Rafael Leao Segera Gabung ke Chelsea Sebelum Transfer Ditutup

Winger AC Milan Rafael Leao selebrasi saat Milan berhadap dengan Genoa Januari lalu
Winger AC Milan Rafael Leao selebrasi saat Milan berhadap dengan Genoa Januari lalu (Foto: Marco Luzzani/Getty Images)

Chelsea dikabarkan tertarik mengontrak penyerang tengah Rafael Leao, sebelum bursa transfer ditutup dengan keseppakatan diangka €120 juta atau sekitar 1.7 triliun rupiah.

Menurut laporan dari Gazzetta dello Sport dilansir dari Thehardtackle, Chelsea tertarik untuk menyelesaikan kesepakatan sebelum ditutupnya jendela transfer pada 1 September nanti.

Chelsea sendiri masih mempertimbangkan tawaran senilai €120 juta itu, meski sang pemilik kontrak yakni AC Milan menilai pemain timnas Portugal itu seharga €150 juta atau 2.2 triliun rupiah.

Manajer Chelsea Thomas Tuchel ingin memperkuat sektor serangnya sebelum ditutup aktivitas transfer nanti dan ia mengidentifikasi Leao sebagai pemain yang ideal.

Bacaan Lainnya

Meski AC Milan dikabarkan tidak akan menjual penyerangnya tersebut di musim panas ini, Chelsea harus membayar lebih dari harga pasaran jika ingin mendapatkannya.

Baca juga: Atalanta vs AC Milan 1-1: Gol Bennacer Jadi Penyelamat Milan

Performa Rafael Leao musim lalu

Penampilan Leao bersama AC Milan sendiri dimusim 21/22 cukup apik. Ia bermain total sebanyak 42 penampilan di Liga Serie A, Champions League dan Piala Italia dengan mengemas 14 gol dan 12 assist.

Namun performa itu sebenarnya bisa lebih baik andai ia tidak menderita cedera femur pada otot paha yang membuatnya harus istirahat selama 28 hari alias sebulan, meski penampilan yang dilewatkan hanya 5 laga saja.

Debutnya dengan timnas senior Portugal juga baru dimulai Oktober tahun lalu diusia 22 tahun ditangan pelatih Fernando Santos.

Wajar jika Thomas Tuchel membidik pemain berusia 23 tahun ini, pemain ini murninya berposisi sebagai winger kiri di sisi penyerangan tapi bisa juga sebagai penyerang tengah.

hal itu yang membuat Tuchel tertarik lantaran dalam taktiknya ia sebenarnya tidak menyukai penyerang yang hanya terpaku pada satu posisi, tapi wajib juga bisa sebagai penyerang bayangan atau winger.

Maka dari itu ia juga sekarang masih mengejar Anthony Gordon dari Everton yang berposisi winger namun bisa sebagai penyerang tunggal.

Baca juga: Chelsea Tawar Winger Everton ini dengan Harga Selangit

Dilirik juga oleh beberapa klub

Leao juga sebelumnya pada Juni jelang dibukanya keran transfer pemain sempat dihubung-hubungkan dengan Real Madrid namun kabar tersebut sirna beberapa saat.

Serta Manchester City yang juga berniat membawanya ke Manchester Biru tapi sepertinya Leao tidak tertarik kesana, lantaran masih banyaknya opsi yang dimiliki Manchester City seperti Jack Grealish, Bernanrdo Silva dan Riyad Mahrez.

PSG dan Munchen dikabarkan meminangnya juga tapi kabar tersebut hanya kabar burung yang dibuat oleh media Eropa saja.

Baca juga: Chelsea Lirik Maguire dalam Kesepakatan Pulisic ke Manchester?

Yang jelas sampai saat ini hanya Chelsea yang serius memboyongnya ke Stamford Bridge sebagai daya gedor serangan musim ini.

Opsi lini serang Chelsea saat ini

Chelsea musim panas ini sudah melepas dua penyerangnya sekaligus, Romelu Lukaku dan Timo Werner masing-masing kembali ke klub asalnya.

Untuk menambal lini serang yang ditinggalkan itu, Chelsea mengontrak Raheem Sterling yang murninya berposisi winger kiri, yang notabene bukan seorang yang haus akan gol dan opsi Leao dapat meningkatkan keran gol chelsea yang sedang mampet ini.

Pierre-Emerick Aubameyang juga santar diberitakan masuk rancangan Thomas Tuchel, hingga saat ini Barca dan Chelsea sepertinya nampaknya serius membahas soal kepindahan Aubameyang.

Selain performa baiknya di Serie A musim lalu, ia juga akan menjadi proyek jangka panjang untuk klub yang dipinangnya.

Namun Leao sendiri nampaknya masih betah di Milan dan tidak tertarik pindah di musim panas ini.

Selain itu juga tampaknya sangat tidak mungkin Chelsea akan memberikan dana kontan sebesar €150 juta untuk mantan pemain Sporting Lisbon dan Lille itu.

Chelsea setidaknya harus menunggu hingga musim panas depan atau saat depresiasi harga pasarnya menurun. Harga pasar Rafael Leao saat ini diperkirakan diangka 900 miliar hingga 1 triliun walau kontraknya hanya tersisa 2 tahun lagi atau sampai Juni 2024.

Jika dilihat dari lini serang AC Milan musim ini ia sudah pasti akan mendapatkan posisi sebagai pemain utama, karena di sisi kiri lini serang Milan praktis hanya ada Ante Rebic dan Leao, artinya posisi dia cukup aman bersama I Rossoneri.

Lini tengah penyerangan juga tampak sangar karena diisi nama-nama senior seperti Ibrahimovic, Giroud dan pemain baru Divock Origi.

Baca juga: Giroud: AC Milan Tak Sempurna Saat Lawan Torino

Chelsea harus bekerja keras untuk mendapatkan penyerang tengah dengan tipikal finisher yang baik secepatnya karena mereka tidak bisa terus menerus bermain tanpa striker murni.

Dalam tiga pertandingan awal di Liga Inggris saja mereka mencetak 3 gol. 1 gol di laga pembuka melawan Everton, 2 gol saat berhadapan dengan Tottenham Hotspurs dan tanpa gol di laga terbaru kontra Leeds dimana mereka harus menyerah dengan skor telak 3-0.

Uniknya ketiga gol tersebut bukan berasal dari penyerang melainkan bek tengah, bek sayap dan seorang gelandang tengah.

Ini jadi pekerjaan rumah yang serius bagi Thomas Tuchel dan Chelsea jika tidak ingin dipecundangi lagi oleh lawannya.

Tri Meljasi Bougenvillo
Penonton sepakbola layar kaca
Sumber: TheHardTackle

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Baca juga:  Kalahkan AC Milan, Napoli Terus Lanjutkan Hasil Sempurna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *