Kunci Kemenangan Real Madrid atas Barcelona

Kunci Kemenangan Real Madrid atas Barcelona
Dua Pemain Real Madrid, Federico Valverde dan Karim Benzema Masing-masing Berhasil Mencetak Gol ke Gawang Barca pada Laga El Clasico di Santiago Barnebau (16/10/2022) (Sumber : keepup.com.au)

Real Madrid berhasil mengalahkan Barcelona dengan skor 3-1 pada pertandingan lanjutan La Liga di Santiago Barnebau, Minggu (16/10/2022).

Dalam laga bertajuk El Clasico tersebut, ketiga gol Real Madrid yang bertindak sebagai tuan rumah dicetak oleh Karim Benzema (menit 12), Federico Valverde (menit 35), dan penalti Rodrygo (menit 90+1).

Sedangkan, Barca hanya mampu mencetak satu gol di menit ke-83 melalui Ferran Torres dan gagal memanfaatkan momentum tersebut untuk merubah skor akhir.

Kemenangan ini membuat Real Madrid berhasil membalaskan dendam atas kekalahan 0-4 pada musim lalu yang mereka derita ketika melawan Barca di Santiago Barnebau.

Bacaan Lainnya

Lalu apa yang menjadi kunci kemenangan Real Madrid atas Barcelona pada laga yang berlangsung di hari minggu tersebut?

Taktik pressing-defensif dan serangan balik kilat yang diterapkan Ancelotti di pertandingan tersebut berhasil membawa Real Madrid meraih tiga poin.

Berdasarkan statistik akhir, Los Blancos memang kalah dalam hal penguasaan bola dan juga jumlah tembakan.

Selama 90 menit pertandingan, tuan rumah hanya menguasai 43% ball possession dan melepaskan 8 tembakan dengan 4 diantaranya mengarah on-target.

Lain hal dengan Barca yang berhasil menguasai 57% ball possession dan melepaskan 18 tembakan dengan 5 diantaranya mengarah on-target.

Akan tetapi, taktik jenius yang diterapkan Ancelotti nyatanya sukses melumpuhkan Barca yang dalam delapan pertandingan La Liga sebelumnya tampil cukup mengerikan.

Striker Barca, Robert Lewandowski yang sudah mencetak sembilan gol dari sembilan pertandingan La Liga musim ini tampak tidak berkutik di laga ini dalam menghadapi kokohnya barisan pertahanan tuan rumah.

Baca juga:  Peran Casemiro Untuk Manchester United

Striker timnas Polandia tersebut “hanya” mampu menciptakan assist lewat backheel kepada Ferran Torres di menit ke-83.

Sebaliknya, taktik serangan balik dan sepakan jarak jauh yang dilakukan pemain tuan rumah cukup membuat kocar-kacir lini belakang Barca.

Kedua gol di babak pertama dan juga hadiah penalti di menit terakhir menjadi bukti betapa efektifnya taktik jenius yang diterapkan Ancelotti untuk Real Madrid.

Mendy dan Valverde tampaknya layak menjadi pahlawan Real Madrid pada laga El Clasico tersebut.

Kedua pemain tersebut menjadi sosok penting di lini sayap Los Blancos dalam menjaga pertahanan dan juga melancarkan serangan.

Kemenangan ini pastinya membawa Real Madrid menduduki puncak klasemen dengan perolehan 25 poin dari delapan kemenangan, satu hasil imbang, dan belum terkalahkan.

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *