Man City vs Man United 6-3: Hattrick Foden dan Haaland Hancurkan Setan Merah

Man City vs Man United 6-3: Hattrick Foden dan Haaland Hancurkan Setan Merah
Striker Man City, Erling Haaland Merayakan Hattrick ke Gawang Man United Bersama dengan Rekan Setimnya, Phil Foden dan Sergio Gomez dalam Derbi Manchester di Etihad Stadium (2/10/2022) (Sumber : sportbible.com)

Man City berhasil memenangi derbi Manchester dengan skor telak 6-3 melawan Man United pada pertandingan lanjutan liga Inggris di Etihad Stadium, Minggu (2/10/2022).

Untuk pertama kalinya sejak tahun 2011, Man United harus kalah dari Man City dengan kebobolan enam gol.

Pada musim 2011/12, Man United yang saat itu dilatih Sir Alex Ferguson dihancurkan Man City di Old Trafford dengan skor 1-6.

Laga derbi Manchester yang berlangsung tadi malam juga menjadi reuni antara Pep Guardiola dan Erik Ten Hag.

Bacaan Lainnya

Keduanya pernah menjalani kerjasama di Bayern Munchen ketika Guardiola menjadi pelatih tim utama sedangkan Ten Hag berperan sebagai pelatih tim junior. Tak heran, jika keduanya dianggap memiliki persamaan, entah dari penampilan fisik ataupun filosofi kepelatihanya.

Meski demikian, Guardiola mampu membuktikan bahwa dirinya masih menjadi yang terbaik dibandingkan Ten Hag.

Babak Pertama

Man City yang bermain sebagai tuan rumah dan didukung oleh puluhan ribu suporternya langsung mengurung lini pertahanan tim tamu.

Hasilnya, tuan rumah berhasil membuka keunggulan di menit ke-8 melalui Phil Foden setelah menerima umpan silang Bernardo Silva dari sisi sayap kiri.

Bek Man United, Raphael Varane gagal menutup pergerakan Foden yang berdiri bebas tanpa pengawalan di depan gawang De Gea.

Setelah itu, Man City terus mendominasi pertandingan dengan permainan tiki-taka yang berhasil membuat tim tamu kesulitan mendapatkan bola.

Pada menit ke-33, Haaland berhasil mencetak gol melalui sundulan setelah memanfaatkan sepak pojok De Bruyne dari sisi kiri.

Baca juga:  Frank Lampard Dipecat, Resiko Kerasnya Persaingan Liga Inggris

Sundulan Haaland sebenarnya sempat dihalau bek kiri Man United yaitu Tyrell Malacia, akan tetapi wasit mengesahkan gol tersebut setelah bola terbukti melewati garis gawang.

Empat menit berselang, Haaland kembali mencetak gol untuk memperbesar skor menjadi 3-0. De Bruyne kembali menjadi aktor penting dengan assist berupa umpan lambung terobosan.

Sama seperi gol pertama, Raphael Varane kembali gagal menutup pergerakan Haaland yang berada di sisi kiri depan gawang De Gea.

Pada menit ke-44, tuan rumah berhasil unggul dengan skor 4-0 ! Lewat skema serangan balik yang cepat, De Bruyne memberikan bola kepada Haaland yang berada di sisi kiri pertahanan Man United.

Striker timnas Norwegia tersebut kemudian memberikan umpan silang kepada Foden yang berlari ke depan gawang tim tamu.

Kendati ditempel ketat oleh Malacia, Foden nyatanya tetap berhasil melesakan gol keduanya ke gawang De Gea yang seperti tidak berdaya di pertandingan ini.

Skor 4-0 untuk keunggulan tuan rumah bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Sepuluh menit setelah babak kedua dimulai, Man United berhasil memperkecil kedudukan melalui Antony.

Winger asal Brazil tersebut mencetak gol cantik dengan tendangan dari luar kotak penalti ke pojok kiri gawang Man City yang gagal ditepis Ederson.

Gol tersebut menjadi yang kedua untuk Antony di liga Inggris musim ini.

Pada menit ke-64, Haaland berhasil mencetak hattrick untuk memperbesar skor menjadi 5-1 setelah menerima umpan silang pemain pengganti, Sergio Gomez dari sisi sayap kiri.

Gol tersebut menjadi yang ke-14 bagi Haaland sekaligus hattrick ketiganya di liga Inggris musim ini.

Sembilan menit berselang, giliran Haaland yang membantu Foden untuk juga mencetak hattrick di laga ini melalui umpan terobosan.

Baca juga:  Ben Davies Calon Bek Masa Depan Inggris

Pemain Man United sempat mengangkat tangan sebagai bentuk protes kalau Foden berada dalam posisi offside, akan tetapi gol tersebut tetaplah sah karena nyatanya dia berada di posisi onside.

Skor menjadi 6-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Man United yang tertinggal lima gol akhirnya kembali berhasil memperkecil kedudukan di menit ke-84 lewat striker pengganti, Anthony Martial melalui sundulan dengan memanfaatkan bola mentah hasil tepisan Ederson yang menggagalkan peluang Fred.

Pada babak injury time tepatnya di menit ke-90+1, wasit memberikan hadiah penalti kepada tim tamu setelah Martial dijatuhkan Cancelo di kotak terlarang.

Martial yang menjadi eksekutor berhasil menjalankan tugasnya melalui tendangan ke pojok kanan gawang kendati sudah terbaca Ederson.

Skor 6-3 untuk kemenangan Man City bertahan hingga pertandingan berakhir.

Hasil ini membawa Man City duduk di peringkat kedua dengan perolehan 20 poin serta menempel ketat Arsenal yang berada di puncak klasemen.

Sedangkan, kekalahan ini membuat Man United turun ke peringkat 6 dengan perolehan 12 poin. Artinya, tim asuhan Ten Hag tersebut sudah menelan tiga kekalahan dari tujuh laga yang sudah dilakoni.

Man City (4-3-3) : Ederson (GK), Cancelo (LB), Ake (CB), Akanji (CB), Walker (RB), Bernardo (CM), Gundogan (DM), De Bruyne (CM), Grealish (LW), Haaland (CF), Foden (RW).

Subs : Laporte, Alvarez, Gomez, Mahrez, Palmer

Man United (4-2-3-1) : De Gea (GK), Malacia (LB), Lisandro (CB), Varane (CB), Dalot (RB), Eriksen (CM), McTominay (CM), Sancho (LW), B.Fernandes (AM), Antony (RW), Rashford (CF).

Subs : Lindelof, Martial, Fred, Casemiro, Shaw

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Baca juga:  Manchester United Kalah Beruntun, Isyaratkan Skuad dalam Bahaya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *