Tuan Rumah Skotlandia Bungkam Ukraina 3-0

Tuan rumah timnas Skotlandia berhasil mengalahkan timnas Ukraina dengan skor 3-0 pada pertandingan UEFA Nations League di Hampden Park
Gelandang Timnas Skotlandia, John McGinn Melakukan Selebrasi setelah Mencetak Gol Pembuka ke Gawang Ukraina pada Pertandingan UEFA Nations League di Hampden Park (22/9/2022) (Sumber : glasgowlive.co.uk)

Tuan rumah timnas Skotlandia berhasil mengalahkan timnas Ukraina dengan skor 3-0 pada pertandingan UEFA Nations League di Hampden Park, Glasgow, Kamis (22/9/2022).

Ketiga gol tuan rumah dicetak oleh John McGinn serta Lyndon Dykes yang menyumbangkan dua gol. Semua gol tersebut terjadi pada babak kedua pertandingan.

Di babak pertama, kedua tim bermain imbang tanpa gol. Penampilan gemilang kiper Ukraina, Anatoliy Trubin sempat berhasil membuat frustasi pemain tuan rumah.

Butuh waktu 70 menit bagi timnas Skotlandia yang dilatih Steve Clarke tersebut untuk mencetak gol pembuka melalui tendangan John McGinn.

Bacaan Lainnya

Gelandang Aston Villa tersebut memanfaatkan kelengahan bek tengah timnas Ukraina, Valeriy Bondar dalam menjaga ketat dirinya yang berada di depan gawang tim tamu. Gol tersebut segera disambut gemuruh puluhan ribu suporter tuan rumah yang hadir ke Hampden Park.

Pada menit ke-77, Steve Clarke melakukan pergantian striker dengan menarik keluar Che Adams dan memasukan Lyndon Dykes ke lapangan.

Hanya butuh tiga menit bagi Dykes untuk mencetak gol kedua timnas Skotlandia melalui sundulan setelah memanfaatkan umpan sepak pojok Ryan Fraser dari sisi kiri.

Pada menit ke-87, striker QPR tersebut kembali mencetak gol keduanya untuk memperbesar skor menjadi 3-0 dengan “adegan” yang sama seperti gol sebelumnya yang dicetak pada menit ke-80.

Gol kedua Dykes tersebut menjadi yang terakhir sekaligus penutup hasil pertandingan.

Ada suatu fakta menarik pada pertandingan ini dimana timnas Ukraina yang bertindak sebagai tim tamu berhasil unggul dalam ball possession dengan 52% dan juga passes, namun hanya mampu menghasilkan tiga tembakan tanpa ada satupun yang mengarah on-target ke gawang timnas Skotlandia.

Baca juga:  Hungaria vs Italia 0-2: Gli Azzurri Lolos ke Semifinal Secara Dramatis

Sedangkan, tuan rumah Skotlandia yang kalah dalam ball possession dan passes berhasil melepaskan 24 tembakan dengan 8 diantaranya mengarah on-target. Taktik pressing dan counter-attack tampaknya menjadi kunci utama dibalik kemenangan timnas Skotlandia di pertandingan ini.

Hasil ini membawa timnas Skotlandia memuncaki klasemen grup B dengan perolehan sembilan poin dari hasil tiga kemenangan dan satu kekalahan.

Sedangkan, kekalahan ini membuat timnas Ukraina turun ke peringkat kedua dengan perolehan tujuh poin dengan hasil dua kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kekalahan.

Sebelumnya, tim asuhan Oleksandr Petrakov tersebut meraih kemenangan atas Armenia dengan skor 3-0 dan hasil imbang melawan Irlandia dengan skor 1-1.

Tentu saja ini menjadi suatu hal yang cukup luar biasa bagi timnas Ukraina yang tetap bisa tampil baik meskipun negaranya sedang dirundung perang karena invasi Rusia.

Skotlandia (4-2-3-1) : Gordon (GK), Tierney (LB), McKenna (CB), Hendry (CB), Patterson (RB), McGregor (CM), McTominay (CM), Christie (LW), McGinn (AM), Armstrong (RW), Adams (CF)

Subs : Taylor, Dykes, Fraser, Hickey, McLean

Ukraina (4-1-4-1) : Trubin (GK), Mykhaylichenko (LB), Matviyenko (CB), Bondar (CB), Karavayev (RB), Stepanenko (DM), Mudryk (LW), Malinovskyi (AM), Pikhalyonok (AM), Yarmolenko (RW), Dovbyk (CF)

Subs : Sydorchuk, Yaremchuk, Ihnatenko, Tsyhankov, Zubkov

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *