Man City vs Nottingham Forest 6-0: Haaland Kembali Cetak Hattrick di Etihad

Man City vs Nottingham Forest 6-0: Haaland Kembali Mencetak Hattrick di Etihad
Selebrasi Erling Haaland Setelah Mencetak Hattrick ke Gawang Nottingham Forest di Etihad Stadium (1/9/2022) (Sumber : 90min.com)

Man City kembali melanjutkan catatan fenomenalnya dengan mengalahkan tim promosi, Nottingham Forest dengan skor 6-0 di Etihad Stadium, Manchester, Inggris pada pertandingan pekan kelima Premier League, Kamis (1/9/2022).

Erling Haaland kembali mencetak hattrick di pertandingan ini sekaligus menjadi yang kedua secara beruntun. Pekan lalu, striker timnas Norwegia tersebut mencetak hattrick ke gawang Crystal Palace dalam kemenangan City dengan skor 4-2 di Etihad.

Hattrick tersebut membuat Haaland telah berhasil mencetak 9 gol dari lima pertandingan liga Inggris di musim pertamanya bersama The Citizen.

Catatan tersebut mengalahkan Aguero yang mencetak 8 gol dari lima pertandingan awal liga Inggris pada musim 2011/12 yang juga merupakan musim pertamanya.

Bacaan Lainnya

Sebaliknya, kekalahan ini menjadi yang ketiga di musim ini untuk Nottingham Forest. Pekan lalu, tim asuhan Steve Cooper tersebut dikalahkan Tottenham di markas sendiri dengan skor 0-2.

Hingga pekan kelima, Forest baru meraih 4 poin dengan satu kemenangan, satu hasil imbang, dan tiga kekalahan.

Tentu saja ini menjadi hasil yang tidak diharapkan untuk Nottingham Forest mengingat mereka telah merekrut 20 pemain baru di musim ini.

Bahkan, klub yang pernah meraih dua trofi liga Champions tersebut berhasil mendatangkan deretan pemain berkualitas seperti duo Man United yaitu Dean Henderson dan Jesse Lingard, gelandang Atalanta yaitu Remo Freuler, mantan pemain West Ham yaitu Cheikhou Kouyate hingga terakhir adalah Renan Lodi, bek kiri yang dipinjamkan dari Atletico Madrid.

Formasi Awal

Dengan menggunakan formasi andalanya yaitu 4-3-3, Pep Guardiola membuat dua perubahan pada susunan starting line-up dibandingkan pekan lalu.

Baca juga:  Manchester United Kejar Target, Pulisic Siap Digaet

Gundogan kembali menjadi starter di lini tengah untuk menggantikan De Bruyne yang secara mengejutkan dicadangkan di pertandingan ini.

Kemudian, Guardiola memasang Julian Alvarez di lini depan pada posisi winger kanan sekaligus menjadi starter pertama untuk pemain timnas Argentina tersebut sejak kedatanganya ke Man City musim ini.

Alvarez akan bekerjasama dengan Foden dan Haaland di lini depan untuk mendobrak pertahanan Nottingham Forest.

Pelatih Nottingham Forest, Steve Cooper menerapkan formasi 3-5-2 dan melakukan tiga perubahan pada susunan starting line-up dibandingkan pekan lalu.

Renan Lodi menjadi starter di posisi bek kiri menggantikan Harry Toffolo. Kemudian, Cheikhou Kouyate dimainkan sebagai bek tengah mendampingi Scott McKenna dan Joe Worrall sebagai trio lini belakang.

Di lini tengah, Remo Freuler menjadi starter mendampingi Lewis O’Brien dan Ryan Yates. Di lini depan, Jesse Lingard dicadangkan untuk digantikan oleh Gibbs-White yang berduet dengan Brennan Johnson.

Babak Pertama

Kehadiran deretan pemain baru pada susunan starting line-up nyatanya sama sekali tidak menolong Nottingham Forest untuk bisa mengimbangi tuan rumah yang jauh lebih unggul secara kualitas.

Pada menit ke-12, Haaland berhasil mencetak gol untuk keunggulan City. Berawal dari situasi sepak pojok, Gundogan mengoper bola kepada Foden yang berada di sisi kiri luar kotak penalti.

Kemudian, pemain timnas Inggris tersebut melepaskan umpan lambung ke kotak penalti Forest yang segera disambut tendangan Haaland ke gawang dan membuat skor menjadi 1-0.

Sebelas menit kemudian, City berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 setelah memanfaatkan kesalahan kiper Forest, Dean Henderson yang gagal menendang bola dengan sempurna.

Bola kemudian mendarat kepada Bernardo Silva yang segera melakukan operan tiki-taka dengan Gundogan dan Alvarez sebelum bola mencapai Foden yang berada di dalam kotak penalti.

Baca juga:  Selamat Datang Gelaran Euro 2020 di Tahun 2021

Bek Forest sempat berhasil memblok bola, akan tetapi malah mengarah kepada Haaland yang berdiri di depan gawang dan segera melepaskan tendangan masuk ke gawang Henderson.

City sempat berhasil mencetak gol di menit ke-29. Akan tetapi, John Stones yang berhasil menyundul bola masuk ke gawang Forest sudah berada dalam posisi offside.

Haaland akhirnya berhasil mencetak hattrick di pertandingan ini setelah menerima umpan sundulan John Stones di dalam kotak penalti Forest. Haaland mencetak gol ketiganya tersebut dengan sundulan ke gawang Henderson.

Sama seperti gol pertama, proses terciptanya gol ini juga terjadi melalui skema tendangan sepak pojok. Gol tersebut menjadi gol ke-9 Haaland di liga Inggris musim ini.

Skor 3-0 untuk keunggulan tuan rumah bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Baru lima menit babak kedua berjalan, City berhasil memperbesar keunggulan menjadi 4-0 melalui gol Joao Cancelo.

Menerima umpan Bernardo Silva dari sisi kanan, pemain yang berposisi sebagai bek kiri tersebut melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti ke sisi pojok kanan gawang tanpa bisa ditepis oleh Henderson.

City benar-benar tidak memberikan kesempatan kepada tim tamu untuk melakukan serangan. Dominasi permainan tuan rumah tampak begitu nyata di pertandingan ini.

Pada menit ke-65, Striker City, Julian Alvarez berhasil membuat skor menjadi 5-0 setelah menerima umpan terobosan dari Mahrez yang sempat mengontrol bola dengan cara yang cukup menarik. Gol tersebut menjadi yang pertama untuk pemain timnas Argentina tersebut di liga Inggris.

City berhasil membuat skor menjadi 6-0 setelah Alvarez berhasil mencetak gol keduanya di pertandingan ini pada menit ke-87.

Berawal dari situasi tendangan bebas tim tamu yang berhasil dimentahkan barisan pagar pemain City, kemudian De Bruyne yang menggantikan Haaland berhasil merebut bola dari lawan dan berlari membawa bola ke area pertahanan Nottingham Forest.

Baca juga:  Kontradiksi Nasib Haaland dan Nunez

De Bruyne kemudian memberikan bola kepada Riyad Mahrez yang berada di sisi kiri kotak penalti lawan dan segera melepaskan tendangan.

Tendangan Mahrez berhasil diblok pemain belakang Forest, akan tetapi bola memantul kepada Alvarez yang segera melepaskan tendangan ke dalam gawang Henderson.

Gol tersebut menjadi penutup dari pesta gol di Etihad. Skor 6-0 untuk kemenangan Man City bertahan hingga berakhirnya pertandingan.

Berdasarkan statistik akhir, tuan rumah Man City mampu menguasai 75% ball possession dan melepaskan 17 tembakan dimana 9 tembakan mengarah on-target.

Sedangkan, Nottingham Forest hanya mampu menguasai 25% ball possession dan melepaskan 8 tembakan dimana hanya 1 tembakan yang mengarah on-target.

Kemenangan telak ini membuat City duduk di peringkat ke-2 dengan perolehan 13 poin dan terus menempel ketat Arsenal yang duduk di puncak klasemen sementara.

Sebaliknya, kekalahan ini membuat duduk di peringkat ke-15 klasemen sementara dengan baru memperoleh 4 poin.

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *