Man United vs Liverpool 2-1: Taktik Jenius Ten Hag Beri Kemenangan Perdana untuk Setan Merah

Man United vs Liverpool 2-1: Taktik Jenius Ten Hag Beri Kemenangan Perdana untuk Setan Merah
Rashford Merayakan Golnya ke Gawang Liverpool Bersama dengan Bruno Fernandes (Sumber : footballtoday.com)

Pada pertandingan big match antara Man United melawan Liverpool yang berlangsung di Old Trafford pada hari Senin (23/8/2022), tuan rumah berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1.

Kedua gol MU dicetak oleh duo pemain timnas Inggris yaitu Jadon Sancho dan Marcus Rashford, sedangkan gol Liverpool dicetak oleh Mo Salah.

Kemenangan ini tentu saja menjadi hadiah awal Ten Hag untuk MU sekaligus memberikan kembali angin harapan setelah di dua laga awal sebelumnya, MU menelan dua kekalahan beruntun melawan Brighton dengan skor 1-2 dan Brentford dengan skor 0-4.

Sebaliknya, kekalahan ini membuat Liverpool kembali mengulangi catatan buruk seperti musim 2012/13 setelah mereka gagal meraih kemenangan dalam tiga laga awal liga Inggris. Pada dua laga sebelumnya, Liverpool ditahan imbang Fulham 2-2 dan Crystal Palace dengan skor 1-1.

Bacaan Lainnya

Formasi Awal

Pada pertandingan ini, Ten Hag menerapkan formasi 4-2-3-1 dan melakukan perubahan pada starting line-up yang berbeda dari pekan sebelumnya.

Di lini pertahanan, Ten Hag memainkan rekrutan baru MU, Tyrell Malacia untuk mengisi posisi bek kiri menggantikan Luke Shaw yang dicadangkan. Selain itu, Raphael Varane juga diturunkan untuk pertama kalinya dan diduetkan dengan Lisandro Martinez sebagai bek tengah, lalu Diogo Dalot tetap bermain di posisi bek kanan.

Sang kapten, Harry Maguire dicadangkan oleh Erik Ten Hag di pertandingan ini imbas dari penampilan buruknya ketika kalah 0-4 dari Brentford pekan lalu.

Di lini tengah, Ten Hag memasang duet McTominay dan Eriksen. Lalu di lini depan, Anthony Elanga diturunkan menjadi starting line-up di posisi winger kiri dan akan bekerja sama dengan Bruno Fernandes yang bermain sebagai playmaker dan Jadon Sancho di posisi winger kanan.

Marcus Rashford dimainkan sebagai striker utama menggantikan Cristiano Ronaldo yang duduk di bangku cadangan.

Liverpool yang musim lalu berhasil menang telak dengan skor 5-0 di Old Trafford, bertekad untuk meraih kembali kemenangan di Old Trafford untuk tiga musim secara beruntun. Dua musim sebelumnya, Liverpool juga menang 4-2 atas MU di Old Trafford.

Baca juga:  Untuk Ukuran Guru Olahraga, Solskjaer adalah Guru yang Cerdas

Meskipun kehilangan Darwin Nunez yang menerima kartu merah dalam pertandingan melawan Crystal Palace pekan lalu, Jurgen Klopp tetap menurunkan skuad terbaiknya. Di lini depan, Klopp memainkan Luis Diaz untuk menggantikan posisi Darwin Nunez.

Striker timnas Kolombia tersebut dipasangkan dengan Mo Salah dan Firmino sebagai trio lini depan untuk mendobrak pertahanan MU. Mo Salah sendiri berhasil mencetak hattrick dalam kemenangan di Old Trafford pada musim lalu.

Di lini tengah, Klopp memainkan trio Milner-Henderson-Elliott. Lalu di lini pertahanan, Virgil Van Dijk dan Joe Gomez diduetkan sebagai bek tengah dengan dukungan Andrew Robertson dan Trent Alexander-Arnold di posisi bek kiri dan kanan. Klopp menerapkan formasi 4-3-3.

Babak Pertama

Sebelum pertandingan dimulai, rekrutan baru MU dari Real Madrid yaitu Casemiro masuk ke lapangan Old Trafford untuk acara kedatangan dan sambutan kepada pemain timnas Brazil tersebut. Casemiro sendiri resmi bergabung ke MU pada hari Jumat (19/8/2022).

Keputusan Ten Hag untuk memainkan Elanga pada starting line-up tampaknya menjadi keputusan tepat. Pada menit ke-10, striker muda timnas Swedia tersebut nyaris mencetak gol setelah menerima umpan Bruno Fernandes. Akan tetapi, tendanganya membentur mistar pojok kiri gawang Liverpool.

Enam menit kemudian, Elanga memberikan umpan silang dari sisi sayap kiri kepada Sancho yang berada di kotak penalti Liverpool. Setelah berhasil mengelabui James Milner, Sancho kemudian mencetak gol melalui tendangan ke pojok kanan gawang Liverpool tanpa bisa ditepis Alisson.

Tertinggal 0-1 membuat Liverpool segera melakukan respon. Semenit kemudian, Luis Diaz menciptakan peluang setelah melakukan kerjasama satu dua sentuhan dengan Harvey Elliott. Akan tetapi, tendanganya melenceng ke sisi kiri gawang MU yang dikawal De Gea.

Pada menit ke-24, gelandang MU yaitu Christian Eriksen melakukan eksekusi tendangan bebas dari sisi kanan luar kotak penalti Liverpool. Namun, Alisson dengan sigap menepis tendangan melengkung pemain timnas Denmark tersebut.

Pada menit ke-40, sempat terjadi suatu peristiwa “mencengangkan” ketika Bruno Fernandes tiba-tiba menendang bola ke arah gawang klubnya sendiri dalam situasi sepak pojok. Beruntung, Lisandro Martinez yang berdiri di depan gawang MU berhasil menggagalkan “peluang” Bruno Fernandes tersebut.

Baca juga:  Bruno Fernandes Hattrick, MU Menang Telak atas Leeds United

Skor 1-0 untuk keunggulan MU bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Sebelum babak kedua dimulai, Ten Hag melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Elanga dan memasukan Anthony Martial ke lapangan.

Keputusan Ten Hag ini mungkin cukup mengejutkan bagi seluruh fans MU mengingat Elanga tampil sangat baik dalam babak pertama, dimana dia berhasil menciptakan satu peluang emas dan satu assist untuk gol Jadon Sancho.

Akan tetapi, sepertinya intuisi Ten Hag di pertandingan ini sangatlah kuat. Pada menit ke-53, Anthony Martial yang baru bermain selama enam menit berhasil mencetak assist untuk gol kedua MU.

Berawal dari kesalahan Jordan Henderson dalam memberikan umpan, Martial berhasil merebut bola dan melakukan aksi individu dengan berlari membawa bola dari lini tengah setelah mengecoh Virgin Van Dijk dan juga Henderson.

Kemudian, striker timnas Prancis tersebut melepaskan umpan terobosan kepada Rashford yang berlari ke kotak penalti Liverpool. Dengan tenang, Rashford melepaskan tendangan melewati Alisson untuk mencetak gol kedua MU.

Wasit sempat melakukan pengecekan di VAR untuk memastikan apakah gol tersebut offside atau tidak. Akan tetapi, gol tersebut akhirnya tetap sah karena Rashford berada dalam posisi on-side.

Gol tersebut menjadi gol ke-5 Rashford yang dicetaknya ke gawang Liverpool sepanjang karirnya.

Dua menit kemudian, Rashford kembali menciptakan peluang untuk menambah gol setelah menerima umpan Raphael Varane dalam situasi sepak pojok. Akan tetapi, Alisson dengan gemilang menepis tendangan pemain timnas Inggris tersebut.

Tertinggal 0-2 membuat Klopp menerapkan taktik baru untuk menekan lini pertahanan MU. Hasilnya, Liverpool menjadi cukup dominan dalam mengatur tempo permainan dan melancarkan aliran bola antar lini.

Pada menit ke-66, Fabinho yang baru masuk menggantikan Jordan Henderson melepaskan sundulan setelah menerima umpan sepak pojok dari sisi kiri. Akan tetapi, sundulan pemain timnas Brazil tersebut berhasil ditangkap oleh De Gea.

Lini pertahanan MU yang dikawal oleh Raphael Varane dan Lisandro Martinez tampak cukup solid di pertandingan ini. Kedua bek tengah tersebut berhasil menangkis serangan bertubi-tubi Liverpool dari sektor sayap serta mampu menutup pergerakan dari Mo Salah, Firmino, dan Diaz.

Baca juga:  Southampton vs Man United 0-1: Gol Bruno Fernandes Beri Kemenangan Kedua Beruntun Setan Merah

Terus ditekan oleh Liverpool membuat Ten Hag melakukan pergantian di menit ke-71 dengan menarik keluar Jadon Sancho dan memasukan Fred untuk membantu memperkuat lini pertahanan MU.

Dua menit kemudian, giliran Liverpool yang melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar James Milner dan memasukan Fabio Carvalho untuk menambah daya kreasi serangan The Reds.

Rashford tampil sangat luar biasa di pertandingan ini. Pada menit ke-75, dia kembali menciptakan peluang setelah melakukan aksi individu dari sayap kiri. Akan tetapi, tendanganya melambung tipis ke atas gawang Alisson.

Pada menit ke-81, Liverpool akhirnya berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 melalui gol Mo Salah. Striker timnas Mesir tersebut mencetak gol melalui sundulan setelah memanfaatkan bola mentah hasil tepisan De Gea dalam situasi sepak pojok.

Gol tersebut menjadi gol ke-120 Mo Salah di liga Inggris bersama Liverpool, dan juga gol ke-8 yang dicetaknya ke gawang MU sepanjang karirnya.

Pada menit ke-86, Ten Hag memasukan Ronaldo untuk menggantikan Marcus Rashford. Selain itu, Wan-Bissaka juga dimasukan ke lapangan dengan menggantikan Diogo Dalot untuk memperkuat lini pertahanan MU yang terus menerus diserang oleh Liverpool.

Skor 2-1 untuk kemenangan perdana Ten Hag bersama MU bertahan hingga akhir pertandingan.

Berdasarkan statistik akhir, MU rupanya hanya mampu menguasai 29% ball possession, akan tetapi berhasil melepaskan total 12 tembakan dimana 4 tembakan mengarah on-target. Sedangkan Liverpool mampu menguasai 71% ball possession dan melepaskan total 17 tembakan dimana 5 tembakan mengarah on-target.

Meski kalah telak secara ball possession, ini menjadi pembuktian bahwa Ten Hag berhasil menerapkan taktik yang sangat efektif dan langsung mengenai “kepala target”. Kemenangan ini juga tak lepas dari penampilan gemilang dua bek tengah MU yaitu Raphael Varane dan Lisandro Martinez.

Kemenangan ini membuat MU duduk di peringkat ke-14 klasemen sementara dengan perolehan 3 poin sedangkan Liverpool duduk di peringkat ke-16 klasemen sementara dengan perolehan 2 poin.

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *