Southampton vs Man United 0-1: Gol Bruno Fernandes Beri Kemenangan Kedua Beruntun Setan Merah

Southampton vs Man United 0-1: Gol Bruno Fernandes Beri Kemenangan Kedua Beruntun Setan Merah
Selebrasi Bruno Fernandes Setelah Mencetak Gol ke Gawang Southampton di St. Mary's Stadium (27/8/2022) (Sumber : mirror.co.uk)

Pada pertandingan pekan ke-4 liga Inggris, Man United berhasil meraih kemenangan dengan skor 1-0 di markas Southampton yaitu St. Mary’s Stadium pada hari Sabtu (27/8/2022).

Bruno Fernandes berhasil menjadi penentu kemenangan The Red Devils dengan gol yang dicetaknya pada menit ke-55.

Gol tersebut membawa MU meraih kemenangan kedua beruntun setelah mereka berhasil mengalahkan Liverpool di Old Trafford dengan skor 2-1 pada pekan sebelumnya.

Kemenangan tersebut juga menjadi pembuktian Erik Ten Hag bahwa perlahan dia mulai mampu membawa MU menjadi penantang untuk meraih gelar juara musim ini.

Bacaan Lainnya

MU sempat memulai liga Inggris dengan cukup mengecewakan setelah mengalami dua kekalahan beruntun melawan Brighton dengan skor 1-2 dan Brentford dengan skor 0-4.

Formasi Awal

Man United yang bertindak sebagai tim tamu bertekad untuk meraih dua kemenangan secara beruntun.

Pelatih MU, Erik Ten Hag menurunkan formasi dan susunan starting line-up yang sama persis ketika mereka mengalahkan Liverpool pada pekan lalu di Old Trafford.

Di lini pertahanan, Ten Hag kembali menduetkan Lisandro Martinez dan Raphael Varane sebagai bek tengah dengan dukungan Tyrell Malacia dan Diogo Dalot yang bermain sebagai bek kiri dan kanan.

Di lini tengah, Eriksen dan McTominay dipasangkan sebagai duet. Kemudian di lini depan, Elanga, Bruno Fernandes, dan Sancho akan saling bahu-membahu mendukung Marcus Rashford yang bermain sebagai penyerang tunggal. Sedangkan, Ronaldo kembali duduk di bangku cadangan.

Baca juga:  100 Gol Marcus Rashford untuk Man United

Sang tuan rumah, Southampton yang pada pekan lalu berhasil meraih kemenangan di markas Leicester City dengan skor 2-1 bertekad untuk melanjutkan tren positif.

Ralph Hasenh├╝ttl menerapkan formasi yang sama dengan MU yaitu 4-2-3-1 dan menurunkan deretan pemain terbaiknya Mohamed Elyounoussi, Che Adams, James Ward-Prowse, Adam Armstrong, dan Kyle Walker-Peters.

Babak Pertama

MU langsung mengurung lini pertahanan tuan rumah sejak awal babak pertama dimulai.

Pada menit ke-19, MU menciptakan peluang emas melalui tendangan Anthony Elanga di depan gawang Southampton yang berhasil ditepis oleh kiper Southamton, Gavin Bazunu.

Kemudian, bola hasil tepisan tersebut segera disambar dengan tendangan Eriksen. Namun, bola tersebut kembali berhasil dihalau oleh bek tengah Southampton, Armel Bella-Kotchap yang berjibaku untuk mengamankan gawang timnya.

Armel Bella-Kotchap mampu menciptakan peluang untuk Southampton di menit-31 melalui umpan sepak pojok Ward-Prowse dari sisi kiri. Akan tetapi, tendanganya di depan gawang De Gea malah melambung ke atas.

Semenit kemudian, striker Southampton yaitu Che Adams melepaskan tendangan di dalam kotak penalti MU setelah menerima umpan dari sisi sayap kiri. Akan tetapi, De Gea berhasil menangkap bola.

Selama 15 menit terakhir babak pertama, Southampton terus melancarkan berbagai skema serangan ke lini pertahanan MU. Sektor sayap Southampton sering melepaskan berbagai umpan lambung yang cukup membahayakan barisan pertahanan tim tamu.

Akan tetapi, barisan pertahanan MU yang dikawal oleh De Gea, Varane, dan Lisandro Martinez tampil cukup solid di pertandingan ini.

Skor 0-0 untuk kedua tim bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Erik Ten Hag tampaknya menerapkan taktik baru di babak kedua ini untuk bisa mencetak gol ke gawang tuan rumah. Perubahan taktik tersebut membuat MU langsung menguasai pertandingan sejak babak kedua dimulai.

Baca juga:  Leicester vs Man United 0-1: Sancho Bawa Setan Merah Menang Tiga Pertandingan Beruntun

Terbukti, Bruno Fernandes berhasil mencetak gol dengan tendangan ke sudut kanan gawang tuan rumah yang dikawal Bazunu pada menit ke-55. Gelandang timnas Portugal tersebut berhasil memanfaatkan umpan silang Dalot dari sisi sayap kanan dan menjadi gol pertamanya di musim ini.

Lima menit kemudian, sempat terjadi kontroversi ketika McTominay dianggap melakukan handball di kotak penalti MU. Akan tetapi, wasit tidak memberikan hadiah penalti kepada tuan rumah.

Pada menit ke-66, Southampton menciptakan peluang emas untuk menyamakan kedudukan melalui sundulan Joe Aribo setelah memanfaatkan umpan lambung Adam Armstrong dari sisi kiri. Namun, De Gea dengan gemilang berhasil menepis sundulan gelandang timnas Nigeria tersebut.

Bek kanan Southampton, Walker-Peters segera menyambar bola mentah hasil tepisan De Gea tersebut dengan sundulan. Namun, masih melambung tipis ke atas gawang MU.

Dua menit kemudian, Ten Hag melakukan pergantian pemain dengan memasukan Cristiano Ronaldo ke lapangan dan menarik keluar Jadon Sancho.

Ronaldo yang baru masuk sempat menciptakan peluang setelah menerima umpan McTominay. Namun, bek kiri tuan rumah yaitu Moussa Djenepo berhasil menggagalkan peluang Ronaldo di kotak penalti Southampton.

Pada menit ke-80, rekrutan baru MU dari Real Madrid yaitu Casemiro dimasukan ke lapangan untuk menggantikan Anthony Elanga. Masuknya pemain timnas Brazil tersebut segera disambut meriah oleh ribuan suporter MU yang datang ke St. Mary’s Stadium.

Casemiro yang berposisi sebagai gelandang bertahan, segera membantu lini belakang MU untuk menghalau serangan demi serangan yang terus dilancarkan oleh lini depan tuan rumah selama 10 menit terakhir pertandingan.

Pada menit ke-89, Southampton melakukan dua pergantian pemain dengan memasukan Romain Perraud dan Lyanco serta menarik keluar Moussa Djenepo dan Joe Aribo.

Baca juga:  Man United yang Semakin Diterpa Bencana

Southampton yang terus menggempur lini pertahanan MU menciptakan peluang emas pada menit ke-90+4 melalui tendangan akrobatik Sekou Mara. Namun, Diogo Dalot yang berdiri di depan gawang MU berhasil menghalau tendangan pemain keturunan Senegal tersebut.

Skor 1-0 untuk kemenangan MU bertahan hingga akhir pertandingan.

Cuplikan Southampton vs Man United

Berdasarkan statistik akhir, tuan rumah Southampton menguasai 48% ball possession dan melepaskan 17 tembakan dimana 5 tembakan mengarah on-target. Sedangkan, MU menguasai 52% ball possession dan melepaskan 11 tembakan dimana 6 tembakan mengarah on-target.

Kemenangan ini membuat MU naik peringkat ke-7 klasemen sementara dengan perolehan 6 poin, sedangkan Southampton duduk di peringkat ke-14 klasemen sementara dengan perolehan 4 poin.

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *