Juventus vs Benfica 1-2: Si Nyonya Tua Terancam Tersingkir dari Liga Champions

Juventus vs Benfica 1-2: Si Nyonya Tua Terancam Tersingkir dari Liga Champions
Ekspresi Kecewa Dua Pemain Juventus yaitu Fabio Miretti dan Filip Kostic setelah Tim Mereka Tertinggal oleh Gol Benfica di Juventus Stadium (15/9/2022). (Sumber : blackwhitereadallover.com)

Juventus harus menelan kekalahan di kandang sendiri melawan Benfica dengan skor 1-2 pada pertandingan kedua grup H liga Champions yang berlangsung di Juventus Stadium, Kamis (15/9/2022).

Hasil ini membuat Juventus terancam angkat kaki dari liga Champions setelah menelan dua kekalahan dari dua laga awal. Sebelumnya, Si Nyonya Tua tumbang di markas PSG dengan skor yang sama yaitu 1-2.

Hanya saja, kekalahan ini menjadi cukup mengejutkan karena selain bermain di stadion kebanggaanya sendiri, Juventus juga jauh lebih unggul secara kualitas tim.

Namun, pelatih Benfica yaitu Roger Schmidt mampu membuktikan bahwa tim asuhanya bisa mampu meraih tiga poin di kandang sang raksasa Italia tersebut kendati kalah secara kualitas tim.

Bacaan Lainnya

Kemenangan ini membuat peluang Benfica untuk lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup H semakin terbuka lebar jika mereka juga mampu menjegal PSG.

Pada pertandingan sebelumnya, Benfica berhasil menang di kandang sendiri melawan klub asal Israel, Maccabi Haifa dengan skor 2-0.

Posisi Allegri di kursi kepelatihan semakin dekat dengan pemecatan menyusul rentetan hasil buruk yang juga diraih Juventus di kompetisi Serie A musim ini.

Hasil ini membuat Juventus belum menang dalam empat pertandingan beruntun di semua kompetisi.

Babak Pertama

Tuan rumah Juventus berhasil unggul di menit ke-4 melalui gol sundulan Arkadiusz Milik setelah menerima umpan tendangan bebas Leandro Paredes.

Unggul 1-0 membuat Juventus terus mengurung lini pertahanan Benfica dan menciptakan peluang melalui Filip Kostic di menit ke-9 setelah menerima umpan lambung Cuadrado dari sayap kanan. Namun, tendanganya melenceng tipis ke sisi kanan gawang Benfica.

Baca juga:  Momen Langka, Big Four Serie A Janjian Kalah

Benfica yang pada awal babak pertama terus tertekan mulai mampu melakukan skema serangan dan menciptakan peluang emas di menit ke-27.

Winger kanan Benfica yaitu David Neres melepaskan umpan lambung ke kotak penalti Juventus yang segera disundul Gonçalo Ramos, namun Perin berhasil menangkap bola dengan cemerlang.

Setelah itu, Benfica menjadi berbalik menguasai pertandingan dan terus melancarkan serangan ke lini pertahanan Juventus.

Gonçalo Ramos kembali menciptakan peluang emas keduanya pada menit ke-36 melalui tendangan di dalam kotak penalti yang masih berhasil ditangkap Perin.

Tiga menit berselang, Benfica nyaris unggul 1-0 melalui tendangan Rafa Silva dari luar kotak penalti setelah menerima umpan Joao Mario.

Beruntung bagi Perin, bola hasil tendangan tersebut masih membentur mistar kanan gawang Juventus kendati dirinya tidak berkutik untuk melakukan gerakan penyelamatan.

Pada menit ke-43, Benfica mendapatkan hadiah penalti setelah wasit melakukan pengecekan dengan VAR dimana gelandang Juventus, Fabio Miretti terbukti melakukan pelanggaran terhadap Gonçalo Ramos di sisi kanan dekat gawang.

Joao Mario yang menjadi eksekutor penalti berhasil menjalankan tugasnya secara sempurna dengan menendang bola ke sisi tengah atas gawang tanpa bisa ditepis oleh Perin.

Skor 1-1 untuk kedua tim bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Tuan rumah Juventus langsung tancap gas dan mencetak peluang pertamanya di awal babak kedua melalui tendangan Arkadiusz Milik dari luar kotak penalti. Namun, kiper Benfica yaitu Vlachodimos dengan gemilang berhasil menepis bola yang mengarah ke sisi kanan gawangnya.

Pada menit ke-55, tim tamu justru berhasil unggul dengan skor 2-1 melalui gol David Neres setelah memanfaatkan bola mentah hasil tepisan Perin terhadap tendangan Rafa Silva.

Baca juga:  Liverpool vs Napoli 2-0: The Reds Raih Kemenangan di Menit Terakhir

Gol tersebut menjadi yang kedua untuk Neres di liga Champions bersama Benfica musim ini.

Lima menit kemudian, Benfica nyaris menggandakan keunggulan menjadi 3-1. Akan tetapi, Bonucci berhasil menghalau tendangan voli Alexander Bah di dalam kotak penalti Juventus.

Tertinggal 1-2 membuat Allegri melakukan dua pergantian pemain sekaligus dengan menarik keluar Miretti dan Cuadrado serta memasukan Di Maria dan De Sciglio untuk bisa mengejar ketertinggalan skor. Akan tetapi, masuknya dua pemain baru tersebut tidak merubah situasi apapun untuk Juventus.

Taktik ofensif Roger Schmidt untuk Benfica tampaknya membuat tuan rumah menjadi seperti terkurung di lini pertahananya sendiri. Para pemain Juventus seperti kesulitan menghadapi permainan satu dua sentuhan yang diperagakan tim tamu yang cukup dominan di pertandingan ini.

Pada menit ke-63, Perin berhasil menepis tendangan Rafa Silva dari luar kotak penalti setelah menerima umpan Gonçalo Ramos.

Lima menit kemudian, Perin kembali melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tendangan David Neres di sisi kanan kotak penalti setelah menerima umpan terobosan Rafa Silva.

Juventus perlahan mulai kembali mendominasi pertandingan setelah masuknya Kean dan Fagioli yang menggantikan Kostic dan Milik.

Pada menit ke-83, Vlahovic sempat berhasil mencetak gol setelah menerima umpan silang De Sciglio dari sisi kiri. Sayangnya, De Sciglio yang mengirimkan umpan tersebut sudah berada dalam posisi offside.

Juventus terus mengurung lini pertahanan Benfica, namun mereka gagal menyamakan kedudukan hingga berakhirnya pertandingan.

Hasil ini membuat Juventus duduk di peringkat ke-3 grup H tanpa memperoleh satupun poin, sedangkan Benfica duduk di peringkat ke-2 di belakang PSG dengan poin yang sama yaitu 6.

Juventus (3-5-2) : Perin (GK), Danilo (CB), Bonucci (CB), Bremer (CB), Kostic (LWB), Miretti (CM), Paredes (DM), McKennie (CM), Cuadrado (RWB), Vlahovic (FW), Milik (FW).

Baca juga:  RB Leipzig vs Real Madrid 3-2: Los Blancos Tumbang di Jerman

Subs : De Sciglio, Kean, Di Maria, Fagioli

Benfica (4-2-3-1) : Vlachodimos (GK), Grimaldo (LB), Otamendi (CB), A.Silva (CB), Bah (RB), E.Fernandez (CM), F.Luis (CM), J.Mario (LW), Rafa (AM), Neres (RW), G.Ramos (CF)

Subs : Aursnes, Diogo, Chiquinho, Musa, Draxler

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *