Italia vs Inggris 1-0: Three Lions Terdegradasi ke Liga B

Italia vs Inggris 1-0: Three Lions Terdegradasi ke Liga B
Ekspresi Kekecewaan Pemain Timnas Inggris setelah Kalah dari Timnas Italia dengan skor 0-1 di San Siro Stadium (24/9/2022) (Sumber : theguardian.co.uk)

Timnas Italia berhasil mengalahkan timnas Inggris dengan skor 1-0 pada pertandingan UEFA Nations League yang berlangsung di San Siro Stadium, Sabtu (24/9/2022).

Gol kemenangan tuan rumah dicetak oleh Giacomo Raspadori di babak kedua pertandingan. Bermain di hadapan puluhan ribu pendukungnya sendiri tampaknya menjadi suatu keuntungan bagi Gli Azzuri.

Meskipun mendominasi pertandingan sejak babak pertama, timnas Inggris sama sekali gagal untuk mencetak gol di laga ini.

Lini depan timnas Inggris yang dimotori oleh trio Raheem Sterling-Harry Kane-Phil Foden tampak kesulitan menembus lini pertahanan tuan rumah yang bermain cukup baik di pertandingan ini.

Bacaan Lainnya

Penampilan solid dari trio bek tengah timnas Italia yaitu Fransesco Acerbi, Leo Bonucci, dan Rafael Toloi serta taktik pressing-defensif yang diterapkan Roberto Mancini di pertandingan ini sangat menyulitkan tim tamu.

Alhasil, timnas Inggris yang cukup dominan di babak pertama sama sekali gagal memberikan ancaman berarti terhadap Donnarumma yang mengawal gawang tuan rumah.

Timnas Inggris seringkali melepaskan tembakan yang melambung keatas atau melenceng ke samping gawang timnas Italia.

Selain itu, taktik pressing yang diterapkan tuan rumah hanya mampu membuat Three Lions mengandalkan bola servis seperti free kick ataupun corner kick untuk menciptakan peluang.

Di babak kedua, timnas Italia yang tampak defensif dan tertekan sepanjang babak pertama mulai berani melancarkan serangan ke lini pertahanan tim tamu.

Para pemain timnas Italia tampaknya mengandalkan berbagai umpan lambung, entah dari sisi sayap kiri dan kanan untuk bisa mendobrak lini pertahanan timnas Inggris.

Baca juga:  Hungaria vs Italia 0-2: Gli Azzurri Lolos ke Semifinal Secara Dramatis

Skema serangan tersebut ternyata berhasil membuahkan gol untuk tuan rumah. Pada menit ke-68, Bonucci mengirimkan umpan lambung dari barisan belakang langsung ke depan kotak penalti timnas Inggris.

Bola segera mendarat kepada Raspadori yang berlari ke area pertahanan tim tamu. Penyerang Napoli tersebut berhasil mengecoh Reece James dan kemudian menendang bola ke pojok kanan gawang tanpa bisa ditepis kiper timnas Inggris, Nick Pope.

Tertinggal 0-1 membuat pelatih Three Lions, Gareth Southgate memasukan Jack Grealish untuk menggantikan Bukayo Saka di menit ke-72.

Harry Kane nyaris menyamakan kedudukan untuk timnas Inggris di menit ke-76. Akan tetapi, Donnarumma berhasil menggagalkan dua peluang beruntun striker Tottenham tersebut.

Dalam sepuluh menit terakhir pertandingan, tuan rumah kembali mengurung lini pertahanan tim tamu agar bisa memperbesar keunggulan.

Akan tetapi, tidak ada lagi gol yang tercipta hingga peluit panjang berakhirnya pertandingan dibunyikan.

Kemenangan 1-0 ini membuat tim asuhan Roberto Mancini tersebut naik ke peringkat kedua grup C dengan perolehan 8 poin dari dua kemenangan, dua hasil imbang, dan satu kekalahan.

Hasil ini membuat peluang mereka untuk lolos dari babak grup menjadi cukup terbuka setelah timnas Jerman dikalahkan oleh timnas Hungaria yang saat ini memuncaki klasemen.

Sebaliknya, kekalahan ini membuat timnas Inggris terdegradasi ke liga B UEFA Nations League. Three Lions harus terpuruk di dasar klasemen grup C dengan hanya memperoleh dua poin dari dua hasil imbang dan tiga kekalahan tanpa meraih satupun kemenangan.

Penampilan buruk ini tentu saja menjadi suatu alarm bagi Gareth Southgate sebelum menghadapi Piala Dunia yang akan digelar bulan November mendatang.

Kekalahan ini juga memperpanjang rekor buruk timnas Inggris dalam pertemuanya dengan timnas Italia.

Baca juga:  Inggris vs Jerman 3-3: Drama Enam Gol di Wembley

Italia (3-5-2) : Donnarumma (GK), Acerbi (CB), Bonucci (CB), Toloi (CB), Di Marco (LWB), Cristante (CM), Jorginho (DM), Barella (CM), Di Lorenzo (RWB), Raspadori (FW), Scamacca (FW).

Subs : Pobega, Frattesi, Gnonto, Emerson, Gabbiadini

Inggris (3-4-3) : Pope (GK), Maguire (CB), Dier (CB), Walker (CB), Saka (LWB), Rice (CM), Bellingham (CM), James (RWB), Sterling (LW), Kane (CF), Foden (RW).

Subs : Shaw, Grealish

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *