Minim Belanja, Manchester United Lepas 5 Pemain di Musim Dingin

Ole Gunnar Solskjaer dan Ed Woodward
Ole Gunnar Solskjaer (kiri), pelatih kepala Manchester United, bersama wakil kepala eksekutif tim, Ed Woodward (kanan). (Foto: The Sport Rush on setanmerah.net)

Menarik dicermati tingkah laku para petinggi Manchester United dalam beberapa musim terakhir ini, dimana mereka mulai melakukan penghematan terhadap anggaran belanja mereka.

Sebenarnya sejak penunjukkan Ole Gunnar Solskljaer sebagai pelatih kepala atau manajer tim beberapa waktu lalu, mengindikasikan akan adanya perubahan dalam tubuh The Red Devils secara keseluruhan.

Sejak saat penugasan legenda klub, Solskjaer, sebagai manajer, Manchester United terlihat tidak terlalu aktif di bursa transfer seperti yang kerap dilakukan oleh manajer-manajer sebelumnya.

Baca juga: Man United vs Southampton 9-0: Pasukan Solskjaer Pesta Gol di Old Trafford

Bacaan Lainnya

Tentu kebijakan ini tidak terlepas dari keputusan manajemen klub yang coba memaksimalkan pemain dari akademi mereka sendiri.

Pada awal musim ini, tercatat hanya ada nama Donny van de Beek, pembelian mahal Manchester United dan tidak memberikan kontribusi lebih bagi tim.

Selebihnya tidak banyak pembelian pemain yang dilakukan oleh Manchester United pada musim ini karena lebih mengoptimalkan pemain yang ada serta tambahan beberapa pemain dari akademi mereka sendiri.

Pada bursa transfer musim dingin ini, Manchester United hanya melakukan perekrutan terhadap Amad Diallo yang diboyong dari kklub Italia, Atalanta.

Baca juga: Jesse Lingard, Pemain Muda Berbakat Spesialis Pemain Pinjaman

Sebenarnya pihak Amad Diallo, Atalanta, dan Manchester United sudah “deal” beberapa bulan lalu, hanya saja pada bursa transfer musim dingin ini Setan Merah merampungkan proses transfer pemain 18 tahun tersebut.

Jadi secara “tidak langsung”, Manchester United tidak memboyong satu pemain pun pada bursa transfer musim dingin ini. Hal ini cukup menarik jika dicermati lebih jauh, karena biasanya Manchester United beberapa kali membeli pemain mahal pada bursa transfer musim dingin.

Baca juga:  Lama Berkelana, Akhirnya Sami Khedira Pulang Kampung di Musim Dingin

Pada musim-musim sebelumnya tercatat ada nama Alexis Sanchez, Juan Mata, Odion Ighalo, hingga Bruno Fernandes yang merupakan pemain rekrutan Manchester United pada bursa musim dingin.

Baca juga: Mengerling Transfer Musim Dingin Si Meteor, Bruno Fernandes

Disisi lain, pada bursa musim dingin kali ini, Manchester United cukup aktif melepas pemainnya. Terhitung ada 5 pemain yang dilepas pada bursa musim dingin ini baik secara permanen maupun skema pinjaman.

Aktivitas ini cukup menarik, sebab beberapa musim sebelumnya Manchester United cukup jarang melepas banyak pemain pada bursa transfer musim dingin.

Siapa saja pemain yang dilepas oleh Manchester United pada bursa transfer musim dingin ini?

Dilansir dari laman Transfermarkt.com, ada 5 nama yang dilepas oleh Manchester United pada bursa transfer kali ini. Dari kelima nama tersebut, hanya ada 1 pemain yang dilepas secara permanen dan sisanya dilepas dengan beberapa skema, berikut reviewnya.

1. Timothy Fosu Mensah

Timothy Fosu Mensah. (Foto: Richard Heathcote-AFP)

Pemain 23 tahun yang berposisi sebagai bek kanan ini dilepas secara permanen oleh Manchester United ke Bayer Leverkusen pada bursa musim dingin ini. Pemain timnas Belanda ini dilepas dengan harga cukup murah dibandingkan dengan harga pasarnya yaitu sebesar 1,53 juta euro.

Fosu Mensah harus rela hijrah ke klub lain agar mendapatkan menit bermain, karena di Manchester United saat ini ada Aaron Wan Bissaka yang sangat sulit digeser posisinya.

Fosu Mensah bergabung dengan Manchester United sejak musim 2014/2015 lalu, saat itu sang pemain diboyong dari Ajax Amsterdam U17 dan langsung bergabung dengan Manchester United U18. Bersama Bayer Leverkusen, pemain Belanda keturunan Ghana ini akan dikontrak hingga Juni 2024 nanti.

Baca juga:  Man United Buat Rekor Kemenangan Sembilan Gol vs Southampton

2. Jesse Lingard

Jesse Lingard. (Foto: Ash Donelon/Getty Images)

Pemain 28 tahun yang berposisi sebagai winger kanan ini merupakan lulusan asli dari akademi Manchester United, namun beberapa kali dipinjamkan ke klub lain.

Salah satunya ke klub kasta kedua Liga Inggris, Derby County pada musim 2014/2015 lalu. Saat itu Lingard tampil luar biasa dan membuat namanya jajaran tim pelatih memutuskan untuk menggunakan jasa sang pemain pada musim berikutnya.

Sempat mendapatkan puncak performa pada musim 2017/2018 lalu, Lingard akhirnya terkena cedera dan sejak saat itu tidak pernah lagi menemukan bentuk permainan terbaiknya hingga saat ini.

Pada bursa musim dingin ini Lingard dipinjamkan ke West Ham United sampai akhir musim ini, namun dalam deal ini West Ham United mengeluarkan biaya peminjaman sebesar 1,53 juta euro.

3. Tahith Chong

Tahith Chong. (Foto: Irishmirror.ie)

Pemain 21 tahun yang berposisi sebagai winger kanan ini merupakan salah satu pemain yang cukup potensial hasil dari akademi Manchester United.

emain timnas Belanda U21 ini menembus tim senior Manchester United pada awal musim 2019/2020. Dan sayangnya karena gagal bersaing dengan pemain lain, Chong lebih sering mengisi bangku cadangan.

Sehingga pada bursa transfer musim panas di awal musim ini, Tahith Chong dipinjamkan ke klub Jerman, Werder Bremen. Kontrak peminjaman yang awalnya selama 1 musim penuh akhirnya diberhentikan oleh Werder Bremen pada bursa transfer musim dingin ini karena penampilan sang pemain tidak memenuhi ekspektasi. Namun pada bursa transfer musim dingin ini, Manchester United meminjamkan Chong ke klub Belgia, Club Brugge, sampai akhir musim.

4. Facundo Pellistri

Facundo Pellistri (Foto: Transfermarkt.com)

Pemain 19 tahun yang berposisi sebagai winger kanan ini baru dibeli oleh Manchester United dari klub Uruguay, Penarol, pada awal musim ini. The Red Devils membeli Pellistri dengan mahar 7,65 juta euro.

Baca juga:  Jesse Lingard, Pemain Muda Berbakat Spesialis Pemain Pinjaman

Pembelian Pellistri pada awal musim ini dinilai sebagai pembelian yang salah, karena akan susah bagi seorang pemain muda yang baru bermain di eropa, kemudian berharap bisa bermain di skuad utama Manchester United. Hal ini tentu menekan mental sang pemain.

Meski demikian, pemain bernama lengkap Facundo Pellistri Rebollo ini beberapa kali dimainkan bersama tim junior The Red Devils yaitu Manchester United U23. Dan hasilnya tidaklah terlalu buruk karena Pellistri sedikit demi sedikit mulai beradaptasi.

Pada bursa transfer musim dingin ini, manajemen Manchester United memutuskan untuk meminjamkan Pellistri ke klub Spanyol, Deportivo Alaves sampai akhir musim ini.

5. Odion Ighalo

Odion Ighalo. (Foto: Forbes on setanmerah.net)

Pemain 31 tahun yang berposisi sebagai striker ini menjadi salah satu pemain dari klub eropa yang ramai-ramai hijrah ke Liga China pada awal tahun 2017 lalu. Saat itu, Ighalo dibeli mahal oleh klub China, CC Yatai, dari klub Inggris, Watford, dengan harga 20,97 juta euro. Kemudian 2 tahun kemudian bermain untuk klub China lainnya, Shanghai Shenhua.

Ighalo dipinjam oleh Manchester United dari Shanghai Shenhua pada awal tahun 2020, kemudian menjadi bintang pada paruh kedua musim kompetisi 2019/2020 bersama The Red Devils.

Kehadiran pemain timnas Nigeria ini di Old Trafford membuat para pecinta Manchester United cukup menyukai pribadi dan kontribusi sang pemain. Namun pada bursa musim dingin ini, Ighalo akan berpisah dengan The Red Devils dan kembali bergabung dengan Shanghai Shenhua.

M. Anshari Akbar
Penikmat Sepakbola

***
Ingin menjadi kontributor di AnalisBola.com, Silakan hubungi kami melalui email: analisbolacom@gmail.com

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *