Luis Milla Gagal Debut, PSM Makassar Mengamuk setelah Laga Final AFC Cup

PSM vs Persib
Kapten PSM Makassar Wiljan Pluim Merayakan golnya kegawang Persib Bandung (Sumber : Instagram @psm_makassar)

Bermain di hadapan suporter sendiri, PSM Makassar melumat Persib Bandung dengan skor 5-1 di Stadion Gelora BJ Habibi Pare-pare. Seakan melampiaskan amarah setelah kekalahan di Final Zona Asean AFC Cup 2022 melawan Kuala Lumpur City FC, Juku Eja Tampil sangat percaya diri dan penuh semangat.

Wiljan Pluim dan kawan-kawan menempel sang pemuncak klasemen sementara Borneo FC dengan selisih 2 poin. Sementara Persib masih dalam transisi pelatih baru belum menemukan pola permainan yang pas.

Luis milla gagal melakukan debutnya di BRI Liga 1 2022-2023 dikarenakan mengalami masalah kesehatan. Sebelum pertandingan dimulai Luis Milla terserang demam dan merasa kurang enak badan. Pelatih Luis Milla digantikan oleh asisten pelatih Budiman untuk memimpin skuad persib bandung di Gelora BJ Habibi Pare-pare.

“Sudah ditangani dan sekarang coach harus beristirahat di ruang medis ketika tim sedang bermain di lapangan,” ujar Raffi Ghani dokter tim persib Bandung dilansir Bolasport.com

Bacaan Lainnya

Susunan Pemain

Bernardo Tavares memainkan Formasi 3-5-2 dengan duet striker Muda Ramadan sananta di sebelah kiri dan kapten PSM Makassar Wiljan Pluim di sebelah kanan. Beberapa pemain inti PSM di cadangkan seperti Everton Nascimento, Rizki Eka, Yance Sayuri dan Kenzo Nambu.

Pelatih baru Persib Bandung Luis Milla belum bisa memainkan debutnya dikarenakan masalah kesehatan. Luis milla digantikan oleh Budiman. Maung Bandung memainkan pola formasi 4-3-3 dengan ujung tombak David Silva. Tim pelatih memasang Rahmat irianto dan jufriyanto sebagai tandem dilini belakang. Sementara di lini tengah ada Marc Klok, dedi kusnandar dan Kambuaya. Nick kuipers dan Ezra walian harus absen pada laga ini.

Baca juga:  Macan Kemayoran Persija Ditahan Imbang Elang Jawa

Babak Pertama

Pertandingan baru berjalan 2′ menit, Yacob sayuri mencatatkan namanya di papan skor lewat tendangan cantiknya diluar kotak penalti. 

Pasukan ramang terus menyerang dan memainkan permainan high pressing yang cantik. Terbukti, pada menit 19′ menambahkan keunggulan menjadi 2-0 lewat gol penyerang mudanya, Ramadan Sananta hasil operan dari Yacob Sayuri.

Maung Bandung tidak mau ketinggalan. Pada menit ke 32′ Marc Klok memperkecil ketertinggalan Persib menjadi 2-1 melalui tendangan menukik terarahnya dari luar kotak penalti.

Pertandingan berjalan saling serang. Tapi, pola penyerangan Pasukan ramang lebih efektif. Hasilnya, PSM mencetak gol di tambahan waktu menit akhir babak pertama. Gol tersebut di motori umpan cantik Kapten PSM Makassar Wiljan Pluim dan di konversi menjadi gol oleh Ramadan Sananta. 

Babak pertama berakhir dengan keunggulan Pasukan Ramang oleh Maung Bandung 3-1.

Babak Kedua

Babak kedua Pasukan Ramang mengambil alih permainan dengan beberapa pola penyerangan dengan dari sisi tengah mengalir ke sisi samping, sementara Maung Bandung masih mencari pola penyerangan sekaligus pertahanan yang efektif.

Pada menit ke 51′ Yacob Sayuri mencetak gol keduanya dari luar kotak penalti dengan tendangan plesing dari sisi kiri. 

Setelah mencetak gol bernardo tavares memasukkan beberapa pemain pengganti di daerah lini tengah. Arfan dan Yacob Sayuri digantikan Rasyid Bakri dan Rizki Eka.

Masuknya Rizki Eka menambah daya gedor Pasukan Ramang. Pada menit ke 64′ Rizki eka berhasil memaksa I Made Wirawan untuk menangkap bola diluar kotak penalti hasilnya kiper persib tersebut terkena kartu kuning dan menghasilkan tendangan bebas untuk PSM.

Tendangan Bebas yang berada beberapa senti dari area garis penalti bagian sisi kiri di eksekusi oleh Rasyid bakri. Eksekusi Set Piece yang rapih antara Rasyid Bakri dan Wiljan Pluim menghasilkan gol kelima untuk PSM Makassar. Gol tersebut menjadi gol ke tiga Wiljan Pluim di BRI Liga 1.

Baca juga:  Wow, Asnawi Mangkualam dinobatkan sebagai Player Of The Match K-League

Di sisa pertandingan terlihat beberapa pemain PSM Makassar mengalami cedera dan kram kaki. Agung mannan yang harus ditandu keluar lapangan dan Akbar tanjung yang mengalami kran kaki harus di gantikan oleh Safruddin Tahar dan Bryan Cesar. Coach Budiman juga memasukkan beberapa pemain, selama pertandingan Total 5 pemain yg di masukkan oleh coach budiman.

Skor 5 – 1 untuk kemenangan PSM Makassar bertahan hingga pluit akhir pertandingan di bunyikan. PSM Makassar menjadi satu-satunya tim yang belum pernah kalah di BRI Liga 1 2022-2023, sementara Persib Bandung mengalami dua kekalahan beruntung.

Pada klasemen hingga pekan ke 7 BRI Liga 1 2022-2023 Masih masih menempel Borneo dan Madura United di papan atas klasemen.

Pasukan Ramang mengumpulkan 16 poin dan berada di posisi 3 terpaut 2 poin oleh pemuncak klasemen Borneo FC yang mengumpulkan 18 poin. Sedangkan Madura United di posisi kedua dengan poin yang sama dengan PSM 16 poin, Madura united unggul dalam produktivitas gol. Juku eja masih mempunyai 1 pertandingan tunda, sehingga PSM masih memainkan 6 pertandingan.

Wjr
PSM Makassar and AC Milan Addict

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *