Liga Konferensi Eropa, Kreasi Kompetisi Baru UEFA

Liga Konferensi Eropa
Liga Konferensi Eropa, kreasi anyar UEFA. Foto: Sky Sports.

UEFA meluncurkan kreasi terbarunya mulai musim kompetisi 2021/2022. Kompetisi baru ini diberi titel UEFA European Conference League (UECL) atau Liga Konferensi Eropa.

UECL merupakan kompetisi kasta ketiga yang diselenggarakan oleh UEFA. Kompetisi yang dimaksud adalah Liga Champions, Liga Eropa dan Liga Konferensi.

Baca Juga: Moneyball: Siasat Spesialisasi Tim-Tim Menengah ke Bawah

Kualifikasi UECL dimulai pada 8 Juli sampai dengan 26 Agustus 2021. Pertandingan digelar pada hari Kamis waktu setempat, bersamaan dengan gelaran Piala Eropa. Final direncanakan pada 25 Mei 2022, di Arena Komb√ętare – Tirana, Albania.

Bacaan Lainnya

Peserta Liga Konferensi Eropa

Lima negara utama sepakbola (peringkat 6 atau 7 liga nasional) mendapatkan jatah 1 klub. Kelima klub tersebut adalah Tottenham Hotspur (Inggris), AS Roma (Italia), Villareal (Spanyol), Union Berlin (Jerman) dan Rennes (Perancis).

Selebihnya diisi melalui babak kualifikasi berdasarkan angka koefisien negara yang ditentukan oleh UEFA. Negara dengan koefisien 6 – 15 mendapatkan jatah 2 klub, 16 – 50 memperoleh jatah 3 klub dan koefien 51 – 55 dapat jatah 2 klub.

Baca Juga: Efek Domino Messi, Bursa Transfer 2021/22 Makin Panas

Akan ada 3 babak kualifikasi sampai mendapatkan 32 klub masuk fase grup. Selanjutnya peserta dibagi menjadi 8 grup.

Lima negara dari liga domestik dengan koefisien 1-5 langsung masuk babak akhir kualifikasi. Setelah babak kualifikasi akan dilanjutkan dengan babak knockout (hidup-mati). Babak perempat final, semi final dan puncaknya partai final.

Selamat datang Liga Konferensi Eropa.

Mas Sam
Penonton yang suka mengulas bola.

***

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Baca juga:  Dicukur 6-1 oleh Bodo/Glimt, Mou Rutuki Kualitas Lapis Kedua AS Roma

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *