Marco Reus bawa Borussia Dortmund Kalahkan Bayer Leverkusen dengan Skor 1-0

Marco Reus bawa Borussia Dortmund Kalahkan Bayer Leverkusen dengan Skor 1-0
Borussia Dortmund Berhasil Mengalahkan Bayer Leverkusen dengan Skor 1-0 (Sumber : nixolympia.com)

Setelah sang penguasa Bundesliga, Bayern Munchen berhasil berpesta gol di kandang Eintracht Frankfurt dengan skor 6-1. Kali ini giliran raksasa Bundesliga lainya, Borussia Dortmund yang meraih kemenangan pada pekan pertama Bundesliga musim 2022-23.

Di awal musim 2022-23 ini, layaknya Bayern yang ditinggal hengkang Lewandowksi, Dortmund juga harus ditinggal striker terbaik mereka dalam dua setengah musim terakhir yaitu Erling Haaland yang hengkang ke raksasa liga Inggris, Man City. Haaland sendiri telah mencetak 62 gol di Bundesliga untuk Dortmund selama dua setengah musim tersebut.

Untuk menggantikan Haaland, Borussia Dortmund mendatangkan Sebastian Haller, striker Ajax asal Prancis yang musim lalu mencetak 11 gol di liga Champions. Namun sayangnya, Haller untuk sementara harus menepi dari sepakbola, setelah pemain keturunan Pantai Gading tersebut terkena penyakit tumor testis. Dirinya harus menjalani kemoterapi untuk proses penyembuhan.

Sedangkan Bayer Leverkusen, dalam bursa transfer musim ini merekrut striker muda asal Republik Ceko, yaitu Adam Hlozek dari Sparta Prague. Musim lalu, Bayer Leverkusen finish di peringkat ke-3 klasemen akhir Bundesliga, satu peringkat dibawah Borussia Dortmund yang finish sebagai runner-up. Tak heran, jika laga ini dianggap salah satu pertandingan terbesar di Bundesliga.

Bacaan Lainnya

Jalanya Pertandingan Babak Pertama

Pada pertandingan yang berlangsung di Signal Iduna Park, hari Sabtu (6/8/22). Borussia Dortmund sebagai tuan rumah menurunkan striker muda mereka yang masih berusia 18 tahun, yaitu Youssoufa Moukoko sebagai penyerang tengah, mengisi posisi yang untuk sementara ditinggal oleh Sebastian Haller.

Baca juga:  Borussia Dortmund Tumbang di Kandang Sendiri oleh 3 Gol Menit Akhir Werder Bremen

Pelatih Dortmund, Edin Terzic menurunkan trio penyerang Malen-Moukoko-Adeyemi. Nama terakhir merupakan rekrutan baru Dortmund musim ini dari klub Austria, yaitu RB Salzburg, trio penyerang tersebut didukung oleh Marco Reus yang mengisi posisi Attacking Midfielder. Dortmund memakai formasi 4-2-3-1.

Dortmund juga menurunkan pemain-pemain lain terbaiknya seperti Bellingham, Raphael, dan Meunier.

Sedangkan Bayer Leverkusen yang dilatih oleh Gerardo Seoane juga memakai formasi yang sama dan menurunkan skuad terbaiknya. Mulai dari Schick, Diaby, Demirbay, Bellarabi, dan Tah diturunkan untuk memberikan perlawanan berat terhadap sang tuan rumah.

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, Borussia Dortmund langsung tancap gas dan mengurung pertahanan Bayer Leverkusen yang dikawal oleh duet Tapsoba & Tah yang bermain sebagai bek tengah. Hasilnya pada menit ke-9, Borussia Dortmund berhasil membuka keunggulan menjadi 1-0.

Berawal dari Malen yang melepaskan umpan silang mendatar ke sisi kanan kotak penalti Leverkusen, bola tersebut kemudian mengarah kepada Adeyemi yang berdiri di dekat gawang Leverkusen, yang dikawal oleh Lukas Hradecky.

Namun, bola hasil tendangan Adeyemi tersebut membentur mistar gawang dan bola mentahan tersebut disambar ke dalam gawang Leverkusen oleh Reus yang merengsek masuk ke kotak penalti, dimana bek Leverkusen gagal membuang bola dari kotak penalti mereka.

Setelah gol Dortmund tersebut, Bayer Leverkusen mencoba untuk membalas dan mengubah taktik mereka. Namun, serangan Leverkusen yang dimotori oleh Demirbay, Bellarabi hingga Schick masih gagal menembus pertahanan Dortmund yang dikawal oleh duet Schlotterbeck dan Hummels. Schlotterbeck sendiri merupakan bek tengah rekrutan baru Dortmund dari SC Freiburg.

Babak Pertama berakhir 1-0 untuk Borussia Dortmund.

Babak Kedua

Pada babak awal kedua, Bayer Leverkusen menarik keluar Bellarabi dan memasukan striker baru mereka, Adam Hlozek ke lapangan. Pergantian pemain ini sepertinya menjadi bagian dari rencana taktik baru Leverkusen untuk setidaknya membalas gol.

Baca juga:  Putaran Pertama DFB Pokal: Etalase Wajah Anyar Para Elite

Pada menit ke-49, Dortmund nyaris menggandakan keunggulan. Berawal dari pergerakan Malen di sisi kiri, winger timnas Belanda kemudian melepaskan umpan mendatar ke kotak penalti Leverkusen. Kemudian Thorgan Hazard yang masuk menggantikan Adeyemi pada menit ke-32, segera menyambut dan menendang bola hasil umpan Malen tersebut.

Sayangnya, bola hasil tendangan pemain timnas Belgia tersebut berhasil ditepis secara sempurna oleh sang penjaga gawang, Lukas Hradecky. Adik kandung dari Eden Hazard tersebut gagal menambah keunggulan untuk sang tuan rumah.

Selanjutnya, di babak kedua ini, Leverkusen lebih menguasai pertandingan dan melancarkan berbagai serangan ke kotak penalti Dortmund. Pada menit ke-66, Seoane memasukan Serdar Azmoun menggantikan Kerem Demirbay yang ditarik keluar. Striker timnas Iran menjadi penyerang kedua yang dimasukan Leverkusen di babak kedua ini.

Namun tampaknya, serangan dan dominasi mereka masih gagal menembus lini pertahanan Dortmund yang cukup kokoh di pertandingan ini. Sebaliknya, Dortmund beberapa kali melancarkan serangan balik yang cukup efektif dan membahayakan Leverkusen.

Pada menit ke-95, kiper Leverkusen yaitu Hradecky diganjar kartu merah karena ketahuan menangkap bola di luar kotak penalti, setelah wasit melakukan pengecekan di VAR. Reus yang menjadi eksekutor tendangan bebas hasil dari pelanggaran Hradecky tersebut gagal menceploskan bola setelah tendanganya melambung ke atas gawang.

Skor 1-0 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Dengan kemenangan ini, Borussia Dortmund untuk sementara duduk di peringkat ke-6. Sementara Bayer Leverkusen merosot ke peringkat 14 klasemen.

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Cuplikan Pertandingan Borussia Dortmund – Bayer 04 Leverkusen

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *