PSG vs Juventus 2-1: Dua Gol Mbappe Benamkan Bianconeri

PSG vs Juventus 2-1: Dua Gol Mbappe Benamkan Bianconeri
Kylian Mbappe Berhasil Mencetak Dua Gol ke Gawang Juventus pada Pertandingan Pertama Liga Champions Musim ini di Parc Des Princes (7/9/2022) (Sumber : fotmob.com)

Paris Saint Germain (PSG) berhasil mengalahkan Juventus dengan skor 2-1 pada pertandingan pertama liga Champions musim ini di Parc Des Princes, Rabu (7/9/2022).

Kylian Mbappe menjadi bintang kemenangan tuan rumah dengan dua gol yang dicetaknya, sedangkan Juventus hanya mampu membalas melalui gol Weston McKennie di babak kedua.

Kemenangan ini tentu saja menjadi modal berharga untuk PSG agar bisa lolos ke babak 16 besar. Di dalam grup H tersebut terdapat Juventus, Benfica, dan Maccabi Haifa yang siap menjegal langkah klub kaya raya tersebut.

Formasi Awal

Christophe Galtier selaku pelatih PSG menerapkan formasi 3-4-3 dengan menurunkan skuad terbaiknya di pertandingan ini.

Bacaan Lainnya

Di lini pertahanan, Galtier memasang trio bek tengah yang terdiri dari Kimpembe-Marquinhos-Ramos dengan dukungan Nuno Mendes dan Achraf Hakimi yang masing-masing bermain sebagai bek sayap kiri dan kanan.

Di lini tengah, Marco Verratti dan Vitinha berduet sebagai penyeimbang lini belakang dan depan. Kemudian, trio lini depan PSG yang terdiri dari Neymar-Mbappe-Messi diandalkan untuk mendobrak pertahanan Juventus.

Sama seperti PSG, pelatih Juventus yaitu Massimiliano Allegri juga memakai formasi tiga bek dengan detilnya adalah 3-5-2.

Danilo, Leo Bonucci, dan Gleison Bremer diturunkan menjadi trio bek tengah untuk meredam lini depan PSG yang begitu mengerikan musim ini. Kemudian, Filip Kostic dan Juan Cuadrado masing-masing dimainkan sebagai bek sayap kiri dan kanan.

Di lini tengah, Allegri menurunkan trio Miretti-Paredes-Rabiot untuk membantu menjaga stabilitas permainan. Kemudian, Dusan Vlahovic dan Arkadiusz Milik diandalkan di lini depan untuk mendobrak pertahanan tuan rumah.

Baca juga:  Viktoria Plzen vs Barcelona 2-4: Kemenangan Penghibur Lara Blaugrana

Dapat diprediksi bahwa Juventus akan bermain lebih defensif dan memanfaatkan serangan balik untuk menciptakan peluang gol.

Babak Pertama

Hanya butuh lima menit saja bagi tuan rumah untuk mencetak keunggulan. Neymar melepaskan umpan chip ke kotak penalti Juventus yang segera disambar oleh tendangan Mbappe ke gawang.

Bek Juventus, Leo Bonucci gagal menutup posisi Mbappe sehingga striker timnas Prancis tersebut berhasil mencetak gol ke gawang Juventus yang dikawal Mattia Perin.

Tiga menit berselang, Mbappe nyaris kembali mencetak gol setelah menerima umpan terobosan dari tengah lapangan. Namun, Perin berhasil menangkap bola.

Tertinggal 0-1 membuat Juventus perlahan mulai mengatur tempo permainan dan skema serangan ke lini pertahanan tuan rumah agar bisa mencetak gol.

Pada menit ke-18, Arkadiusz Milik hampir berhasil berhasil menyamakan kedudukan untuk Juventus setelah menerima umpan lambung Juan Cuadrado dari sisi kanan. Akan tetapi, Donnarumma dengan gemilang berhasil menepis sundulan striker asal Polandia tersebut.

PSG akhirnya menggandakan keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-22 melalui Mbappe yang mencetak gol keduanya setelah melakukan kerjasama satu dua sentuhan dengan Achraf Hakimi. Tendanganya dari dalam kotak penalti ke pojok kiri gawang gagal ditepis Perin.

Setelah itu, PSG terus mengurung lini pertahanan Juventus melalui pergerakan dari Messi, Neymar, dan Mbappe. Namun, barisan pemain bertahan tim tamu masih mampu meredam berbagai serangan tersebut.

Skor 2-0 untuk keunggulan PSG bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Sebelum babak kedua dimulai, Allegri melakukan pergantian pemain pertamanya dengan menarik keluar Fabio Miretti dan memasukan Weston McKennie.

Pada menit ke-53, gelandang timnas Amerika Serikat tersebut berhasil mencetak gol melalui sundulan dengan memanfaatkan umpan lambung Filip Kostic dari sisi sayap kiri, sekaligus memperkecil ketertinggalan Juventus menjadi 1-2.

Baca juga:  Chelsea, Liverpool atau Leicester City yang Lolos ke Liga Champions?

Dua menit berselang, Vlahovic nyaris menyamakan kedudukan untuk Juventus, namun sundulanya berhasil ditepis dengan gemilang oleh Donnarumma.

Tuan rumah yang sempat tertekan selama 15 menit awal babak kedua menciptakan peluang emas di menit ke-63 melalui Mbappe setelah menerima umpan terobosan Messi.

Namun, tendanganya melenceng tipis ke sisi kanan gawang Juventus dan gagal membuat dirinya mencetak hattrick di pertandingan ini.

10 menit berselang, Allegri melakukan dua pergantian pemain sekaligus dengan menarik keluar Arkadiusz Milik dan Danilo serta memasukan Manuel Locatelli dan Mattia De Sciglio.

Masuknya Locatelli membuat lini tengah Juventus menjadi lebih hidup dan mampu mendominasi pertandingan.

Pada menit ke-81, setelah menerima umpan silang Kostic, mantan pemain AC Milan tersebut melakukan aksi individu di kotak penalti PSG dengan mengecoh Mukiele dan Marquinhos serta kemudian melepaskan tembakan yang masih bisa dihalau Donnarumma.

PSG kemudian kembali menebar ancaman di menit ke-89 melalui tendangan Neymar setelah memanfaatkan kesalahan Bonucci dalam menyundul bola. Namun, masih berhasil ditepis oleh Perin.

Mattia Perin kembali menciptakan penyelamatan gemilang keduanya hanya dalam kurun waktu 30 detik. Kali ini, mantan kiper Genoa tersebut menepis tendangan Mbappe dari sisi kiri kotak penalti setelah menerima umpan terobosan Neymar lewat skema serangan balik.

Skor 2-1 untuk kemenangan PSG bertahan hingga peluit panjang berakhirnya pertandingan dibunyikan.

Kemenangan ini membuat PSG menduduki puncak klasemen sementara Grup H diatas Benfica yang menang atas Maccabi Haifa dengan skor 2-0. Sebaliknya, Juventus harus duduk di peringkat ke-3.

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Baca juga:  Maccabi Haifa vs Juventus 2-0: Si Nyonya Tua Semakin Larut dalam Krisis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *