Lewat Gol Menit Terakhir, Athletico Paranaense Berhasil Lolos ke Semifinal Copa Libertadores 2022

Lewat Gol Menit Terakhir, Athletico Paranaense Berhasil Lolos ke Semifinal Copa Libertadores
Selebrasi Pemain Athletico Paranaense setelah Lolos ke Semifinal Copa Libertadores 2022 (Sumber : rcnradio.com)

Babak perempat-final Copa Libertadores 2022 memang banyak menimbulkan drama dan kejutan yang sangat sukar dipercaya. Setelah drama di pertandingan leg kedua antara Palmeiras melawan Atletico Mineiro, dimana Palmeiras berhasil melangkah ke babak semifinal setelah menang melalui drama adu penalti, serta harus bermain dengan 9 pemain.

Kini, drama serupa juga terjadi pada pertandingan leg kedua antara Estudiantes melawan Athletico Paranaense yang berlangsung pada hari Jumat (12/8/2022). Pada pertandingan ini, Athletico Paranaense yang bermain sebagai tim tamu, berhasil melangkah ke semifinal setelah mencetak gol di menit terakhir.

Sekedar informasi, Estudiantes adalah klub asal Argentina yang sudah menjuarai Copa Libertadores sebanyak 4 kali, yaitu pada tahun 1968, 1969, 1970, dan 2009. Sedangkan, Athletico Paranaense adalah klub asal Brazil yang pernah menjadi runner-up Copa Libertadores 2005, selebihnya mereka hanya mampu mencapai babak 16 besar.

Pada pertandingan leg pertama di kandang Athletico Paranaense yang berlangsung di Brazil, hari Jumat (5/8/2022). Kedua tim tersebut bermain imbang 0-0.

Jalanya Pertandingan Babak Pertama

Sebagai tim yang sudah mengoleksi 4 gelar juara Copa Libertadores, Estudiantes pastinya diunggulkan untuk lolos ke babak semifinal. Terlebih, mereka akan bermain di kandang sendiri, yaitu Estadio Jorge Luis Hirschi dan akan didukung oleh puluhan ribu suporter fanatik yang memenuhi stadion kandang mereka.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, Ricardo Zielinski yang merupakan pelatih Estudiantes, menurunkan pemain-pemain terbaiknya di pertandingan ini. Mulai dari Mariano Andujar, Jorge Rodriguez, Pablo Piatti, Fernando Zuqui, dan Leandro Diaz diturunkan untuk tujuan meraih kemenangan.

Baca juga:  Palmeiras Sang Kampiun Copa Libertadores 2020

Pada pertandingan ini, Zielinski menerapkan formasi 3-4-1-2 untuk Estudiantes. Dari formasi tersebut, dapat diprediksi bahwa Estudiantes akan bermain menyerang total dan bertujuan untuk menguasai serta mendominasi lini tengah lapangan.

Sedangkan, Athletico Paranaense yang dilatih oleh Luiz Felipe Scolari, juga menurunkan pemain-pemain terbaiknya seperti Bento, Abner, Tomas Cuello, Alex Santana, Pablo, Hugo Santana, hingga Fernandinho. Nama terakhir adalah mantan pemain Man City yang baru bergabung ke Paranaense musim ini.

Luiz Felipe Scolari yang pernah membawa timnas Brazil menjadi juara Piala Dunia 2002, memasang formasi 4-2-3-1. Meski tidak diunggulkan, Scolari sepertinya tetap optimis untuk bisa memberikan perlawanan terhadap sang tuan rumah Estudiantes.

Baru 40 detik pertandingan dimulai, Estudiantes langsung mencatatkan peluang pertamanya. Namun, bola tersebut berhasil ditangkap oleh kiper Paranaense, yaitu Bento. Estudiantes sepertinya benar-benar ingin menyerang total dari awal babak pertama.

Pada menit ke-16, giliran Athletico Paranaense mencatatkan peluang pertama melalui tendangan bebas Khellven. Namun, bola tersebut berhasil ditepis oleh kiper Estudiantes, yaitu Mariano Andujar. Paranaense sepertinya mengandalkan taktik serangan balik dan eksekusi bola mati untuk setidaknya mencuri gol.

Selanjutnya, Estudiantes mencoba untuk menggencarkan serangan ke pertahanan Paranaense. Namun, skema serangan tersebut masih mampu dihentikan oleh Paranaense, yang bermain dengan pressing tinggi, sehingga seringkali pemain Estudiantes gagal mengalirkan bola ke lini depan. Fernandinho bermain cukup baik dalam merusak skema serangan dan aliran bola Estudiantes.

Pada menit ke-32, Estudiantes nyaris mencetak gol. Melalui umpan lambung dari sisi sayap kiri. Striker Estudiantes, Leandro Diaz mengirimkan umpan sundulan ke tengah kotak penalti Paranaense. Bola tersebut kemudian gagal dibuang secara sempurna oleh bek Paranaense, dimana kemudian disambut oleh tendangan pemain Estudiantes, Agustin Rogel.

Baca juga:  Kalahkan Corinthians 1-0 di Leg Kedua, Flamengo Berhasil Lolos ke Semifinal Copa Libertadores 2022

Namun, tendangan bek timnas Uruguay tersebut melenceng tipis ke sisi kiri gawang Paranaense. Pada menit ke-43, Estudiantes kembali mencatatkan peluang emas. Bermula dari tendangan bebas, bola kemudian mengarah kepada bek Estudiantes, Jorge Morel yang berada di depan gawang Paranaense. Kemudian, Morel melepaskan tendangan yang secara gemilang ditepis oleh Bento.

Skor 0-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Di awal babak kedua, tim tamu justru menguasai pertandingan. Pada menit ke-52, winger Paranaense yaitu Tomas Cuello, hampir mencetak gol dari situasi tendangan bebas, namun tendanganya masih melenceng tipis ke sisi samping atas gawang Estudiantes.

Selama 15 menit pertama babak kedua, Paranaense benar-benar mendominasi lini tengah dan beberapa kali melancarkan serangan yang cukup berbahaya. Sebaliknya, serangan dan aliran bola Estudiantes tampak buntu karena hasil dari taktik pressing tinggi yang diterapkan pemain-pemain Paranaense.

Di menit ke-67, Estudiantes sempat mencetak gol dari situasi sepak pojok. Namun, gol tersebut dianulir karena salah satu pemain Estudiantes sudah berada di posisi offside. Lima menit kemudian, Estudiantes lagi-lagi hampir mencetak gol dari situasi sepak pojok. Akan tetapi, tendangan striker Estudiantes, yaitu Leandro Diaz masih menyamping dari sisi kiri gawang Paranaense.

Setelah itu, Estudiantes yang awalnya sempat tertekan pada awal babak kedua, kini kembali menguasai pertandingan. Beberapa kali mereka melancarkan serangan langsung ke area pertahanan Paranaense yang dikawal oleh duet Heleno-Henrique di posisi bek tengah. Namun, serangan mereka masih gagal berbuah gol.

Pada menit ke-90, Estudiantes hampir mencetak gol kemenangan. Bek Estudiantes, Agustin Rogel mengirimkan umpan lambung terobosan ke kotak penalti Paranaense. Bola tersebut kemudian berhasil dikejar oleh striker pengganti Estudiantes, Mauro Mendez yang berlari ke kotak penalti setelah lepas dari pengawalan bek Paranaense.

Baca juga:  Tiga Klub Brazil Berhasil Lolos ke Semifinal Copa Libertadores 2022

Tinggal berhadapan dengan Bento, Mendez segera melepaskan tendangan. Namun, tendangan tersebut malah melenceng ke samping kanan gawang Paranaense.

Pada menit ke-96, Athletico Paranaense berhasil mencetak gol kemenangan ! Striker pengganti Paranaense, yaitu Vitinho mendapatkan bola di kotak penalti dari sisi sayap kiri Paranaense. Kemudian, Vitinho mengecoh dua bek Estudiantes dan mengirimkan umpan lambung ke tengah kotak penalti.

Bola umpan lambung tersebut kemudian mengarah ke striker pengganti Paranaense lainya, yaitu Vitor Roque. Sempat berduel dengan kiper Estudiantes, striker berusia 17 tahun tersebut berhasil menyundul bola masuk ke gawang Estudiantes. Gol tersebut kemudian disambut dengan penuh sukacita oleh seluruh tim serta suporter Paranaense yang rela terbang ke Argentina. Skor 1-0 berakhir untuk kemenangan Athletico Paranasense.

Dengan kemenangan ini, maka Athletico Paranaense berhasil lolos ke semifinal dengan agregat 1-0. Ini adalah catatan spesial bagi klub tersebut, karena mereka berhasil lolos ke semifinal Copa Libertadores setelah 17 tahun lamanya.

Di babak semifinal, Athletico Paranaense akan menghadapi sang juara bertahan, Palmeiras yang juga berasal dari Brazil. Pertandingan semifinal leg pertama akan berlangsung pada hari Rabu (31/8/2022), dimana akan berlangsung di kandang Palmeiras.

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *