Juventus vs Spezia 2-0: Arkadiusz Milik Cetak Gol Perdana untuk Si Nyonya Tua

Juventus vs Spezia 2-0: Arkadiusz Milik Mencetak Gol Perdana Untuk Si Nyonya Tua
Striker baru Juventus, Arkadiusz Milik Melakukan Selebrasi Setelah Mencetak Gol Perdananya Untuk Si Nyonya Tua di Juventus Stadium (1/9/2022) (Sumber : juventus.com)

Juventus berhasil mengalahkan Spezia dengan skor 2-0 di Juventus Stadium, Turin, Italia pada pertandingan pekan ke-4 Serie A, Kamis (1/9/2022).

Kedua gol Juventus dicetak oleh Dusan Vlahovic dan striker rekrutan baru yaitu Arkadiusz Milik. Ini menjadi gol pertama striker timnas Polandia tersebut untuk Si Nyonya Tua sejak didatangkan dari Marseille dengan status pinjaman.

Hasil ini membuat Juventus kembali ke jalur kemenangan setelah meraih dua hasil imbang secara beruntun melawan Sampdoria dengan skor 0-0 dan AS Roma dengan skor 1-1.

Sebaliknya, kekalahan ini menjadi yang kedua untuk Spezia setelah tumbang di markas Inter Milan dengan skor 0-3 pada pekan kedua.

Bacaan Lainnya

Pekan lalu, Spezia bermain imbang dengan skor 2-2 di markas sendiri melawan Sassuolo.

Formasi Awal

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri menerapkan formasi 4-3-3 dan melakukan dua perubahan pada susunan starting line-up dibandingkan pekan lalu.

Di lini pertahanan, Alex Sandro dicadangkan dan diganti oleh Danilo yang berarti Mattia De Sciglio digeser sebagai bek kiri. Danilo yang bermain sebagai bek tengah pada pekan lalu kini kembali ke posisi aslinya yaitu bek kanan.

Kemudian, Federico Gatti diturunkan menjadi starter untuk pertama kalinya dan berduet dengan Gleison Bremer sebagai bek tengah.

Di lini depan, Moise Kean diturunkan sejak menit awal untuk bermain di posisi winger kiri dan bekerjasama dengan Dusan Vlahovic serta Juan Cuadrado sebagai trio penyerang.

Baca juga:  Lazio vs Salernitana 1-3: Si Biru Muda Tumbang di Markas Sendiri

Spezia yang dilatih oleh Luca Gotti menerapkan formasi 3-5-2 dan melakukan tiga perubahan pada susunan starting line-up dibandingkan pekan lalu.

Di lini tengah, gelandang timnas Ukraina yaitu Viktor Kovalenko dimainkan sebagai starter menggantikan Kevin Agudelo.

Emil Holm dimainkan di posisi bek sayap kanan untuk menggantikan Emmanuel Gyasi yang digeser ke lini depan.

Babak Pertama

Tuan rumah Juventus yang unggul secara kualitas langsung mengurung lini pertahanan Spezia sejak awal babak pertama dimulai. Hanya butuh waktu sembilan menit bagi Juventus untuk mencetak gol pembuka.

Dusan Vlahovic berhasil mencetak gol melalui eksekusi tendangan bebas ke pojok kiri gawang yang gagal ditepis oleh kiper Spezia, Bartłomiej Drągowski.

Gol tersebut menjadi gol tendangan bebasnya yang kedua secara beruntun. Pekan lalu, striker timnas Serbia tersebut juga berhasil melakukanya pada saat melawan AS Roma di Turin.

Gol tersebut juga menjadi yang ke-4 untuk Vlahovic di Serie A musim ini.

Vlahovic bermain cukup baik di babak pertama ini. Beberapa kali striker berusia 22 tahun tersebut bermain melebar ke sisi sayap dan membantu menciptakan ruang serta melepaskan berbagai umpan yang berbahaya. Namun, masih mampu diredam oleh lini pertahanan tim tamu.

Pada menit ke-43, kiper Juventus yaitu Mattia Perin harus diganti oleh Wojciech Szczesny karena mengalami cedera.

Skor 1-0 untuk keunggulan Juventus bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Sama seperti babak pertama, Juventus kembali langsung mengurung lini pertahanan Spezia melalui pergerakan dari Kean, Vlahovic, dan Cuadrado.

Pada menit ke-54, Allegri melakukan dua pergantian pemain sekaligus dengan memasukan Filip Kostic dan Angel Di Maria serta menarik keluar Juan Cuadrado dan Moise Kean untuk mempertajam lini depan Juventus.

Baca juga:  Berilah Andrea Pirlo Waktu untuk Membuktikan Kualitasnya

Spezia tampaknya benar-benar kesulitan dalam mencoba melancarkan serangan terhadap pertahanan tuan rumah. Dominasi Juventus sangat terlihat kuat di pertandingan ini.

Vlahovic nyaris mencetak gol keduanya di menit ke-66 setelah memanfaatkan umpan sepak pojok. Namun, sundulan mantan pemain Fiorentina tersebut berhasil ditepis Drągowski.

Wasit sempat mengecek VAR untuk memastikan apakah bola hasil sundulan Vlahovic tersebut telah melewati garis atau tidak. Namun, tampaknya bola masih berada di garis gawang sehingga tidak menjadi sebuah gol.

Juventus terus mendominasi pertandingan dan mengurung lini pertahanan Spezia hingga akhirnya mereka berhasil mencetak gol keduanya di menit ke-90+2.

Arkadiusz Milik, rekrutan baru Juventus yang baru masuk di menit ke-85 berhasil mencetak gol perdananya untuk Si Nyonya Tua.

Berawal dari pergerakan apik Miretti di sisi sayap kanan, pemain muda berusia 19 tahun tersebut kemudian melepaskan umpan silang kepada Milik yang berada di kotak penalti Spezia.

Milik kemudian mengecoh bek lawan dengan melakukan gerakan memutar dan kemudian melepaskan tendangan ke pojok kiri gawang yang gagal ditepis Drągowski.

Skor 2-0 untuk kemenangan Juventus bertahan hingga akhir pertandingan.

Berdasarkan statistik akhir, Juventus menguasai 51% ball possession dan melepaskan 15 tembakan dimana 3 tembakan mengarah on-target.

Sedangkan, Spezia menguasai 49% ball possession dan hanya mampu melepaskan 3 tembakan tanpa ada satupun yang mengarah on-target !

Kemenangan ini membuat Juventus duduk di peringkat ke-4 klasemen sementara dengan perolehan 8 poin, sedangkan Spezia duduk di peringkat ke-13 klasemen sementara dengan perolehan 4 poin.

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *