Man City vs Crystal Palace 4-2: Hattrick Haaland Ciptakan Comeback Fenomenal The Citizen

Man City vs Crystal Palace 4-2: Hattrick Haaland Ciptakan Comeback Fenomenal The Citizen
Erling Haaland Berselebrasi Setelah Mencetak Gol ke Gawang Crystal Palace di Etihad Stadium (27/8/2022) (Sumber : sportsbrief.com)

Man City berhasil menang 4-2 atas Crystal Palace di Etihad Stadium pada pertandingan pekan ke-4 liga Inggris, Sabtu (27/8/2022).

Sempat tertinggal 1-2 di babak pertama dari tim tamu, The Citizen berhasil melakukan comeback fenomenal dengan skor kemenangan 4-2 melalui hattrick Erling Haaland dan satu gol dari Bernardo Silva di babak kedua.

Kemenangan ini membuat Man City melanjutkan hasil positif dengan belum terkalahkan dalam empat pertandingan awal liga Inggris. Sedangkan, Crystal Palace harus menelan kekalahan keduanya dalam empat pertandingan awal liga Inggris.

Pekan lalu, Man City ditahan imbang dengan skor 3-3 di markas Newcastle, sedangkan Crystal Palace berhasil mengalahkan Aston Villa dengan skor 3-1 di markas sendiri.

Bacaan Lainnya

Formasi Awal

Guardiola menerapkan formasi 4-3-3 dan membuat dua perubahan pada starting line-up. Ilkay Gundogan dan Nathan Ake tidak dimainkan di pertandingan ini dimana posisi mereka kemudian digantikan oleh Ruben Dias dan Riyad Mahrez.

Pelatih Crystal Palace, Patrick Vieira menerapkan formasi 3-4-2-1. Di pertandingan ini, striker andalanya yaitu Wilfried Zaha harus absen di pertandingan ini. Sehingga Jordan Ayew dan Odsonne Édouard kemudian diandalkan di lini depan untuk mendobrak pertahanan Man City.

Musim lalu, Patrick Vieira mampu membawa tim asuhanya meraih kemenangan dengan skor 2-0 di Etihad Stadium. Tak heran, jika mantan legenda Arsenal tersebut ingin mengulangi hasil manis yang sama.

Babak Pertama

Baru empat menit babak pertama berjalan, Crystal Palace berhasil mengejutkan tuan rumah setelah berhasil mencetak keunggulan 1-0.

Baca juga:  Liga Primer Bergulir, Siapa Juara Berikutnya?

Berawal dari eksekusi tendangan bebas Eberechi Eze dari sisi kanan, bek Man City yaitu John Stones yang melakukan marking tiba-tiba tanpa sengaja menendang bola masuk ke gawang City yang dikawal Ederson.

Para pemain Man City sempat mengangkat tangan sebagai tanda protes karena ada dugaan suatu tindakan pelanggaran dari pemain Crystal Palace, akan tetapi gol tersebut tetap sah.

Setelah itu, Man City mencoba untuk menyamakan kedudukan dengan mengurung lini pertahanan Crystal Palace. Akan tetapi, taktik Crystal Palace yang cukup defensif berhasil mempersulit lini serang Man City untuk mencetak gol.

Crsytal Palace tampaknya mengadalkan servis bola mati seperti tendangan bebas dan sepak pojok untuk mencetak gol ke gawang tim tuan rumah.

Pada menit ke-21, Eberechi Eze kembali menjadi aktor dibalik terciptanya gol Crystal Palace setelah tendangan sepak pojoknya dari sisi kanan berhasil disundul Joachim Andersen yang lepas dari pengawalan Haaland untuk mencetak gol dan menjadikan skor 2-0 untuk keunggulan Crystal Palace.

Keunggulan 2-0 tersebut tampaknya membuat publik yakin bahwa Crystal Palace akan mengulangi hasil kemenangan di Etihad Stadium.

Dua menit kemudian, Haaland nyaris mencetak gol untuk City setelah menerima umpan terobosan Phil Foden. Akan tetapi, tendanganya dari sudut sempit melenceng tipis ke sisi kanan gawang Crystal Palace yang dikawal Vicente Guaita.

Pada menit ke-27, Crystal Palace menciptakan peluang melalui tendangan Cheick Doucouré dari luar kotak penalti. Namun, Ederson berhasil menangkap bola tersebut.

City terus mendominasi pertandingan dan melancarkan berbagai skema serangan ke lini pertahanan Crystal Palace yang dikawal oleh trio Guehi-Andersen-Ward yang bermain sebagai bek tengah.

Pada menit ke-38, Phil Foden menciptakan peluang emas dengan sundulan di depan gawang Crystal Palace setelah menerima umpan lambung Bernardo Silva dari sisi sayap kanan. Namun, sundulan pemain timnas Inggris tersebut malah melambung keatas gawang.

Baca juga:  Krisis Graham Potter Bersama Chelsea Terus Berlanjut

Skor 2-0 untuk keunggulan Crystal Palace bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Tertinggal 0-2 membuat Man City langsung melakukan berbagai skema serangan ke lini pertahanan Crystal Palace.

Pada menit ke-53, Bernardo Silva berhasil memperkecil ketertinggalan City menjadi 1-2. Setelah menerima umpan lambung Rodri dari lini tengah, Bernardo Silva kemudian melakukan aksi individu dengan membawa bola dari sisi sayap kanan menuju ke tengah kotak penalti Crystal Palace.

Meskipun dijaga ketat oleh Tyrick Mitchell, gelandang timnas Portugal tersebut berhasil mencetak gol dengan tendangan mendatar ke pojok kiri gawang yang gagal ditepis Guaita. Gol tersebut menjadi gol ke-31 Bernardo Silva bersama Man City selama berkarir di liga Inggris.

Pada menit ke-61, Guardiola melakukan dua pergantian pemain dengan memasukan İlkay Gündoğan dan Julian Alvarez serta menarik keluar Joao Cancelo dan Riyad Mahrez.

Semenit setelah dua pemain baru tersebut masuk, City berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2! Berawal dari umpan lambung De Bruyne ke kotak penalti lawan, barisan bek Crystal Palace berhasil menghalau bola.

Namun, bola tersebut mendarat di kaki Foden yang berada di sisi kiri dan segera melepaskan umpan lambung ke kotak penalti Crystal Palace. Haaland yang lepas dari pengawalan bek Crystal Palace, Marc Guehi berhasil menyundul bola masuk ke gawang dan mencetak gol penyama kedudukan.

Gol Haaland tersebut benar-benar membangkitkan semangat The Citizen untuk mengembalikan kedudukan dan merubah skor.

Pada menit ke-70, City berhasil unggul 3-2 ! Berawal dari situasi sepak pojok, Bernardo Silva membawa bola masuk ke sisi kiri kotak penalti Crystal Palace dan kemudian melakukan satu dua sentuhan dengan Julian Alvarez yang mengumpan bola kembali kepada pemain timnas Portugal.

Baca juga:  Liverpool Mulai Bangkit?

Kemudian, Bernardo Silva memberikan umpan kepada John Stones yang berada di depan gawang Crystal Palace dan segera mengumpanya lagi kepada Haaland yang berdiri di sisi kanan gawang lawan.

Striker timnas Norwegia tersebut segera menendang bola masuk ke gawang Crystal Palace sekaligus mencetak gol keduanya di pertandingan ini.

Haaland akhirnya berhasil mencetak hattrick perdana untuk Man City dengan golnya di menit ke-81.

Berawal dari skema serangan balik yang cepat, İlkay Gündoğan membawa bola ke tengah lapangan dan segera melepaskan umpan terobosan kepada Haaland yang berlari ke kotak penalti Crystal Palace.

Meskipun ditempel ketat oleh bek Crystal Palace yaitu Joel Ward, Haaland mampu melepaskan tendangan yang menembus gawang Guaita dan membuat skor menjadi 4-2. Gol tersebut menjadi gol ke-6 Haaland di liga Inggris musim ini.

Hattrick Haaland yang membuat skor menjadi 4-2 untuk kemenangan dan comeback fenomenal City bertahan hingga akhir pertandingan.

Highlight Man City vs Crystal Palace

Berdasarkan statistik akhir, Man City mampu menguasai 75% ball possession dan melepaskan 18 tembakan dimana 5 tembakan mengarah on-target. Sedangkan, Crystal Palace hanya mampu menguasai 25% ball possession dan melepaskan 2 tembakan yang keduanya mengarah on-target.

Bernardo Silva dan Haaland tampaknya menjadi aktor comeback fenomenal Man City di pertandingan ini.

Kemenangan ini membuat Man City duduk di peringkat ke-2 klasemen sementara dibelakang Arsenal dengan perolehan 10 poin, sedangkan Crystal Palace duduk di peringkat ke-13 klasemen sementara liga Inggris.

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *