Sevilla vs Barcelona 0-3: Raphinha Cetak Gol Perdana untuk Blaugrana

Sevilla vs Barcelona 0-3: Raphinha Cetak Gol Perdana untuk Blaugrana
Selebrasi Raphinha setelah Mencetak Gol Perdananya untuk Barca di Ramon Sanchez Pizjuan Stadium (4/9/2022) (Sumber : goal.com)

Barcelona berhasil mengalahkan tuan rumah Sevilla dengan skor 3-0 pada pertandingan pekan ke-4 La Liga di Ramon Sanchez Pizjuan Stadium, Minggu dini hari (4/9/2022).

Ketiga gol Barca dicetak oleh Raphinha, Robert Lewandowski, dan Eric Garcia. Bagi Raphinha, ini adalah gol perdananya untuk Blaugrana sejak didatangkan dari Leeds United musim ini.

Kemenangan ini membuat Barcelona berhasil meraih tiga kemenangan beruntun setelah sebelumnya mengalahkan Real Sociedad dengan skor 4-1 dan Real Valladolid dengan skor 4-0.

Sebaliknya, kekalahan ini menjadi yang ketiga untuk Sevilla dari empat laga awal La Liga musim ini sekaligus menjadi yang kedua secara beruntun. Pekan lalu, mereka tumbang di kandang Almeria dengan skor 1-2.

Bacaan Lainnya

Hingga pekan ini, Sevilla baru meraih satu poin dari satu hasil imbang melawan Real Valladolid dengan skor 1-1 pada pekan kedua, sedangkan sisanya adalah kekalahan.

Ini menjadi sesuatu yang sangat ironi mengingat Sevilla sudah merekrut enam pemain baru di musim ini seperti Marcao, Alex Telles, Isco, Tanguy Nianzou, Adnan Januzaj, dan Kasper Dolberg.

Performa buruk ini membuat Julien Lopetagui terancam dipecat dari kursi kepelatihan Sevilla.

Formasi Awal

Julien Lopetagui menerapkan formasi 4-3-3 dan melakukan tujuh perubahan pada starting line-up untuk tuan rumah dibandingkan pekan lalu.

Di lini pertahanan, Marcus Acuna dan Gonzalo Montiel diturunkan menjadi starter menggantikan Alex Telles dan Jesus Navas di lini pertahanan.

Baca juga:  Barcelona dan Real Madrid Bersaing Ketat di Puncak Klasemen

Di lini tengah, Ivan Rakitic dan Nemanja Gudelj kembali diturunkan sejak menit awal babak pertama menggantikan Oliver serta Fernando yang digeser menjadi bek tengah menggantikan Karim Rekik.

Rekrutan baru dari Real Madrid, Isco diturunkan menjadi starter untuk pertama kalinya dan bermain sebagai winger kiri mendampingi En-Nesyri dan Lamela dalam trio lini depan Sevilla.

Sedangkan, Xavi Hernandez selaku pelatih Barcelona menerapkan formasi 4-3-3 dengan starting line-up yang sama seperti pekan lalu.

Bek rekrutan baru Barca, Jules Kounde kembali diturunkan menjadi starter dan menempati posisi bek kanan untuk menghadapi mantan klubnya.

Babak Pertama

Sevilla menciptakan peluang emas pertama pada menit ke-5. Isco melakukan aksi individu dengan mengecoh dua pemain Barca di depan kotak penalti lawan sebelum melepaskan umpan terobosan kepada Rakitic.

Rakitic segera melepaskan tendangan di depan gawang, akan tetapi berhasil dimentahkan oleh Ter Stegen. Bola kemudian dibuang oleh barisan pertahanan Barca.

Pada menit ke-20, Barca berhasil mencetak keunggulan. Lewat skema serangan balik, Dembele membawa bola dari tengah lapangan ke area pertahanan Sevilla, kemudian pemain timnas Prancis tersebut melepaskan umpan terobosan kepada Lewandowski yang berlari ke sisi kiri kotak penalti.

Lewandowski segera melepaskan tendangan chip melewati kiper Sevilla, Bono. Bola sempat dibuang keluar gawang oleh Fernando, namun mengarah kepada Raphinha yang segera menyundul bola masuk ke dalam gawang. Skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Barca.

Gol tersebut menjadi gol perdana Raphinha untuk Barca di kompetisi resmi.

Setelah mencetak keunggulan, Barca terus melakukan serangan ke lini pertahanan tuan rumah untuk menggandakan keunggulan.

Hasilnya, Barca berhasil memperbesar skor menjadi 2-0 di menit ke-36. Jules Kounde mengirimkan umpan lambung dari area sisi kanan dekat tengah lapangan kepada Lewandowski yang berada di kotak penalti Sevilla.

Baca juga:  Real Madrid vs Levante: Kalah, Los Blancos Semakin Tertinggal

Sempat mengontrol bola dengan dadanya, Lewandowski segera melepaskan tendangan ke pojok kiri tanpa bisa ditepis Bono. Gol tersebut menjadi gol kelima Lewandowski di La Liga musim ini.

Barca sempat berpeluang menambah keunggulan melalui dua peluang dari Kounde dan Dembele semenit sebelum babak pertama berakhir, akan tetapi gagal berbuah gol.

Skor 2-0 untuk keunggulan Barca bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Tertinggal 0-2 membuat Lopetagui melakukan dua pergantian pemain sekaligus sebelum babak kedua dimulai dengan memasukan Thomas Delaney dan Jose Carmona serta menarik keluar Joan Jordan dan Nemanja Gudelj.

Masuknya dua pemain baru tersebut diharapkan memperkuat lini tengah Sevilla yang pada babak pertama didominasi sepenuhnya oleh Barca.

Nyatanya, taktik Sevilla tersebut tidak membuahkan hasil karena tim tamu Barca berhasil memperbesar keunggulan menjadi 3-0 di menit ke-50.

Jules Kounde tampaknya menjadi momok menakutkan bagi mantan klubnya di pertandingan ini. Bek timnas Prancis tersebut berhasil menciptakan assist keduanya melalui umpan sundulan kepada Eric Garcia yang berdiri di depan gawang Sevilla setelah menerima umpan lambung Raphinha dari sisi kanan.

Layaknya Raphinha, gol tersebut juga menjadi yang pertama untuk bek tengah timnas Spanyol tersebut bersama Barca setelah dua musim lamanya.

11 menit kemudian, Lewandowski berpeluang memperbesar keunggulan Barca setelah menerima umpan lambung Sergi Roberto yang masuk menggantikan Eric Garcia di menit ke-55.

Akan tetapi, tendangan first-time striker timnas Polandia tersebut di depan gawang berhasil ditepis Bono dengan gemilang.

Pada menit ke-64, Xavi melakukan tiga pergantian pemain sekaligus dengan memasukan De Jong, Ferran Torres, dan Jordi Alba serta menarik keluar Pedri, Dembele, dan Balde.

Sevilla sempat menciptakan peluang melalui pemain pengganti yaitu Papu Gomez di menit ke-71. Akan tetapi, Ter Stegen berhasil menepis tendangan pemain timnas Argentina tersebut.

Baca juga:  Pekan Pertama La Liga: Duet Gemilang Morata dan Felix Membawa Atletico Madrid Menang 3-0 atas Tuan Rumah Getafe

Dua menit kemudian, Barca menciptakan dua peluang emas sekaligus. Setelah menerima umpan terobosan dari sisi sayap kanan, Lewandowski yang berlari ke kotak penalti Sevilla segera melakukan tendangan chip yang berhasil ditepis Bono.

Bola mentah hasil tepisan tersebut segera disambar oleh tendangan Frenkie De Jong, akan tetapi berhasil dihalau oleh bek pengganti Sevilla, Jose Carmona yang berdiri di depan gawang.

Setelah itu, kedua tim berusaha untuk melakukan serangan dan mengatur tempo permainan. Akan tetapi, tidak ada lagi gol yang tercipta hingga berakhirnya pertandingan.

Berdasarkan statistik akhir, Barca berhasil menguasai 55% ball possession dan melepaskan 18 tembakan dimana 7 tembakan mengarah on-target.

Sedangkan, tuan rumah Sevilla menguasai 45% ball possession dan melepaskan 9 tembakan dimana 4 tembakan mengarah on-target.

Kemenangan 3-0 ini membuat Barca naik ke peringkat ke-2 klasemen sementara dengan perolehan 10 poin dan menempel ketat Real Madrid yang menduduki puncak klasemen dengan selisih dua poin.

Sebaliknya, kekalahan ini membuat Sevilla terpuruk di peringkat ke-17 klasemen sementara dengan baru memperoleh satu poin dari empat pertandingan.

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *