Mereka yang Turun Kasta ke Liga Europa

Mereka yang Turun Kasta ke Liga Europa
Barcelona Menjadi Salah Satu Tim yang Turun Kasta ke Liga Europa Musim Ini (Sumber : football365.com)

Seluruh pertandingan babak grup liga Champions resmi berakhir pekan ini.

Sebanyak 32 tim telah bertanding dengan masing-masing sebanyak enam laga untuk menentukan nasib mereka di liga Champions musim ini.

Hasilnya, ada yang berhasil lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup ataupun runner-up dan banyak juga yang harus gagal melangkah dari babak grup.

Mereka yang finish di peringkat tiga dan empat harus gagal melangkah ke babak 16 besar.

Bacaan Lainnya

Meski demikian, setiap tim yang finish di peringkat tiga masih diberi “nafas” dengan bermain di liga Europa yang merupakan kompetisi kasta kedua dibawah liga Champions.

Lain hal dengan setiap tim yang finish di peringkat empat dimana mereka dipastikan tersingkir dari semua kompetisi Eropa.

Hal yang cukup mengejutkan adalah beberapa dari mereka yang “turun kasta” ke liga Europa merupakan tim-tim besar yang sering malang-melintang di liga Champions.

Tim-tim besar yang terpaksa harus bermain di liga Europa antara lain adalah :

1. Juventus

Apa yang dialami Juventus di liga Champions musim ini mungkin menjadi salah satu tragedi terbesar dalam sejarah klub tersebut.

Tergabung di grup H bersama dengan PSG, Benfica, dan Maccabi Haifa, Si Nyonya Tua hanya mampu meraih tiga poin dari hasil kemenangan melawan Maccabi Haifa dengan skor 3-0 di markas sendiri.

Sedangkan, lima laga sisanya berakhir dengan kekalahan. Hasilnya, Juventus harus finish di peringkat ketiga grup H dan terpaksa turun kasta ke liga Europa.

Baca juga:  AS Roma vs Real Betis 1-2: Giallorossi Telan Kekalahan Kedua di Babak Grup

2. Barcelona

Sama seperti Juventus, kegagalan lolos ke babak 16 besar di liga Champions musim ini juga menjadi suatu tragedi bagi klub Catalan tersebut.

Tim asuhan Xavi Hernandez tersebut harus gagal melangkah dari babak grup dan turun kasta ke liga Europa dalam dua musim beruntun.

Tergabung di grup C bersama dengan Bayern Munchen, Inter Milan, dan Viktoria Plzen, Blaugrana yang awalnya difavoritkan lolos ke babak 16 besar secara mengejutkan harus tersingkir.

Barca harus finish di peringkat ketiga dengan perolehan 7 poin dari dua kemenangan, satu hasil imbang, dan tiga kekalahan.

3. Sevilla

Salah satu klub terbesar La Liga ini memang sedang mengalami krisis luar biasa.

Setelah terpuruk di papan bawah liga Spanyol, Sevilla juga gagal melangkah ke babak 16 besar setelah kalah bersaing dengan Man City dan Borussia Dortmund di grup G.

Tim asuhan Jorge Sampaoli tersebut harus finish di peringkat ketiga dengan memperoleh 5 poin dari satu kemenangan, dua hasil imbang, dan tiga kekalahan.

Satu-satunya kemenangan diraih pada pertandingan kelima melawan Copenhagen dengan skor 3-0.

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *