Romansa David Moyes dan Manchester United

Davis Moyes Manchester United
Davis Moyes ketika melatih Manchester United. (Foto: Express.co.uk)

Jesse Lingard telah resmi dipinjamkan Manchester United ke West Ham United. Secara kasat mata memang aktivitas ini sangat terbilang normal.  Jesse mulai kehilangan tempat dan waktu bermain di bawah asuhan Ole setelah kedatangan Bruno Fernandes dan juga Donny Van de Beek.

Secara hitung-hitungan mungkin transfer ini terbilang transfer win-win solution yang menguntungkan ketiga pihak yakni West ham, Manchester united dan Jesse Lingard sendiri.

Meski begitu dibalik transfer ini justru ada hal yang menarik bahwa Jesse bukanlah pemain yang didatangkan Moyes untuk memperkuat tim yang sedang diasuhnya. Kesekian kali dirinya justru mendatangkan pemain yang pernah memperkuat Manchester United, mantan tim yang pernah dilatihnya itu walaupun hanya dalam jangka waktu 10 bulan saja. Di Manchester United Moyes hanya melakukan dua aktivitas transfer, mendatangkan Marouane Fellaini dan Juan mata.

Baca juga: Man United Beringas hingga De Javu Anak Asuh Ralph Hasenhüttl

Bacaan Lainnya

Bagaikan romansa anak zaman sekarang setelah dipecat dari MU dirinya sampai sekarang masih mau menampung beberapa pemain dari mantan timnya tersebut bahkan, aktivitas transfer dirinya dengan para pemain Manchester united sudah terjadi sebelum dirinya sempat membela tim setan merah tersebut.

Mungkin jika dihitung semua aktivitas yang dilakukan dirinya tersebut dengan Manchester united bisa membentuk sebuah tim baru, berikut daftar transfer David Moyes dan Manchester united yang pernah terjadi:

Kiper

1. Tim Howard

Pemain ini pernah dibawa oleh Moyes pada tahun 2006-2007 sebagai pinjaman dulu. Setelah itu, Tim Howard justru menjadi salah satu pemain dengan jumlah bermain di Everton yang paling banyak yakni dengan total 354 pertandingan, bahkan satu-satunya gol yang pernah dia cetak dalam karir profesional nya dicetak di Everton ini yakni pada saat laga everton melawan Bolton Wanderers pada 4 Januari 2012. Tim Howard terkenal sebagai kiper yang tangguh selama di Everton.

Baca juga:  Arsenal vs Manchester United: MU Buntu Tapi Tak Terkalahkan

Bek

2. Phil Neville

Lulusan the class of 92 ini adalah saudara dari Gary Neville. Sayangnya dirinya pada tahun 2005 harus berpisah dengan kakaknya tersebut. Moyes merekrutnya pada tahun 2005 dan karir Neville juga ditutup di klub berjuluk the Toffes ini pada tahun 2013. Tahun itu tepat ketika Moyes mulai melatih MU. Phil Neville menjalani 242 caps dan mencetak 4 gol di Everton.

3. Paddy McNair

Paddy pada dasarnya dipromosikan ke tim utama MU pada saat era kepelatihan Louis Van Gaal. Namun, dirinya diboyong oleh Moyes pada saat melatih Sunderland tahun 2016 walaupun hingga sekarang hanya memainkan 7 laga namun pemain ini adalah bukti bahwa Moyes selalu melakukan scouting kepada beberapa pemain Manchester united.

4. Patrice Evra

Evra adalah satu satunya pemain yang tidak ditransfer langsung dari Manchester united ke tim yang dilatihnya. namun yang mengejutkan adalah ketika Evra dilepas Marseille karena kasus dirinya di Ligue 1. Moyes justru dengan senang hati menampung bek kiri Perancis tersebut dan menawarkan tempat di West Ham pada tahun 2018.

Walaupun sudah habis masa jayanya namun kepemimpinan Evra di West Ham dianggap perlu meski hanya bermain 5 laga saja untuk West Ham sebelum akhirnya menutup karir profesional nya.

5. Donald Love

Sunderland nampaknya menjadi ajang reuni antara dirinya dengan para pemain mu dimana 2 pemain lain juga diboyong di waktu yang sama yakni McNair dan juga Januzaj . Donald love juga melakukan debutnya pada saat kepelatihan Van Gaal di MU

Gelandang:

6. Darron Gibson

Gibson sebenarnya pemain yang cukup menjanjikan di Manchester United. Namun karena kalah saing oleh beberapa nama seperti Scholes, Carrick dan Darren Fletcher di MU, dirinya diboyong Moyes dengan menjanjikan tempat utama di starting 11 dan akhirnya bergabung dengan Everton pada tahun 2012 dan diboyong (lagi) dari Everton ke Sunderland pada tahun 2017.

Baca juga:  Liverpool vs West Ham 1-0: Nunez Akhiri Paceklik Gol di Liga Inggris

7. Adnan Januzaj

Adnan mungkin adalah pemain temuan Moyes di MU. dimana dirinya diberikan nomer 11 dan dipercaya sebagai the next Giggs, namun justru dirinya hanya terpakai oleh David Moyes saja ini terbukti bahwa Januzaj mengikuti pelatihnya tersebut pada saat diboyong ke Sunderland

8. Jesse Lingard

Jesse adalah pemain terbaru yang diboyong Moyes dari Manchester United . Dimana dirinya lagi-lagi menampung pemain “buangan” MU yang tidak cocok dengan skema pelatih MU, yang saat ini dilatih oleh Ole Gunnar Solskjaer.

Penyerang

9. Louis Saha

Untuk para fans MU yang sudah mengikuti tim ini dari 2004 pasti tidak asing dengan nama yang satu ini , Saha bergabung dengan Moyes di tahun 2008 pada saat dirinya masih melatih Everton.

10. David healy

David healy adalah pemain pertama yang diboyong Moyes dari Manchester United. Ia diboyong ketika Moyes masih melatih Preston North End.

10 pemain tadi adalah pemain yang dibawa Moyes dari Manchester united,  ke tim asuhannya. Ini membuktikan bahwa mungkin saja Moyes memiliki scouting khusus untuk tim setan merah yang satu ini. Semoga saja Jesse Lingard bisa sukses bersama Moyes. Dan bisa mengejutkan dimana West Ham hingga pekan ke-21 ini berada di posisi ke 5 di bawah Manchester city, Manchester United, Liverpool dan Leicester City.

Untuk melengkapi 10 pemain di atas siapakah menurut anda pemain ke 11 yang dianggap Moyes banget: Jagielka, Fellaini, atau Wayne Rooney?

Gilang Nugraha
Instagram | Kompasiana

***
Ingin menjadi kontributor di AnalisBola.com, Silakan hubungi kami melalui email: analisbolacom@gmail.com

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Baca juga:  Laga Everton vs Leicester City Harus Puas Berbagi Poin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *