Macam-Macam Olahraga Untuk Melatih Kelenturan Tubuh

Unrecognizable blonde woman in sportswear stretching body on fitness mat at public park, front view of athletic young lady exercising open-air, doing yoga, copy space

Ditengah kesibukan harian yang terasa amat melelahkan, pastinya tubuh membutuhkan suntikan daya untuk mencapai tingkat kebugaran yang optimal. Selain menjalani itirahat yang cukup dan juga mengkonsumsi makan-makanan yang sehat, olahraga juga menjadi hal yang harus rutin untuk dilakukan.

Selain memiliki fungsi untuk membantu menjaga kondisi tubuh agar tetap prima, olahraga juga banyak difungsikan sebagai sarana untuk melatih kekuatan otot, menghilangkan stress, meningkatkan fungsi otak dan masih banyak lagi.

Salah satu jenis olahraga yang mungkin dibutuhkan oleh orang-orang yang setiap hari disibukan dengan urusan pekerjaan adalah latihan kelenturan tubuh (fleksibilitas) . Sendi-sendi dan otot yang terasa kaku dan juga beban pekerjaan yang membuat otak menjadi stress, setidaknya dapat terkurangi dengan melakukan latihan fleksibilatas.

Apa yang Dimaksud dengan Latihan Kelenturan Tubuh?

Latihan kelenturan adalah serangkaian gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan rentang gerak tubuh dan fleksibilitas otot. Layaknya pemanasan, latihan kelenturan dapat membantu melonggarkan otot yang tegang dan menambah fleksibilitas sehingga mengurangi risiko cedera ketika melakukan aktivitas fisik.

Dalam latihan kelenturan, tubuh perlu digerakkan secara perlahan dan dengan intensitas yang bertahap untuk membiasakan tubuh dengan gerakan tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko cedera saat melakukan latihan dan membantu tubuh untuk beradaptasi dengan gerakan yang lebih rumit.

Latihan kelenturan tubuh juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otot, sehingga dapat membantu mengurangi kekakuan otot dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, latihan ini dapat dilakukan sebelum dan sesudah olahraga untuk membantu meningkatkan kinerja dan meminimalisir risiko cedera.

Ingatlah bahwa latihan kelenturan perlu dilakukan secara teratur dan konsisten untuk mencapai hasil yang optimal. Selalu mulai dengan gerakan yang ringan dan mudah diikuti, kemudian perlahan-lahan meningkatkan intensitasnya. Jangan lupa untuk ‘mendengarkan’ tubuh kamu dan jangan memaksa diri terlalu keras, karena latihan kelenturan yang berlebihan juga dapat berbahaya dan merugikan.

Macam-macam olahraga untuk melatih kelenturan tubuh

Olahraga melatih kelenturan tubuh (fleksibilitas), merupakan jenis olahraga yang dapat memperpanjang jangkauan tendon, sehingga otot menjadi semakin lentur, dan latihan kekuatan otot juga semakin maksimal. Dengan adanya peningkatan kelenturan pada sendi dan otot setalah melakukan latihan kelenturan tubuh, tingkat kebugaran tubuh pun juga akan menjadi semakin meningkat. 

Baca juga:  Asal Usul Penghargaan Gol Terbaik, Puskas Award

Berikut ini ada bebera jenis olahraga latihan fleksibilitas yang dapat memantu melatih kelenturan tubuh:

1. Yoga

Olahraga Untuk Melatih Kelenturan Tubuh

Yoga menjadi  rekomendasi olahraga pertama yang wajib dicoba bagi kamu yang ingin meningkatkan kelenturan tubuh. Ketika seseorang melakukan yoga, gerakan-gerakan atau pose yang dilakukan mampu menggerakkan tubuh kita dalam berbagai arah dan posisi yang berbeda, sehingga secara langsung akan membuat  banyak otot-otot yang ada di dalam tubuh akan bergerak lebih aktif.

Beberapa pose yoga seperti forward fold (melipat tubuh ke depan), downward dog (pose anjing dengan kepala ke bawah), dan child’s pose (pose balita) dapat membantu meregangkan otot-otot kaki, punggung, dan bahu. Selain itu, pose seperti butterfly pose (pose kupu-kupu) dan cow face pose (pose kepala sapi) juga dapat membantu meregangkan otot-otot panggul dan paha.

2. Pilates

Olahraga Untuk Melatih Kelenturan Tubuh

Pilates merupakan salah satu jenis olahraga untuk kelenturan yang berfokus dalam melatih otot-otot inti di dalam tubuh seperti otot-otot pada bagian perut, pinggang, dan panggul. Melakukan gerakan pilates secara berulang-ulang dengan jangka waktu yang pajang, secara perlahan akan meningkatkan fleksibilitas dan kelenturan tubuh secara keseluruhan, sehingga dapat meminimalisir terjadinya cidera pada otot dan sendi ketika melakukan aktifitas sehari-hari.

3. Pemanasan (Stretching)

Kelenturan Tubuh

Stretching atau peregangan mejadi sebuah aktivitas yang penting untuk dilakukan sebelum melakukan kegiatan-kegiatan yang membutuhkan kinerja otot atau persendian dengan intensitas tinggi maupun rendah. Selain sebgai salah satu cara yang cukup efektif untuk meminimlaisir resiko terjadinya cidera, melakukan kagiatan pemanasan (Stretching) uyang dilakukan secara perlahan dan terkontrol juga dapat memabntu melenturkan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa gerakan Stretching atau peregangan yang dapat kamu lakukan guna membantu melenturkan tubuh:

  • Rotational lunge, sebuah gerakan yang dilakukan untuk menahan beban tubuhdengan cara menekuk salah satu lutut ke depan hingga membentuk sudut 90 derajat, dan dilanjut dengan menggerekan tubuh bagian atas ke arah samping kanan dan kiri secara bergantian.
  • Hugging your knee, gerakan memeluk lutut dengan menariknya ke arah dada dalam posisi duduk.
  • Arm circles, sebuah gerakan yang dilakukan dengan cara memutar lengan searah atau berlawanan dengan jarum jam dalam posisi kedua tangan direntangkan lurus ke samping.

4. Tai Chi

contoh gerakan untuk melatih kelenturan tubuh

Semua gerakan-gerakan yang terdapat pada Tai Chi yang dilakukan dengan baik, memerlukan keseimbangan dan kekuatan inti tubuh secara maksimal. Melakukan gerakan Tai Chi dengan baik dapat membantu melatih kelenturan dan keseimbangan pada sendi-sendi tubuh, seperti pada pinggul, lutut, dan pergelangan kaki, sehingga secara tidak langsung akan memabntu membuat tubuh menjadi lentur jika dilakukan secara tertaur dan terkontrol.

Baca juga:  Olahraga Ringan untuk Mengecilkan Perut

5. Dansa dan Tari

contoh gerakan untuk melatih kelenturan tubuh

Melakuan kegiatan olahraga dansa dan tari sangat bermanfaat dalam membantu melenturkan tubuh. Dengan melakukan gerakan-gerakan dansa dan tari secara benar dan terkontrol, sendi-sendi dan otot yang ada di dalam tubuh akan terjadi.

7 Contoh Latihan Kelenturan Tubuh

Jika disuruh untuk menyebutkan tujuh contoh latihan kelenturan tubuh maka kami bisa merokemendasikan macam-macam gerakan tersebut. Perlu diingat bahwa latihan kelenturan sangat penting dalam olahraga untuk meningkatkan rentang gerak tubuh dan mengurangi risiko cedera. Berikut adalah 7 contoh latihan kelenturan yang dapat dilakukan:

  1. Peregangan Kaki: Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu dan kemudian dorong kaki kanan ke depan sambil menjaga kaki kiri lurus. Tahan posisi selama 30 detik, lalu ulangi dengan kaki yang lain.

  2. Peregangan Bahu: Berdiri tegak dengan kedua tangan di depan dada, lalu rentangkan tangan ke samping dan putar tubuh ke arah yang berlawanan. Tahan posisi selama 30 detik, lalu ulangi dengan sisi tubuh yang lain.

  3. Peregangan Pinggang: Duduk dengan kaki lurus ke depan dan kemudian tekuk lutut ke arah dada. Pegang kaki dengan kedua tangan dan tahan selama 30 detik, lalu ulangi dengan kaki yang lain.

  4. Peregangan Leher: Duduk dengan kedua kaki lurus ke depan dan kemudian tekuk kepala ke arah bahu. Tahan posisi selama 30 detik, lalu ulangi dengan sisi kepala yang lain.

  5. Peregangan Punggung: Berdiri dengan kedua kaki selebar bahu, kemudian tekuk lutut dan pegang ujung jari kaki. Lalu perlahan-lahan angkat kepalan dan tahan posisi selama 30 detik.

  6. Peregangan Perut: Duduk dengan kedua kaki lurus ke depan dan kemudian tekuk badan ke depan sambil mencoba menyentuh jari kaki. Tahan posisi selama 30 detik, lalu ulangi.

  7. Peregangan Lutut: Duduk dengan lutut ditekuk ke arah dada, kemudian pegang kedua kaki dengan kedua tangan. Tarik lutut ke arah dada dan tahan selama 30 detik, lalu ulangi.

Ingatlah untuk memulai latihan kelenturan dengan peregangan ringan dan perlahan-lahan meningkatkan intensitasnya. Jangan lupa untuk melakukan latihan peregangan sebelum dan sesudah olahraga untuk meminimalkan risiko cedera.

Baca juga:  Ketahuilah! Inilah Manfaat Dari Melakukan Senam Zumba

Manfaat Memiliki Tubuh Lentur

Memiliki tubuh yang fleksibel atau lentur memang sangat bermanfaat guna mempermudah kegiatan atau aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari, bagi keshatan dan bahkan bagi kesejahteraan. Berikut ini adalah beberapa manfaat secara detail yang akan kamu dapatkan jika memiliki tubuh yang lentur:

  1. Meningkatkan fleksibilitas: Tubuh yang lentur dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerakan pada sendi. Hal ini dapat membantu mencegah cedera dan memperbaiki postur tubuh.

  2. Meningkatkan keseimbangan: Melakukan latihan untuk meningkatkan kelenturan tubuh juga dapat membantu meningkatkan keseimbangan. Ini sangat penting untuk mengurangi risiko jatuh terutama pada orang tua dan orang yang memiliki masalah keseimbangan.

  3. Meningkatkan sirkulasi darah: Gerakan yoga atau senam lainnya untuk meningkatkan kelenturan tubuh dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan meningkatkan kesehatan jantung.

  4. Mengurangi stres: Melakukan latihan kelenturan tubuh dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan kesejahteraan mental. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko depresi dan meningkatkan kualitas tidur.

  5. Meningkatkan performa olahraga: Mempunyai tubuh yang lentur dapat membantu meningkatkan performa olahraga. Hal ini karena tubuh yang fleksibel memungkinkan kamu untuk melakukannya gerakan yang lebih besar dan efektif pada saat berolahraga.

  6. Membantu mengurangi rasa sakit: Latihan kelenturan tubuh dapat membantu mengurangi rasa sakit pada otot dan sendi. Hal ini dapat bermanfaat bagi orang yang menderita kondisi kronis seperti artritis atau fibromyalgia.

  7. Meningkatkan kualitas hidup: Tubuh yang lentur dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dengan memungkinkan kamu untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah dan nyaman.

Penutup dan Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas mengenai macam-macam dan juga manfaat olahraga untuk melatih kelenturan tubuh. Melakukan latihan kelenturan tubuh dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan keseimbangan, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi stres, meningkatkan performa olahraga, membantu mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Ada banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk melatih kelenturan tubuh, seperti yoga, Pilates, senam, atau latihan peregangan. Penting untuk memilih olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu

Selain itu, perlu diingat bahwa latihan kelenturan tubuh tidak hanya penting bagi orang yang sudah mempunyai masalah kelenturan, tetapi juga bagi orang yang ingin menjaga kesehatan dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.

Jadi, mulailah untuk memperhatikan latihan kelenturan tubuh dalam rutinitas latihan kamu dan nikmati manfaatnya bagi kesehatan dan kesejahteraan kamu secara keseluruhan.

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *