Jika Der Oranjee Kembali Memanggil, Robben Tak Akan Bilang Tidak

Kembali Oranye, Robben? (Foto: Sky Sport)
Kembali Oranye, Robben? (Foto: Sky Sport)

Belanda – Sayap lincah yang malang melintang bersama Chelsea, Real Madrid dan Bayern Munchen, Arjen Robben buka kemungkinan untuk comeback ke Timnas Belanda. Pernyataan tersebut keluar setelah bawa Groningen menang atas FC Emmen di lanjutan Eredivisie musim ini.

Laga itu menandai kesembuhan Robben setelah menepi hampir tujuh bulan terakhir. Toh, ia mampu buktikan masih kompetitif dengan capaian dua assist.

Baca juga: BeNeLiga: Wacana Gabungan Liga Belgia dan Belanda

Ditemui kuli tinta selepas 90 menit berakhir, ia tersenyum lebar ketika mendengar pertanyaan tentang panggilan timnas dan Kick-Off Euro yang kian dekat. “(Jika panggilan itu ada) Maka saya akan pergi. Itu bakal menyenangkan tapi anda harus realistis, bugar dan mengukur diri terkait apa yang bisa disumbangkan pada tim. Selama ini bergabung dengan Tim Oranye merupakan kebanggaan.”

Bacaan Lainnya

Robben mengakui bila bermain di Euro 2020 jadi semacam mimpi liar baginya. Sempat menjelma bagai sesuatu yang mustahil karena kondisi fisik dan nyeri di kakinya, namun kini, setelah kembali merumput, ia tak bisa menutup mata begitu saja.

Saat ini saya tidak bilang menginginkannya, tapi jika dia (De Boer) memanggil saya tak akan bilang tidak,” kata Robben

Baca juga: Juventus vs Milan: Setan Merah Libas Si Nyonya Tua di Rumahnya

Sebagai bagian dari skuad Piala Dunia 2010 yang menembus final, Robben jelas miliki sesuatu yang tidak dimiliki para pemain muda macam Donny van De Beek, Frenkie de Jong dan Matthijs de Ligt: pengalaman berlaga di turnamen internasional macam Euro atau Piala Dunia. Apalagai di dua pagelaran besar sebelumnya, PD 2016 dan Euro 2018, Tim Oranye gagal lolos fase kualifikasi.

Baca juga:  Louis Van Gaal, Kembalinya Sang Meneer ke Kancah Sepakbola

Jika masuk skema de Boer, pemain yang punya kaki kiri mematikan ini barangkali takkan menjadi senjata utama tim seperti saat meneror lini belakang lawan di Afrika Selatan atau Brazil. Robben bisa berperan sebagai mentor dan mendukung soliditas ruang ganti Belanda atau opsi alternatif bila tim ingin mengoptimalkan lebar lapangan.

Baca juga: Inter di Puncak Nirwana, Pecundangi Sampdoria 5-1

Sedikit bicara lebih luas, kekhawatiran terbesar publik Belanda saat ini sebenarnya ada pada kebugaran bek tengah Virgil van Dijk. Kondisinya masih menyisakan tanda tanya perihal waktu kesembuhan dan mungkin tidaknya ia dimasukkan dalam daftar pemain Piala Eropa 2020 bulan depan.

Rakaisa Langit
Facebook

***
Ingin menjadi penulis di AnalisBola.com, Silakan hubungi kami melalui email: analisbolacom@gmail.com

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *