Real Sociedad vs Barcelona 1-4: Lewandowski Cetak Dua Gol

Real Sociedad vs Barcelona 1-4: Lewandowski Berhasil Mencetak Dua Gol Kemenangan
Selebrasi Lewandowski setelah Mencetak Gol ke Gawang Real Sociedad (Sumber : marca.com)

Pada pertandingan La Liga pekan kedua, Barcelona berhasil mencatatkan kemenangan perdana mereka setelah mengalahkan tuan rumah Real Sociedad dengan skor 4-1 di Estadio Anoeta, San Sebastian, Spanyol pada hari Senin dini hari (22/8/2022).

Striker baru Barcelona, Robert Lewandowski berhasil menjadi bintang kemenangan setelah mencetak dua gol ke gawang Real Sociedad. Ini menjadi gol pertama sekaligus kedua mantan striker Bayern tersebut untuk Barca di kompetisi resmi.

Pada pertandingan pekan lalu, Barcelona ditahan imbang Rayo Vallecano dengan skor 0-0 di Camp Nou. Oleh karena itu, kemenangan ini tentu saja menjadi modal awal berharga bagi Blaugrana untuk bisa meraih gelar juara La Liga musim ini.

Formasi Awal

Sang tuan rumah, Real Sociedad yang pekan lalu meraih kemenangan di kandang Cadiz dengan skor 1-0, bertekad untuk melanjutkan tren positifnya kala melawan Barca.

Bacaan Lainnya

Pelatih Real Sociedad, Imanol Alguacil menerapkan formasi 4-3-1-2 dengan menduetkan Isak dan Kubo di lini depan serta David Silva pada posisi playmaker di belakang kedua striker. Striker andalan Sociedad, Mikel Oyarzabal harus absen di pertandingan ini karena mengalami cedera.

Di lini tengah, Real Socieadad memainkan trio Merino-Zubimendi-Mendez. Sedangkan di lini belakang, Le Normand dan Zubeldia akan berduet sebagai bek tengah dengan dukungan Munoz dan Elustondo di posisi bek sayap.

Sedangkan, Xavi Hernandez selaku pelatih Barca menerapkan formasi 4-3-3 dengan memasang trio Ferran-Lewandowski-Dembele di lini depan, dimana Raphinha dicadangkan pada pertandingan ini. Di lini tengah, Xavi memainkan trio Gavi-De Jong-Pedri.

Baca juga:  Celta Vigo Kubur Kans Juara Barcelona di La Liga

Di lini pertahanan, Xavi memainkan bek kiri berusia 18 tahun, Alejandro Balde untuk mengisi posisi Jordi Alba yang duduk di bangku cadangan.

Babak Pertama

Keputusan Xavi untuk memainkan Balde tampaknya menjadi keputusan tepat. Baru 40 detik awal babak pertama dimulai, bek kiri keturunan Guinea-Bissau tersebut berlari membawa bola ke lini pertahanan Sociedad dan segera melepaskan umpan silang kepada Lewandowski yang berdiri di depan gawang lawan.

Kemudian, Lewandowski melepaskan tendangan pelan ke dalam gawang Real Sociedad yang dikawal oleh Alex Remiro. Ini menjadi gol pertama Lewandowski untuk Barca di La Liga dan juga kompetisi resmi.

Pada menit ke-6, Real Sociedad merespon gol Barca dengan menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Setelah berhasil merebut bola dari Frenkie De Jong, playmaker Real Sociedad yaitu David Silva segera mengirimkan umpan lambung terobosan dari lini tengah.

Sempat membentur Christensen, bola umpan tersebut rupanya berhasil mencapai Alexander Isak yang berlari ke kotak penalti Barca. Meskipun dijaga ketat oleh Eric Garcia, striker timnas Swedia tersebut berhasil mencongkel bola melewati Ter Stegen dan masuk ke dalam gawang Barca.

Setelah berhasil menyamakan kedudukan, Real Sociedad justru mendominasi pertandingan di babak pertama ini. Taktik pressing yang diterapkan pelatih Sociedad, Imanol Alguacil tampaknya berhasil membuat Barca kesulitan dalam melancarkan skema serangan. Akibatnya, lini depan Barca seperti tidak mendapatkan supply bola.

Lini tengah Real Sociedad yang dimotori oleh Mikel Merino, Bruno Mendez dan David Silva tampak begitu dominan dalam mengatur tempo permainan dan aliran bola ke berbagai sektor lini.

Pada menit ke-27, Real Sociedad menciptakan peluang emas melalui Merino yang tendanganya berhasil ditepis Ter Stegen. Kemudian, bola mentah hasil tepisan tersebut disambar oleh Kubo namun gagal membuahkan gol.

Baca juga:  Prediksi Valencia vs Barcelona: Kesempatan Blaugrana Bangkit

Semenit sebelum babak pertama berakhir, giliran David Silva yang mencatatkan peluang emas melalui tendangan dari jarak 10 yard setelah menerima umpan Merino. Namun, Ter Stegen kembali menggagalkan peluang emas tuan rumah.

Skor 1-1 bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Tujuh menit setelah babak pertama dimulai, Real Sociedad sempat berhasil mencetak gol dari situasi tendangan bebas tepatnya di menit ke-52. Namun, posisi Munoz sudah dalam posisi offside ketika mencetak gol ke gawang Barca setelah menerima umpan tendangan bebas Mendez.

Real Sociedad tampaknya benar-benar kembali memegang kendali permainan pada 15 menit awal babak kedua ini. Mikel Merino kembali menciptakan peluang di menit ke-57 dengan tendangan dari sisi kanan kotak penalti Barca. Akan tetapi, Ter Stegen berhasil menggagalkan tendangan Merino untuk kedua kalinya di pertandingan ini.

Terus tertekan oleh permainan Real Sociedad, Xavi kemudian mencoba untuk menerapkan taktik baru dan melakukan pergantian pemain. Pada menit ke-64, Xavi menarik keluar Balde dan Ferran serta memasukan Ansu Fati dan Raphinha.

Masuknya dua pemain baru tersebut tampaknya membawa dampak yang sangat positif untuk taktik baru Xavi. Pada menit ke-66, Ansu Fati memberikan umpan backheel kepada Ousmane Dembele yang merengsek masuk ke kotak penalti Sociedad dari sisi sayap kiri.

Meskipun dihadang oleh dua bek lawan, winger timnas Prancis tersebut berhasil melepaskan tendangan dari sudut sempit ke pojok kiri gawang Sociedad tanpa bisa ditepis oleh Alex Remiro. Skor menjadi 2-1 untuk Barcelona.

Gol Dembele tersebut rupanya menjadi titik balik untuk jalanya pertandingan. Dua menit kemudian, Barcelona kembali memperbesar keunggulan menjadi 3-1 !

Berawal dari umpan terobosan Pedri ke kotak penalti Sociedad, Ansu Fati yang berada di dalam kotak penalti lawan segera melepaskan umpan satu sentuhan kepada Lewandowski yang berdiri bebas tanpa pengawalan dan langsung mencetak gol keduanya ke gawang Remiro.

Baca juga:  Real Madrid vs Levante: Kalah, Los Blancos Semakin Tertinggal

Tertinggal 1-3 membuat pelatih Real Sociedad, Imanol Alguacil melakukan lima pergantian pemain dalam kurun waktu 10 menit yaitu dengan menarik keluar Isak, Kubo, David Silva, Elustondo, dan Merino serta memasukan Navarro, Ali-Cho, Turrientes, Gorosabel, dan Karrikaburu untuk mengejar ketertinggalan.

Nyatanya, Barca kembali memperbesar skor menjadi 4-1 melalui gol Ansu Fati pada menit ke-79. Berawal dari Lewandowski yang mengontrol bola di luar kotak penalti Sociedad, kemudian salah satu pemain Sociedad mencoba untuk membuang bola dari striker timnas Polandia tersebut.

Akan tetapi, bola malah memantul masuk ke kotak penalti Sociedad dan mengarah kepada Ansu Fati yang berdiri di depan gawang Remiro tanpa ada pengawalan dari barisan bek Sociedad. Dengan tenang, striker muda keturunan Guinea-Bissau tersebut menendang bola masuk ke dalam gawang.

Unggul 4-1 membuat Xavi menarik keluar dua pemainya yaitu De Jong dan Gavi serta memasukan Sergi Roberto dan Kessie. Setelah itu kedua tim mencoba untuk mengatur tempo dan skema serangan, tetapi tidak ada lagi gol yang tercipta.

Hingga akhir pertandingan, skor 4-1 untuk kemenangan Barca bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Berdasarkan statistik akhir, tuan rumah Real Sociedad menguasai 41% ball possession dan melepaskan 10 tembakan dimana 5 tembakan mengarah on-target. Sedangkan Barcelona mampu menguasai 59% ball possession dan melepaskan 15 tembakan dimana 7 tembakan mengarah on-target.

Kemenangan ini membuat Barca duduk di peringkat ke-5 klasemen sementara dengan perolehan 4 poin sedangkan Real Sociedad duduk di peringkat ke-10 klasemen sementara La Liga dengan perolehan 3 poin.

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *