Old Trafford, Sebuah Kutukan untuk Manchester United Musim ini

Old Trafford
Stadion Old Trafford, kandang Manchester United (Foto: Viator.com)

Manchester – Pada pertandingan antara tuan rumah Manchester United melawan tim tamu Everton pada tanggal 7 Februari 2021, nampaknya MU akan memenangi pertandingan dengan skor 3-2. Namun bak petir menggelegar, striker muda Everton yang sedang naik daun musim ini, Dominic Calvert-Lewin, mampu mencetak gol yang mengejutkan ke gawang MU sehingga skor akhir pertandingan menjadi 3-3.

Sontak gol tersebut dirayakan meriah oleh seluruh pemain dan juga staff Everton yang pada babak pertama yang sempat tertinggal dengan skor 0-2 dari Manchester United.

Bagi Setan Merah, julukan Manchester United, hasil imbang ini bukan saja membuat mereka gagal untuk mengejar dan menggusur Manchester City dari puncak klasemen, tetapi semakin memperpanjang hasil mengecewakan mereka pada pertandingan kandang musim ini yang mereka mainkan di stadion kebanggaan mereka, Old Trafford.

Baca juga: Man United vs Everton 3-3: Kemenangan MU di Depan Mata Buyar!

Bacaan Lainnya

Dari 12 pertandingan kandang Liga Inggris yang telah mereka lakoni musim ini, MU “baru” mengumpulkan 18 poin dengan presentase 5 kemenangan, 3 hasil imbang, dan 4 kekalahan.

Bahkan yang menjadi suatu hal yang cukup buruk adalah MU menelan 2 kekalahan kandang beruntun mereka pada 3 pertandingan awal Liga Inggris musim ini dimana MU harus kalah 1-3 dari Crystal Palace pada pertandingan pembuka dan kemudian dibantai 1-6 oleh Tottenham pada pertandingan kandang kedua mereka.

Sedangkan 2 kekalahan lainya adalah ketika MU harus kalah 0-1 dari Arsenal dan 1-2 dari tim juru kunci, Sheffield United. Jangan lupa juga bahwa MU juga meraih kekalahan kandang di ajang turnamen lainnya seperti kalah 1-3 dari PSG dan kalah 0-2 dari Manchester City pada babak semifinal Piala Liga Inggris.

Baca juga:  Bruno Fernandes Hattrick, MU Menang Telak atas Leeds United

Baca juga: Van de Beek yang Harus Banyak Belajar dari Ole Gunnar Solskjaer

Manchester United baru meraih kemenangan kandang mereka pada pekan ke-8 Liga Inggris ketika mereka meraih kemenangan tipis 1-0 atas tim promosi West Bromwich Albion melalui gol penalti Bruno Fernandes, sedangkan 4 kemenangan lainya diraih dengan kemenangan 6-2 atas Leeds United, 1-0 atas Wolves, 2-1 atas Aston Villa, dan terakhir adalah kemenangan bersejarah 9-0 atas Southampton. Kemenangan 9-0 atas Southampton yang diraih pada tanggal 2 Februari 2021 setidaknya menjadi penghibur mereka di tengah hasil mengecewakan pertandingan kandang mereka.

Rekor Buruk Kandang Tak Sebanding dengan Rekor Luar Biasa Tandang

Apa yang terjadi dengan Manchester United musim ini tentu saja merupakan sebuah anomali tersendiri. Ketika banyak yang mempertanyakan mengapa mereka sangat tumpul dan melempem ketika tampil di Old Trafford, Manchester United malah mencatatkan rekor luar biasa untuk pertama kalinya.

Baca juga: Romansa David Moyes dan Manchester United

Mereka belum terkalahkan pada 11 pertandingan tandang Liga Inggris musim ini dengan presentase 8 kemenangan dan 3 hasil imbang, dimana 6 kemenangan tandang tersebut diraih secara beruntun dari pertandingan awal musim dimulai yaitu dengan kemenangan 3-2 atas Brighton, 4-1 atas Newcastle, 3-1 atas Everton, 3-2 atas Southampton, 3-1 atas West Ham, 3-2 atas Sheffield United. Sedangkan 3 hasil imbang diraih dengan hasil pertandingan 2-2 melawan Leicester, 0-0 melawan Arsenal, dan 0-0 melawan Liverpool.

Faktor Suporter?

Ketika diwawancari oleh reporter mengenai alasan di balik berbagai hasil mengecewakan MU di Old Trafford musim ini, Pelatih MU, Ole Gunnar Solskjaer mengatakan bahwa ketidakhadiran suporter di Old Trafford menjadi salah satu faktor mengapa Manchester United tidak bisa menampilkan permainan terbaik mereka musim ini.

Baca juga:  Southampton vs Man United 0-1: Gol Bruno Fernandes Beri Kemenangan Kedua Beruntun Setan Merah

Suporter Manchester United selama ini memang terkenal sebagai pemain ke-12 MU dan menjadi salah satu faktor yang menjadikan Old Trafford sebagai tempat sakral dan angker bagi klub lawan jika bertandang ke salah satu stadion tertua di Inggris tersebut.

Sayangya pandemi Covid-19 membuat FA mengeluarkan keputusan dan peraturan supaya suporter tidak boleh menonton langsung di stadion termasuk di Old Trafford. Tak heran apabila Manchester United seperti kehilangan kekuatan dan daya magis mereka musim ini yang disebabkan oleh ketidakhadiran fans fanatik mereka yang selalu memenuhi Old Trafford setiap mereka bertanding.

Christopher Lesmana
Instagram | Kompasiana

Seseorang yang senang untuk menyimpulkan dan mengamati sesuatu yang masih menjadi sebuah teka-teki yang kemudian diungkapkan melalui sebuah tulisan.

***
Ingin menjadi kontributor di AnalisBola.com, Silakan hubungi kami melalui email: analisbolacom@gmail.com.

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *