Piringan Bundesliga 9 Musim Beruntun dan Dinamika FC Hollywood

Bayern Munchen Juara Sembilan Musim Beruntun
Bayern Munchen Juara Sembilan Musim Beruntun

Jerman – Bayern Munchen kantongi Bundesliga untuk sembilan musim berturut-turut setelah RB Leipzig, pesaing terdekat mereka, tumbang 3-2 oleh Borussia Dortmund. Ini menjadi titel liga ke-31 bagi FC Hollywood.

Seakan tak puas tunjukkan dominasi, malam tadi Thomas Muller dan kolega buat Borussia Monchengladbach menyerah 6-0. Mereka sebenarnya bisa pastikan gelar lebih cepat, dua minggu lalu, namun kekalahan dari Mainz buyarkan kesempatan tersebut.

Juara sembilan musim beruntun jadi rekor baru di sejarah Bundesliga. Suatu hal yang patut jadi bekal motivasi ekstra bagi rival-rival lain untuk bergerak lebih taktis dan goyang kemapanan Bayern. Apalagi musim depan bakal terjadi perubahan-perubahan yang cukup signifkan di klub yang bermarkaskan Allianz Arena.

Di kursi kepelatihan, Hansi Flick telah resmi mengundurkan diri. Salah satunya gara-gara perang dingin antara dirinya dan, Direktur Olahraga klub, Hasan Salihamidzic. Ditengarai kedua figur sentral itu tidak akur perkara strategi transfer Bayern.

Bacaan Lainnya

Meski memiliki kontrak hingga 2023, Flick mengkonfirmasi kemundurannya pada tengah April. Kursi yang ia tinggalkan kabarnya bakal diisi orang yang musim ini tukangi RB Leipzig, Julian Nagelsmann. Bukankah keputusan yang sungguh Bayern?

Nagelsmann dan Flick. Gambar: Bavarian Football Works

Kiprah Flick perlu diapresiasi lebih. Ditunjuk menstabilkan bahtera pasca kepemimpinan Niko Kovac, ia justru mampu kemudikan Bayern ke kejayaan. Siapa kira Bayern bisa raih Treble Winner (Bundesliga, DFB Pokal, Liga Champions) musim lalu?

Ia dianggap mampu memaksimalkan Serge Gnabry, Joshua Kimmich dan Kingsley Coman. Pun, menyulam bocor-bocor minor di lini pertahanan FC Hollywood. Tak heran, namanya kerap masuk bursa pelatih Timnas Jerman yang kehilangan Joachim Loew sesudah Piala Eropa mendatang.

Baca juga:  RB Leipzig Resmi Pulangkan Timo Werner setelah Kegagalannya di Chelsea

Bongkar pasang pelatih bukan satu-satunya fokus Bayern. Desember tahun ini, Karl-Heinz Rummenigge direncanakan mengakhiri masa pengabdiannya setelah 20 tahun. Mantan kiper Timnas Jerman dan Bayern, Oliver Kahn digadang-gadang jadi suksesor selanjutnya sebagai Kepala Eksekutif klub.

Dari ruang ganti, tiga pemain senior, David Alaba, Jerome Boateng dan Javi Martinez bakal hengkang musim depan. Ketiganya merupakan veteran-veteran yang antarkan Bayern merengkuh dua Treble, yang juga pernah diraih pada 2013 di bawah asuhan Jupp Heynckes, dan tentunya dominasi 9 tahun ini. Alaba, termuda dari ketiganya, telah menjalin kesepakatan bersama Real Madrid untuk bergabung.

Lalu pertanyaan template awal musim Bundesliga bakal kembali bergema: Siapa bisa kangkangi dominasi Bayern Munchen?

Rakaisa Langit
Facebook

***
Ingin menjadi penulis di AnalisBola.com, Silakan hubungi kami melalui email: analisbolacom@gmail.com

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *