PSV vs Arsenal 2-0: The Gunners Tumbang di Belanda

PSV vs Arsenal 2-0: The Gunners Tumbang di Belanda
Ekspresi Kecewa Dua Pemain Arsenal, William Saliba dan Aaron Ramsdale Setelah Kebobolan oleh Gol Tuan Rumah PSV pada Pertandingan Kelima Grup A Liga Europa di Philips Stadium, Eindhoven (28/10/2022) (Sumber : inews.co.uk)

Arsenal harus mengalami tumbang dengan skor 0-2 melawan tuan rumah PSV Eindhoven pada pertandingan kelima grup A liga Europa di Philips Stadium, Jumat (28/10/2022).

Kekalahan ini cukup mengejutkan mengingat Arsenal sebenarnya diunggulkan untuk menang di laga ini, terlebih mereka memiliki kualitas tim yang jauh lebih baik.

Pada pertemuan pertama di London (21/10/2022), Arsenal berhasil menang dengan skor 1-0 berkat gol tunggal Granit Xhaka.

Pada laga tadi malam, The Gunners sebenarnya berhasil mendominasi pertandingan dengan 70% ball possession dan melepaskan 15 tembakan, namun hanya 3 yang mengarah on-target.

Bacaan Lainnya

Sedangkan, PSV yang hanya menguasai 30% ball possession, nyatanya berhasil melepaskan 8 tembakan dengan 5 diantaranya mengarah on-target.

Taktik Van Nistelrooy selaku pelatih tuan rumah yang mengandalkan pressing dan serangan balik terbukti berhasil melumpuhkan Arsenal.

PSV sebenarnya sempat mencetak gol di menit ke-42 melalui aksi individu Xavi Simons.

Akan tetapi, gol tersebut akhirnya dianulir oleh wasit setelah melalui pengecekan dengan VAR dimana pemain berusia 19 tahun tersebut sudah offside terlebih dahulu.

Kiper PSV, Walter Benitez juga tercatat melakukan dua penyelamatan krusial yang berhasil menggagalkan peluang Arsenal untuk mencetak gol di babak pertama.

Sepuluh menit setelah babak kedua dimulai, tuan rumah berhasil mencetak keunggulan melalui gol Joey Veerman setelah menerima umpan terobosan Luuk De Jong.

Gol tersebut menjadi yang ketiga untuk Veerman di liga Europa musim ini.

Pada menit ke-63, PSV berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat gol sundulan Luuk De Jong setelah menerima umpan sepak pojok Cody Gakpo.

Baca juga:  Review: Southampton vs Arsenal

Gol tersebut tercipta karena kesalahan kiper Arsenal, Aaron Ramsdale yang mencoba meninju bola keluar dari kotak penalti.

Arsenal kemudian mencoba untuk terus menyerang lini pertahanan tuan rumah agar bisa mencetak gol. Akan tetapi, usaha mereka gagal karena solidnya barisan belakang PSV.

Kekalahan ini menjadi yang kedua untuk tim asuhan Mikel Arteta tersebut di semua kompetisi.

Kekalahan pertama mereka raih di liga Inggris pada laga melawan tuan rumah Man United di Old Trafford dengan skor 1-3 (4/9/2022).

Meski demikian, Arsenal tetap menjadi pemuncak klasemen grup A dengan perolehan 12 poin dari empat kemenangan dan satu kekalahan.

Sedangkan, PSV berada di peringkat kedua grup A dengan perolehan 10 poin dari tiga kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kekalahan.

Arsenal dan PSV memang sudah dipastikan lolos ke babak 32 besar. Akan tetapi, penentuan siapakah yang keluar sebagai juara grup A akan tergantung pada hasil yang masing-masing mereka raih pada laga terakhir.

PSV (4-2-3-1) : Benitez (GK), Max (LB), Branthwaite (CB), A.Ramalho (CB), Mwene (RB), Gutierrez (CM), Sangare (CM), Gakpo (LW), Veerman (AM), El Ghazi (RW), Simons (CF).

Subs : Teze, L.De Jong, Madueke, M.Junior, Til

Arsenal (4-3-3) : Ramsdale (GK), Tierney (LB), Holding (CB), Saliba (CB), Tomiyasu (RB), Xhaka (CM), Lokonga (DM), Odegaard (CM), Martinelli (LW), Nketiah (CF), F.Vieira (RW).

Subs : White, Partey, Gabriel, Saka, G.Jesus

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *