Prancis vs Austria 2-0: Kemenangan Perdana Les Bleus

Prancis vs Austria 2-0: Kemenangan Perdana Les Bleus di UEFA Nations League
Pemain Timnas Prancis Merayakan Gol Olivier Giroud ke Gawang Timnas Austria pada Pertandingan UEFA Nations League di Stade de France (23/9/2022) (Sumber ; reuters.com)

Timnas Prancis berhasil mengalahkan timnas Austria dengan skor 2-0 pada pertandingan UEFA Nations League di Stade De France, Paris, Jumat dini hari (23/9/2022).

Bertanding sebagai tim tuan rumah, timnas Prancis berhasil meraih kemenangan berkat gol Kylian Mbappe dan Olivier Giroud yang semuanya terjadi di babak kedua.

Kemenangan ini rupanya menjadi yang perdana untuk Les Bleus di ajang kompetisi UEFA Nations League tahun ini. Sebelumnya, timnas Prancis hanya meraih dua hasil imbang dan dua kekalahan yang membuat mereka terpuruk di dasar klasemen grup A dengan perolehan dua poin.

Babak Pertama

Didukung oleh puluhan ribu suporternya sendiri dan juga materi pemain yang jauh lebih unggul membuat timnas Prancis langsung mendominasi pertandingan sejak awal babak pertama.

Bacaan Lainnya

Lini depan yang dimotori oleh Mbappe, Griezmann, dan Giroud hingga lini tengah dan sayap timnas Prancis langsung mengurung lini pertahanan tim tamu sejak menit pertama pertandingan.

Taktik 3-4-1-2 yang diterapkan Didier Deschamps berhasil membuat timnas Prancis menjadi leluasa dalam melancarkan berbagai skema serangan ke lini pertahanan tim tamu.

Akan tetapi, penampilan solid dari barisan belakang timnas Austria yang dimotori oleh David Alaba serta taktik pressing-defensif yang diterapkan Ralf Rangnick gagal membuat tuan rumah mencetak gol.

Skor 0-0 untuk kedua tim bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Di babak kedua, timnas Prancis langsung mengurung lini pertahanan timnas Austria dengan adanya metode perubahan taktik pada alur serangan.

Baca juga:  Republik Ceko vs Portugal 0-4: Bek Kanan Man United Sumbang Dua Gol

Pada menit ke-56, Mbappe akhirnya berhasil mencetak gol pembuka untuk keunggulan timnas Prancis setelah melakukan aksi individu dengan mengecoh seorang pemain lawan dari sisi tengah luar kotak penalti.

Meski dihadang oleh dua bek tim tamu lainya, Mbappe yang kemudian merengsek ke dalam kotak penalti timnas Austria segera berhasil menendang bola masuk ke gawang lawan yang dikawal Patrick Pentz.

Setelah gol Mbappe tersebut, timnas Prancis terus melancarkan serangan. Sembilan menit berselang, Giroud berhasil menggandakan keunggulan Les Bleus menjadi 2-0.

Memanfaatkan umpan lambung Griezmann dari sisi sayap kanan, striker AC Milan tersebut berhasil mencetak gol sundulan setelah mengungguli bek timnas Austria, Philipp Lienhart.

Timnas Austria yang tertinggal 0-2 benar-benar tidak berkutik untuk melancarkan serangan ke lini pertahanan tuan rumah agar bisa mencetak gol. Skema umpan lambung yang diterapkan para pemain tim tamu seperti mentah begitu saja.

Skor 2-0 untuk kemenangan tuan rumah bertahan hingga pertandingan berakhir.

Berdasarkan statistik akhir, tuan rumah unggul segalanya dengan 61% ball possession dan berhasil melepaskan 22 tembakan dimana 6 diantaranya mengarah on-target.

Sedangkan, tim tamu hanya mampu menguasai 39% ball possession dan melepaskan 4 tembakan tanpa ada satupun yang mengarah on-target.

Hasil ini membuat timnas Prancis naik ke peringkat ke-3 dengan perolehan lima poin, sedangkan timnas Austria terpuruk di dasar klasemen grup A dengan perolehan empat poin.

Meski demikian, timnas Prancis dipastikan tidak lolos ke babak selanjutnya karena timnas Denmark yang berada di peringkat kedua unggul empat poin dibanding Les Bleus.

Sehingga, andaikata timnas Prancis berhasil mengalahkan Denmark, mereka tetap tidak lolos karena kalah selisih satu poin.

Prancis (3-4-1-2) : Maignan (GK), Badiashile (CB), Varane (CB), Kounde (CB), F.Mendy (LWB), Y.Fofana (CM), Tchouameni (CM), Clauss (RWB), Griezmann (AM), Mbappe (FW), Giroud (FW)

Baca juga:  Duet Mbappe-Benzema Antarkan Perancis Juara UNL

Subs : Saliba, Dembele, Nkunku, Kolo Muani, Areola

Austria (4-4-2) : Pentz (GK), Wober (LB), Alaba (CB), Lienhart (CB), Trimmel (RB), Sabitzer (LW), Seiwald (CM), Schlager (CM), Weimann (RW), Onisiwo (FW), Arnautovic (FW)

Subs : Posch, Gregoritsch, Ljubicic, Baumgartner, Schmid

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *