Sampdoria vs Juventus 0-0: Tampil Gemilang, Kiper Keturunan Indonesia Bikin Frustrasi Si Nyonya Tua

Sampdoria vs Juventus 0-0: Tampil Gemilang, Kiper Keturunan Indonesia Bikin Frustrasi Si Nyonya Tua
Emil Audero Tampil Gemilang Dalam Pertandingan Sampdoria vs Juventus (Sumber : goal.com)

Pada pertandingan Serie A pekan kedua, Juventus harus puas dengan hanya meraih satu poin dan hasil imbang dari lawatanya ke kandang Sampdoria pada hari Selasa (22/8/2022) di Luigi Ferraris Stadium, Genoa, Italia.

Setelah berhasil memulai laga pertama Serie A dengan sangat mengesankan saat melawan Sassuolo dengan kemenangan 3-0 di kandang sendiri. Kini, Juventus harus merasakan kembali betapa sulitnya mereka untuk mencetak gol dalam laga kedua Serie A musim ini.

Absennya Di Maria karena cedera tampaknya membuat Juventus seperti kehilangan puzzle di pertandingan ini. Pemain timnas Argentina tersebut adalah kunci kemenangan Juventus pada laga pertama pekan lalu dengan mencetak satu gol dan satu assist.

Formasi Awal

Sang tuan rumah, Sampdoria yang pekan lalu tumbang di kandang sendiri oleh Atalanta dengan skor 0-2 bertekad untuk meraih kemenangan meskipun mereka dianggap kalah secara kualitas tim.

Bacaan Lainnya

Pelatih Sampdoria, Marco Giampaolo menurunkan formasi 4-1-4-1 dan menurunkan skuad terbaiknya seperti Tomas Rincon, Bartosz Bereszyński, Filip Đuričić, dan Ronaldo Vieira.

Sedangkan, Juventus yang dilatih oleh Massimiliano Allegri menurunkan formasi 4-3-3. Allegri membuat perubahan pada komposisi starting line-up dibandingkan pekan lalu dengan memainkan rekrutan baru yaitu Filip Kostic untuk menggantikan posisi Angel Di Maria yang cedera.

Kostic menempati posisi winger kiri dan akan bermain bersama dengan rekan setimnya di timnas Serbia yaitu Dusan Vlahovic. Sedangkan, Juan Cuadrado akan bermain di posisi winger kanan dalam susunan trio lini depan tersebut.

Baca juga:  AC Milan vs Cagliari: Nama Giroud Bergema di San Siro

Di lini pertahanan, Allegri mencadangkan Leo Bonucci dan memainkan Daniele Rugani untuk berduet dengan Gleison Bremer di posisi bek tengah, dimana mereka didukung oleh Alex Sandro dan Danilo yang bermain sebagai bek kiri dan kanan. Di lini tengah, Allegri memainkan trio Rabiot-Locatelli-McKennie.

Musim lalu, Juventus berhasil menang 3-1 atas Sampdoria di Luigi Ferraris Stadium.

Babak Pertama

Sang tuan rumah berhasil mengejutkan tim tamu melalui tendangan Mehdi Léris di menit ke-6 yang sempat membentur mistar atas gawang setelah ditepis oleh Kiper Juventus, Mattia Perin.

Peluang tersebut terjadi setelah bek Juventus, Gleison Bremer gagal mengantisipasi bola umpan pemain Sampdoria, Abdelhamid Sabiri dari sisi kanan secara sempurna.

Pada menit ke-15, Juventus menciptakan peluang emas melalui Juan Cuadrado setelah berhasil merebut bola dari bek kiri Sampdoria, Tommaso Augello.

Kemudian, pemain timnas Kolombia tersebut membawa bola masuk ke kotak penalti lawan dan segera melepaskan tendangan. Akan tetapi, tendangan Cuadrado di depan gawang berhasil ditepis oleh kiper Sampdoria, Emil Audero.

Tujuh menit berselang, giliran Filip Kostic yang melepaskan tendangan dari sisi kiri luar kotak penalti. Bola sempat membentur bek Sampdoria, Alex Ferrari dan memantul ke arah gawang, namun Audero dengan sigap menepis bola keluar gawang.

Filip Kostic tampil cukup baik di babak pertama ini. Skill dan pergerakan individu dari mantan pemain Eintracht Frankfurt tersebut di sisi sayap kiri cukup merepotkan pertahanan Sampdoria.

Kostic juga sering melepaskan umpan lambung yang cukup akurat ke kotak penalti Sampdoria, namun masih gagal dimanfaatkan oleh pemain Juventus lainya untuk dijadikan gol.

Sepanjang babak pertama, Juventus mampu menguasai pertandingan namun gagal mencetak gol. Skor 0-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Baca juga:  Maccabi Haifa vs Juventus 2-0: Si Nyonya Tua Semakin Larut dalam Krisis

Babak Kedua

Sebelum babak kedua dimulai, Allegri menarik keluar Alex Sandro dan memasukan De Sciglio dengan tujuan untuk meningkatkan intensitas di posisi sayap kiri.

Pergantian pemain tersebut tampaknya cukup berhasil karena lini sayap kiri Juventus yang sekarang dimotori oleh De Sciglio dan Kostic menjadi begitu dominan dalam melancarkan skema serangan dan melepaskan umpan lambung serta silang ke kotak penalti Sampdoria.

Pada menit ke-65, Juventus sempat berhasil mencetak gol melalui tendangan Adrien Rabiot. Namun, gol tersebut dianulir setelah melalui pengecekan dengan menggunakan VAR, dimana Vlahovic yang melepaskan umpan dari sisi kiri kepada Rabiot sudah berada dalam posisi offside.

Setelah itu Juventus terus mengurung lini pertahanan Sampdoria. Serangan Juventus yang didominasi dari sisi kiri terus menekan pertahanan Sampdoria dengan melalui pergerakan individu dan umpan lambung serta silang. Namun, masih gagal berbuah gol.

Pada menit ke-85, Nicolò Rovella yang merupakan pemain muda Juventus berusia 20 tahun masuk ke lapangan untuk menggantikan Manuel Locatelli.

Rovella yang baru masuk langsung menciptakan peluang dengan melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti setelah menerima umpan Miretti, tetapi tendanganya berhasil ditepis oleh Audero.

Emil Audero yang merupakan kiper keturunan Indonesia tersebut tampaknya benar-benar menjadi mimpi buruk untuk lini depan Juventus di pertandingan ini.

Pada menit ke-90+3, Audero yang merupakan mantan kiper cadangan Juventus melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tendangan Kostic di depan gawang setelah menerima umpan Moise Kean dari sisi sayap kiri.

Penyelamatan fantastis dari Audero tersebut yang akhirnya membuat Juventus harus puas meraih satu poin dari lawatanya ke kandang Sampdoria.

Cuplikan Pertandingan Video Sampdoria vs Juventus

Berdasarkan statistik akhir, sang tuan rumah Sampdoria menguasai 47% ball possession serta melepaskan 10 tembakan dengan hanya 1 tembakan yang mengarah on-target. Sedangkan, Juventus menguasai 53% ball possession serta juga melepaskan 10 tembakan dengan 4 tembakan mengarah on-target.

Dilihat dari kurun waktu selama 90 menit, Juventus seharusnya bisa memenangi pertandingan ini. Namun, penampilan gemilang kiper Sampdoria, Emil Audero berhasil membuat Juventus harus puas meraih hasil imbang tanpa gol.

Baca juga:  Selalu Menang dalam 2 Pekan, Pirlo Temukan Ritmenya di Juventus?

Hasil imbang ini membuat Juventus duduk di peringkat ke-4 klasemen sementara dengan perolehan 4 poin sedangkan Sampdoria duduk di peringkat ke-16 klasemen sementara Serie A dengan perolehan 1 poin.

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *