Sporting Lisbon vs Tottenham Hotspur 2-0: The Liliywhites Tumbang di Menit Akhir

Sporting Lisbon vs Tottenham Hotspur 2-0: The Liliywhites Tumbang di Menit Akhir
Pemain Sporting Lisbon, Arthur Melakukan Selebrasi Dengan Rekan Setimnya setelah Mencetak Gol ke Gawang Tottenham pada Pertandingan Kedua Liga Champions di Estadio Jose Alvalade, Rabu (14/9/2022) (Sumber : beritabulukumba.com/AFP by Patricia De Melo Moriera)

Tottenham Hotspur harus tumbang dengan skor 0-2 melawan tuan rumah Sporting Lisbon pada pertandingan kedua liga Champions di Estadio Jose Alvalade, Rabu (14/9/2022).

Tim asuhan Antonio Conte harus menelan kekalahan setelah Sporting Lisbon mencetak dua gol di menit terakhir pertandingan melalui Paulinho dan Arthur.

Kekalahan ini menjadi yang pertama untuk Spurs setelah berhasil menang atas Marseille dengan skor 2-0 pada pertandingan pertama liga Champions di London.

Sebaliknya, kemenangan ini menjadi yang kedua secara beruntun untuk tuan rumah setelah berhasil meraih tiga poin di markas Eintracht Frankfurt dengan skor 3-0 pada pertandingan pertama liga Champions.

Bacaan Lainnya

Kemenangan ini juga membuat peluang tim asuhan Ruben Amorim tersebut untuk lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup D semakin terbuka lebar.

Laga ini menjadi spesial bagi bek Spurs yaitu Eric Dier karena untuk pertama kalinya kembali ke markas klub yang pernah diperkuatnya dulu.

Babak Pertama

Tuan rumah Sporting Lisbon langsung menciptakan peluang emas di menit ke-7 ketika Edwards melakukan aksi individu dengan membawa bola ke depan kotak penalti Spurs dan melepaskan umpan kepada Pedro Goncalves yang berada di sisi kiri.

Pemain bernomor punggung 28 tersebut segera melepaskan tendangan pelan ke sisi kanan gawang yang masih ditepis Lloris.

Setelah itu, Spurs mencoba untuk mengatur tempo permainan dan mencoba melakukan berbagai skema serangan ke lini pertahanan tuan rumah.

Akan tetapi, barisan bek Sporting Lisbon yang dikomandoi oeh Sebastian Coates bermain cukup solid dalam meredam serangan tim tamu.

Baca juga:  Ajax vs Napoli 1-6: Tim Asuhan Luciano Spalletti Pesta Gol di Amsterdam

Pada menit ke-42, Spurs sempat mencetak gol melalui Richarlison, akan tetapi posisi pemain timnas Brazil tersebut sudah offside terlebih dahulu.

Semenit sebelum babak pertama berakhir, penyerang tuan rumah asal Inggris yaitu Marcus Edwards melakukan aksi individu luar biasa yang memukau dengan berlari membawa bola dari tengah lapangan menuju kotak penalti Spurs setelah berhasil mengecoh beberapa pemain lawan.

Sempat melakukan kerjasama satu dua sentuhan dengan Trincao, Edwards kemudian kembali mendapatkan bola di dalam kotak penalti Spurs dan melepaskan tendangan di depan gawang yang berhasil ditepis oleh Lloris.

Skor 0-0 untuk kedua tim bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Spurs langsung berinisiatif melakukan serangan ke lini pertahanan tuan rumah sejak awal babak kedua dimulai.

Pada menit ke-53, Richarlison mengirimkan umpan terobosan kepada Harry Kane yang berlari ke sisi kiri kotak penalti Sporting Lisbon.

Striker timnas Inggris tersebut kemudian melepaskan tembakan yang masih mampu ditepis gemilang oleh kiper tuan rumah, Antonio Adan yang melakukan penyelamatan keduanya setelah berhasil menggagalkan peluang Spurs di menit ke-48.

Setelah itu, Spurs terus mencoba untuk mencetak keunggulan, namun masih gagal menembus lini pertahanan dan taktik tuan rumah yang mengandalkan pressing ketat.

Pada menit ke-72, Conte menarik keluar Son Heung Min dan memasukan Dejan Kulusevski untuk mempertajam aliran serangan Spurs.

Empat menit kemudian, giliran tuan rumah yang melakukan pergantian pemain di sektor serangan dengan menarik keluar Fransisco Trincao dan memasukan Paulinho demi bisa merubah pertandingan.

Pemain pengganti Sporting Lisbon tersebut akhirnya berhasil mencetak gol sundulan di menit ke-90 setelah memanfaatkan umpan sepak pojok Pedro Goncalves dari sisi kiri dan membuat skor menjadi 1-0!

Baca juga:  Liverpool vs Napoli 2-0: The Reds Raih Kemenangan di Menit Terakhir

Gol tersebut segera disambut gemuruh oleh puluhan ribu suporter tuan rumah yang memenuhi stadion kebanggaan mereka.

Sporting Lisbon berhasil menutup pesta kemenangan mereka dengan kembali mencetak gol di menit ke-90+3.

Pemain pengganti Sporting Lisbon, Arthur yang baru masuk semenit sebelumnya dengan menggantikan Marcus Edward, berhasil menambah keunggulan skor menjadi 2-0.

Winger asal Brazil tersebut berhasil mencetak gol setelah membawa bola dari sisi kiri dan mengecoh dua bek Spurs yaitu Romero dan Emerson sebelum merengsek masuk ke kotak penalti untuk menjebol gawang Lloris.

Skor 2-0 untuk kemenangan Sporting Lisbon bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Hasil ini membuat Sporting Lisbon memuncaki klasemen grup D dengan perolehan 6 poin sedangkan Spurs duduk di posisi kedua dengan perolehan 3 poin.

Sporting Lisbon (3-4-3) : Adan (GK), Reis (CB), Coates (CB), Inacio (CB), Santos (LWB), Morita (CM), Ugarte (CM), Porro (RWB), P.Goncalves (LW), Edwards (CF), Trincao (RW).

Subs : Alexandropoulos, Paulinho, Arthur, Esgaio

Tottenham Hotspur (3-4-3) : Lloris (GK), Davies (CB), Dier (CB), Romero (CB), Perisic (LWB), Bentancur (CM), Hojbjerg (CM), Emerson (RWB), Son (LW), Kane (CF), Richarlison (RW).

Subs : Kulusevski

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *