Ketahuilah! Inilah Manfaat Dari Melakukan Senam Zumba

Manfaat Senam Zumba

Senam zumba menjadi salah satu jenis olahraga yang digemari oleh banyak orang khususnya wanita, karena dianggap sebagai salah satu olahraga yang menyenangkan. Memandu padankan gerakan senam dengan alunan musik yang cenderung energik menjadikan senam zumba sebagai olahraga yang tidak membosankan untuk dilakukan.

Selain menjadi salah satu jenis olahraga kardio yang menyenangkan untuk dilakukan karena tidak membosankan, melakukan senam zumba ternyata juga mampu memberikan segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh para pelakunya.

Lalu apa saja manfaat kesehatan bagi tubuh dari melakukan senam zumba? Jika penasaran, simaklah artikel yang akan disajikan oleh AnalisBola.com berikut ini, karena akan membahas segala informasi mengenai apa saja manfaat yang terkandung dari melakukan senam zumba.

Manfaat Dari Melakukan Senam Zumba

Berikut ini adalah beragam manfaat kesehatan bagi tubuh yang akan didapatkan jika rutin melakukan olahraga senam zumba:

1. Membantu megendalikan tekanan darah

Salah satu manfaat besar yang akan diperoleh jika seseorang rutin melakukan senam zumba adalah tekanan darah dalam tubuh akan dikendalikan menjadi lebih baik. Sebuah survei kesehatan mengatakan jika seseorang melakukan senam zumba secara rutin selama kurun waktu 12 minggu berturut-turut, akan menjadi sebuah kegiatan yang efektif untuk menurunkan tekanan darah.

Dengan adanya perbaikan pengendalian tekanan darah yang diperoleh dari melakukan aktivitas senam zumba, segala jenis penyakit yang disebabkan oleh gangguan tekanan darah seperti hipotensi dan hipertensi akan menjadi terminimalisir.

Baca juga:  Macam-Macam Olahraga Untuk Melatih Kelenturan Tubuh

2. Menurunkan dan menjaga berat badan

Manfaat selanjutnya yang akan diperoleh dari melakukan senam zumba adalah sebagai olahraga yang mampu menjaga dan menurunkan berat badan secara efektif. Selayaknya sebagai olahraga kardio yang umumnya dijadikan sebagai olahraga pilihan untuk diet, zumba terbukti  mampu melakukan pembakaran kalori dalam tubuh sebanyak 9,5 kkal per menit selama satu sesi latihan.

Sebagai contoh, jika seandainya seseorang melakukan senam zumba selama 35 menit dalam satu sesi latihan, maka besarnya kalori dalam tubuh yang dibakar akibat dari melakukan senam zumba ini adalah sebesar 332,5 kkal. Dengan pembakaran kalori sebesar itu sudah cukup mencapai angka ideal pembakaran kalori agar dapat menurunkan berat badan, yang membutuhkan 300-400 kkal per sesi.

3. Membantu menjaga kesehatan jantung

Jika kamu mempunyai permasalahan kesehatan yang berhubungan dengan jantung, senam zumba menjadi olahraga yang cocok untuk kamu jadikan pilihan. Kenapa bisa begitu? Alasannya karena senam zumba merupakan salah satu jenis olahraga yang mampu membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung.

Seseorang melakukan gerakan senam zumba, secara otomatis detak jantung dalam tubuhnya akan menjadi meningkat dan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen pun turut naik, sehingga akan secara langsung membantu memperlancar aliran darah dalam tubuh dan juga menurunkan risiko terjadinya pembentukan plak pada dinding pembuluh darah. Melalui berbagai macam efek postif tersebut, penyakit jantung seperti kardiovaskular bisa terminimalisir.

Dalam berolahraga zumba, volume oksigen maksimal yang digunakan berkisar antara 40-85%, yang dianggap baik untuk kesehatan jantung, dengan mencapai 60% dari rentang tersebut . Selain itu, denyut jantung maksimal pada saat berzumba mencapai 79% dari rentang 64-94%, yang juga dianggap baik bagi kesehatan jantung.

Baca juga:  Apa Sebenarnya Manfaat Dari Olahraga Lompat Tali?

4. Membantu membangun daya tahan tubuh

Selain tiga manfaat besar di atas, ada satu lagi manfaat dari melakukan senam zumba yang juga sangat baik bagi kesehatan, yaitu menjadi olahraga yang mampu membantu membangun kesehatan dan juga daya tahan tubuh yang cukup efektif.

Manfaat tersebut dapat diperoleh karena pada pengaplikasiannya, senam zumba menggunakan suara musik yang diputar dengan tempo yang cepat guna sebagai alat pengiring senam, sehingga berdampak pada kecepatan dalam perpindahan gerakan yang turut berpengaruh pada ketahanan tubuh.

Dengan melakukan senam zumba secara rutin, koordinasi tubuh akan menjadi lebih terjaga, karena kamu akan dipaksa mengingat setiap gerakan. Hal ini sangat diperlukan bagi kamu yang sudah memiliki usia lanjut, karena pada umumnya koordinasi tubuh manusia akan menjadi menurun.

5. Membantu mengurangi stres

Seperti yang telah disebutkan pada uraian di atas jika senam zumba merupakan salah satu jenis olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan. Berdasarkan hal tersebut, senam zumba dapat menjadi sarana self healing yang baik untuk menyegarkan pikiran dan mengurangi stress.

6. Sarana bersosialisasi dan meningkatan rasa percaya diri

Selain memiliki manfaat secara internal bagi tubuh, zumba juga menjadi kegiatan olahraga yang memiliki manfaat eksternal, yaitu sebagai sebuah sarana untuk bersosialisasi dan meningkatkan rasa percaya diri karena pada umumnya kegiatan senam zumba akan dilakukan secara berkelompok sehingga memungkinkan kamu untuk bertemu banyak orang.

Tips Ketika Ingin Melakukan Senam Zumba

Manfaat senam zumba

Setelah kamu mengetahui berbagai macam manfaat yang akan kamu dapatkan jika melakukan senam zumba, dan kamu menjadi merasa tertarik untuk melakukan olahraga jenis kardio ini, berikut ini ada beberapa tips ketika ingin melakukan senam zumba yang dapat kamu gunakan:

  1. Kenakan pakaian yang nyaman: Pilihlah pakaian yang tidak terlalu ketat atau terlalu longgar agar kamu dapat bergerak dengan leluasa selama melakukan senam zumba.
  2. Gunakan sepatu yang tepat: Pilihlah sepatu dengan bantalan yang cukup agar dapat menyerap guncangan dan mencegah cedera saat melakukan gerakan zumba.
  3. Jangan lupa pemanasan: Lakukan gerakan pemanasan(stretching) terlebih dahulu sebelum memulai kelas zumba untuk mempersiapkan tubuh dan mencegah terjadinya cedera.
  4. Ikuti instruksi dari instruktur: Ikuti gerakan dan instruksi dari instruktur zumba dengan teliti dan jangan ragu untuk meminta bantuan jika kamu merasa kesulitan.
  5. Dengarkan musik: Dengarkan musik dan nikmati iramanya saat melakukan gerakan zumba agar tubuh dan pikiranmu menjadi terhibur.
  6. Istirahat jika perlu: Jangan terlalu memaksakan diri saat melakukan senam zumba dan segera  beristirahatlah jika tubuhmu terasa lelah atau sakit.
  7. Minum air yang cukup: Pastikan kamu minum air yang cukup selama kelas zumba untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.
Baca juga:  Olahraga Ringan untuk Mengecilkan Perut

Penutup

Itulah sedikit informasi mengenai berbagai manfaat baik yang akan diperoleh ketika seseorang melakukan aktivitas senam zumba secara rutin. Artikel ini juga memberikan sedikit tips mengenai hal-hal yang perlu kamu lakukan dan siapkan ketika ingin melakukan senam zumba agar menjadi sebuah olahraga yang aman dan memiliki dampak positif bagi tubuh. Sekian informasi yang dapat penulis berikan, terimakasih telah membaca.

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *