Sempat Tertinggal, Napoli Hancurkan Tuan Rumah Hellas Verona dengan Skor 5-2

Sempat Tertinggal, Napoli Hancurkan Tuan Rumah Hellas Verona dengan Skor 5-2
Pemain Baru Napoli, Khvicha Kvaratskhelia Menjadi Bintang Kemenangan Napoli di Kandang Hellas Verona (Sumber : football-italia.net)

Pertandingan pekan pertama Serie A musim 2022/23 resmi dimulai pekan ini. Napoli berhasil menciptakan start awal yang cukup luar biasa setelah mengalahkan tuan rumah Hellas Verona dengan skor 5-2.

Ini adalah sebuah catatan yang sangat fantastis untuk tim asuhan Luciano Spalletti, mengingat mereka jarang sekali menang di laga awal dengan mencetak gol sebanyak itu. Tentu saja, ini menjadi modal awal bagi Napoli agar setidaknya mereka bisa bersaing di papan atas dan menjuarai kompetisi domestik.

Babak Pertama

Pada pertandingan yang berlangsung di kandang Hellas Verona yaitu Marcantonio Bentegodi Stadium pada hari Senin (15/8/2022) tersebut, Napoli sempat mendominasi pertandingan sejak awal babak pertama. Berbagai peluang dihasilkan oleh lini depan Napoli yang terdiri dari trio Kvaraktskhelia-Osimhen-Lozano, namun masih gagal membuahkan gol untuk Napoli.

Pada menit ke-29, sang tuan rumah justru berhasil mencuri gol melalui Kevin Lasagna. Memanfaatkan tendangan sepak pojok dari Koray Gunter, Lasagna berhasil menendang bola masuk ke gawang Napoli yang dikawal oleh Alex Meret setelah lepas dari pengawalan pemain Napoli di kotak penalti.

Bacaan Lainnya

Tertinggal 0-1 membuat Napoli semakin gencar melancarkan serangan ke area pertahanan Verona yang dikawal oleh trio Amione-Gunter-Davidowicz. Hasilnya, Napoli berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol dari Khvicha Kvaratskhelia.

Winger timnas Georgia berhasil menyundul bola masuk ke gawang Verona yang dikawal Lorenzo Montipo setelah memanfaatkan umpan lambung Lozano dari sisi sayap kanan. Gol tersebut menjadi gol debut bagi Kvaratskhelia yang baru bergabung ke skuad Luciano Spalletti musim ini.

Baca juga:  Rhino Gattuso Kemasi Barang dari Napoli

Menjelang berakhirnya babak kedua, Napoli berhasil berbalik unggul 2-1 ! Pada menit ke-45+3, Victor Osimhen berhasil mencetak gol dari situasi pojok setelah memanfaatkan umpan sundulan dari Di Lorenzo. Ini menjadi gol ke-25 Osimhen di Serie A bersama Napoli.

Skor 2-1 untuk keunggulan Napoli bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Sang tuan rumah langsung tancap gas untuk melancarkan serangan. Hasilnya, Verona berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui gol dari Thomas Henry di menit ke-48. Striker asal Prancis tersebut berhasil mencetak gol ke gawang Meret melalui sundulan setelah memanfaatkan umpan lambung Faraoni dari sisi sayap kanan.

Pada menit ke-55, Napoli kembali unggul menjadi 3-2 ! Berawal dari serangan balik, Mario Rui memberikan umpan kepada Kvaratskhelia di sisi kiri dimana kemudian Kvaratskhelia langsung memberikan umpan terobosan kepada Zielinski yang berlari ke kotak penalti Verona. Dengan tenang, gelandang timnas Polandia tersebut menceploskan bola ke gawang Montipo.

Napoli berhasil memperbesar keunggulan menjadi 4-2 melalui gol dari Stanislav Lobotka. Setelah menerima umpan Mario Rui dari sisi sayap kiri, gelandang timnas Slovakia tersebut melakukan aksi individu dengan membawa bola dari tengah lapangan dan berhasil merengsek masuk ke kotak penalti Verona setelah mengecoh 3 pemain lawan, dimana kemudian dia berhasil mencetak gol.

Pada menit ke-79, Napoli mencetak gol kelimanya melalui gol dari pemain pengganti, Matteo Politano. Melalui skema serangan balik yang cepat, Politano membawa bola dari lini tengah dan kemudian mengumpanya kepada Di Lorenzo yang berlari ke sisi kanan dalam kotak penalti Verona.

Kemudian bek kanan timnas Italia tersebut memberikan umpan kepada Osimhen yang berdiri di tengah kotak penalti Verona. Osimhen langsung memberikan umpan backheel kepada Politano yang langsung menendang bola masuk ke dalam gawang Verona.

Baca juga:  Atalanta vs AC Milan 1-1: Gol Bennacer Jadi Penyelamat Milan

Skor menjadi 5-2 dan bertahan hingga akhir pertandingan.

Berdasarkan statistik akhir, Napoli menguasai 67% ball possession dan melepaskan 25 tembakan dimana 8 tembakan mengarah on-target. Sedangkan sang tuan rumah Verona menguasai 32% ball possession dan melepaskan 6 tembakan dimana 3 tembakan mengarah on-target.

Dengan kemenangan ini, Napoli menduduki puncak klasemen sementara sedangkan Verona menduduki peringkat ke-19 klasemen sementara Serie A.

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *