Kutukan Haaland Bersama Timnas Norwegia Terus Berlanjut

Kutukan Haaland Bersama Timnas Norwegia Terus Berlanjut
Ekspresi Kecewa Erling Haaland Setelah Timnas Norwegia Gagal Promosi ke Liga A UEFA Nations League (Sumber : norway.postsen.com)

Tuan rumah Norwegia harus tumbang oleh timnas Serbia dengan skor 0-2 pada pertandingan terakhir grup H liga B UEFA Nations League di Ullevaal Stadion, Oslo, Rabu (28/9/2022).

Kekalahan ini membuat timnas Norwegia gagal promosi ke liga A setelah mereka harus finish di peringkat kedua klasemen akhir grup H. Sesuai peraturan, hanya sang pemuncak klasemen akhir grup yang berhak naik kasta ke liga A UEFA Nations League.

Tentu saja ini menjadi suatu hal yang ironi mengingat timnas Norwegia sebenarnya memiliki peluang besar untuk bisa naik kasta ke liga A.

Selain bermain sebagai tuan rumah dan didukung oleh puluhan ribu suporternya sendiri, timnas Norwegia juga sempat memiliki poin yang sama dengan timnas Serbia yaitu 10.

Bacaan Lainnya

Sayangnya, keuntungan tersebut tidak bisa dimanfaatkan oleh tim asuhan Ståle Solbakken tersebut untuk meraih kemenangan demi bisa promosi ke liga A.

Kegagalan ini membuat Erling Haaland seketika menjadi sorotan. Dalam laga yang berlangsung tadi malam, striker muda terbaik di dunia saat ini seperti “menghilang” selama 90 menit lamanya.

Haaland seperti kesulitan dalam menembus lini pertahanan timnas Serbia. Selain itu, dirinya juga tidak mendapatkan supply bola yang baik dari rekan setimnya sehingga gagal mencetak gol.

Sungguh disayangkan mengingat Haaland sendiri merupakan top skor sementara UEFA Nations League dengan jumlah 6 gol.

Kegagalan ini semakin memperpanjang “kutukan” Haaland bersama timnas Norwegia dalam kurun waktu empat tahun terakhir.

Sebelumnya, putra kandung Alf-Inge Haaland tersebut gagal membawa timnas Norwegia lolos ke Euro 2020 dan Piala Dunia 2022.

Baca juga:  Giovanni Van Bronckhorst: Sang Meneer Baru dari Negeri Kincir Angin

Hal ini tentu saja sangat kontradiktif dengan prestasinya di level klub dimana Haaland berhasil membawa Borussia Dortmund menjadi juara DFB Pokal 2020/21.

Sekarang di Man City, Haaland yang tampil luar biasa pada musim ini berpeluang membawa klub asuhan Pep Guardiola tersebut meraih treble winner.

Perbedaan kualitas tim tampaknya menjadi penyebab mengapa Haaland tidak bisa meraih prestasi bersama timnas Norwegia.

Selama di Man City, Haaland didukung oleh deretan pemain berkualitas seperti De Bruyne, Bernardo Silva, Gundogan, Foden, dan Mahrez.

Lain hal dengan timnas Norwegia yang “hanya” memiliki Odegaard, Elyounoussi, dan Sorloth sebagai pemain terbaik untuk mendampingi Haaland.

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *