Review Piala Dunia Antarklub FIFA Segera Bergulir

Piala Dunia Antarklub FIFA 2020
Piala Dunia Antarklub FIFA. (Gambar: Youtube/FIFATV)

AnalisBola.com – Piala Dunia Antarklub edisi ke-20 segera bergulir. Kali ini Qatar masih menjadi tuan rumah sama seperti tahun sebelumnya, yang menjadi saksi juara perwakilan asal Eropa, Liverpool.

Tempat penyelenggaraan di turnamen ini secara khusus berada di kota Al Rayyan. Adapun stadion yang digunakan adalah Stadion Internasional Khalifa, Stadion Education City, serta Stadion Ahmed bin Ali. Ketiga stadion ini juga digadang-gadang akan kembali digunakan untuk Piala Dunia FIFA 2022 Qatar.

Seharusnya, Piala Dunia Antarklub edisi kali ini dihelat pada Desember 2020, namun karena keadaan pandemi yang tidak memungkinkan, FIFA menggesernya ke bulan ini, tepatnya pada tanggal 1-11 Februari 2021.

Baca juga: Palmeiras Sang Kampiun Copa Libertadores 2020

Bacaan Lainnya

Klub yang ikut serta tahun ini pun tetap diambil dari sang juara di tiap-tiap benua plus satu tuan rumah.

Pada edisi ini terdapat 7 klub yang ikut serta, antara lain FC Bayern Munich (Eropa), Al-Duhail (Qatar/Tuan Rumah), Al Ahly (Afrika), Ulsan Hyundai (Asia), Tigres UANL (Concacaf), Palmeiras (Amerika Selatan), serta Auckland City (Oseania).

Walaupun, nama terakhir yang disebutkan menyatakan mundur dari turnamen terlebih dahulu karena krisis covid-19 di Selandia Baru. Auckland City sendiri mengikuti ajang ini karena dinominasikan sebagai perwakilan konfederasi Sepakbola Oseania (OFC).

Baca juga:

Dari pihak FIFA pun mengkonfirmasi mundurnya Auckland City. “FIFA hari ini [Jumat] telah diberitahu oleh Auckland City FC bahwa, sehubungan dengan pandemi COVID-19 dan tindakan karantina terkait yang diwajibkan oleh otoritas Selandia Baru, klub tidak akan dapat berpartisipasi dalam Klub FIFA Piala Dunia 2020,” ujar rilis resmi FIFA.

Baca juga:  Leandro Trossard: Pemain Ketiga Liga Inggris yang Menciptakan Hattrick di Anfield

Mundurnya tim asal Selandia Baru itu menyebabkan kalah otomatis atas Al-Duhail di putaran pertama pada Senin. Sehingga, pertandingan pembuka akan dihelat pada Kamis (4/2/2021) yang mempertemukan Ulsan Hyundai dengan Tigres UANL pada pukul 21.00 WIB malam.

Baca juga: Klub yang Dilatih Hernan Crespo Sukses Raih Gelar Copa Sudamericana 2020

Sebagai perwakilan Eropa yang selalu diunggulkan, FC Bayern diprediksi tidak tampil dengan kekuatan penuh. Hal tersebut dikarenakan gelandang mereka Leon Goretzka dinyatakan positif covid-19 dan masih harus menjalani isolasi mandiri.

Namun, Bavarians jelas tidak akan melepas begitu saja turnamen ini. Karena mereka berpotensi mendapatkan piala ke-2 nya di Piala Dunia Antarklub sehingga dapat menyamai Corinthians sebagai klub tersukses ketiga dibawah Barcelona dan Real Madrid.

Thomas Muller dan kolega memang telah mendapatkan satu titel Piala Dunia Antarklub di tahun 2013 di Maroko kala berhasil mengalahkan Raja Casablanca di Final.

Bagi ke tujuh klub, jumlah partisipasi mereka di ajang ini cukup beragam diantara satu dengan yang lainnya. Untuk Al-Duhail selaku tuan rumah, Palmeiras dan Tigres UANL ini menjadi ajang debut mereka. Sementara itu, menjadi kedua kalinya bagi Ulsan dan FC Bayern, serta menjadi keenam kalinya bagi Al-Ahly.

Baca juga: Schalke 04 vs Bayern Muenchen: Die Roten Semakin Kokok di Puncak

Untuk mendapat gambaran kecil bagi beberapa klub yang mungkin asing di telinga kita, mari melihat sedikit para pemain andalan dari masing-masing peserta.

Bagi FC Bayern sudah jelas adalah Robert Lewandowski akan menjadi ujung tombak andalan bagi pasukan Hansi Flick. Penyerang berusia 32 tahun itu telah mengoleksi 27 gol di semua ajang bagi Bayern di musim ini.

Baca juga:  Harvey Elliott Mengesankan; Virgil van Dijk Menenangkan

Berpindah ke perwakilan Asia, Ulsan Hyundai harus mencari kembali striker baru setelah ditinggal penyerang andalan asal Brazil, Junior Negrao. Ditemukanlah nama Lukas Hinterseer eks-striker Hamburger SV, klub kasta kedua Bundesliga.

Untuk sang tuan rumah sendiri, Al-Duhail, mereka akan mengandalkan bek eks-Juventus, Medhi Benatia untuk menahan serangan demi serangan lawan. 

Sebagai perwakilan asal benua Afrika, Al Ahly mengandalkan striker asal Mesir, Marwah Mohsen yang bermain cukup apik di musim lalu.

Selanjutnya, tim debutan asal Brazil, Palmeiras mengandalkan striker veteran Luiz Adriano di depan. Tim ini juga diperkuat oleh mantan pemain tim nasional Brazil berposisi bek, yaitu Felipe Melo.

Terakhir, debutan lainnya asal Mexico yaitu Tigres UANL, mengandalkan mantan striker tim nasional Prancis, Andre Pierre Gignac yang mana diprediksi akan bisa bersaing dengan striker berkualitas lainnya.

Piala Dunia Antarklub 2020 kali ini diprediksi akan berlangsung ketat karena melihat bertabur pemain-pemain bintang yang tersebar di berbagai klub yang ikut serta.

Turnamen ini pun bisa segera disaksikan mulai hari Kamis (4/2/2021) dan Jumat (5/2/2021) nanti yang mempertemukan antara Ulsan Hyundai melawan Tigres UANL pada pukul 21.00 WIB malam serta Al-Duhail melawan Al Ahly pada pukul 00.30 WIB dini hari.

Albert Agung Hosea
Twitter | Instagram

***
Ingin menjadi kontributor di AnalisBola.com, Silakan hubungi kami melalui email: analisbolacom@gmail.com

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *