirnya dalam balut merah La Furia Roja terjadi di bulan Maret tahun ini, kala Spanyol menang 3-1 atas Kosovo dan Ramos masuk di menit 86 gantikan Eric Garcia. Celakanya, 4 menit itu antar Ramos temui cedera betis yang hindarkan ia bela Madrid di perempat final kontra Liverpool dan leg pertama semifinal hadapi Chelsea. Sayang sekali bahwa cedera-cedera itu seperti tak terintimidasi oleh kegarangan Ramos.

Meski harus puas membatasi peran sebagai penonton setelah sekian lama menjadi yang ditonton dan berjuang langsung di atas rerumputan hijau, Ramos merilis pernyataan bernada dukungan atas keputusan ini.

“Menyakitkan tidak terpilih untuk wakili negara (Timnas Spanyol), jujur saja. Semoga rekan-rekan beruntung dan kita menjalani Euro yang gemilang. Saya akan jadi fans yang bersorak untuk kalian dari rumah. Sorakan kencang untuk semuanya dan #VivaEspana dan #HalaMadrid selalu!” kicau lelaki 35 tahun di akun Twitternya.

Juni mendatang, tergabung di Grup E, Spanyol bakal bersaing dengan Swedia, Polandia dan Slovakia. Seluruh pertandingan Tim Matador bakal dihelat di Stadion La Cartuja, Sevilla, kota kelahiran Ramos. Sementara sebagian laga grup tersebut berlangsung di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia.

Rakaisa Langit
Facebook

***
Ingin menjadi penulis di AnalisBola.com, Silakan hubungi kami melalui email: analisbolacom@gmail.com

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *