Hasil Play-Off Leg Pertama Liga Champions: Benfica Kalahkan Dynamo Kiev 2-0

Hasil Play-Off Leg Pertama Liga Champions: Benfica Kalahkan Dynamo Kiev 2-0
Pertandingan Dynamo Kiev vs Benfica yang Dilaksanakan di Polandia (Sumber : dynamo.kiev.ua)

Pada pertandingan play-off leg pertama liga Champions musim 2022/23, klub raksasa Portugal yaitu Benfica berhasil mengalahkan klub Ukraina, Dynamo Kiev dengan skor 2-0. Kemenangan di leg pertama tentu saja ini menjadi modal bagus Benfica untuk bisa lolos ke liga Champions musim ini.

Benfica yang musim lalu berhasil menembus babak perempat-final liga Champions harus melawat ke kandang Dynamo Kiev untuk pertandingan leg pertama ini. Namun, karena kondisi di Ukraina saat ini sedang dalam keadaan perang, maka pertandingan dilaksanakan di negara Polandia, tepatnya di Stadion LKS yang berada di kota Lodz.

Meskipun negaranya sedang dirundung perang, Dynamo Kiev tetap akan berusaha maksimal untuk bisa lolos ke liga Champions sekaligus memberikan harapan dan semangat untuk warga Ukraina khususnya Kiev yang merupakan kota yang menjadi home base mereka

Oleh karena itu, Mircea Lucescu selaku pelatih Dynamo Kiev menurunkan skuad terbaiknya yang mayoritas adalah pemain timnas Ukraina seperti Bushchan, Shaparenko, Andriyevskyi, Zabarnyi, dan Tsygankov. Lucescu menerapkan formasi 4-4-2 di pertandingan ini.

Bacaan Lainnya

Sedangkan tim tamu Benfica yang dilatih oleh juru taktik asal Jerman, Roger Schmidt menerapkan formasi 4-3-3 dan menurunkan skuad terbaiknya seperti Otamendi, Gilberto, Joao Mario, Rafa Silva, dan rekrutan sekaligus bintang baru yaitu David Neres yang didatangkan dari Ajax untuk menggantikan Darwin Nunez yang hengkang ke Liverpool.

Babak Pertama

Benfica berhasil menciptakan peluang di menit ke-3 melalui Goncalo Ramos, namun tendanganya melenceng ke sisi kiri gawang Dynamo. Empat menit kemudian, giliran Dynamo yang menciptakan peluang melalui Artem Besyedin setelah menerima umpan dari sisi sayap kanan lewat skema serangan balik. Namun, tendanganya berhasil ditepis oleh kiper Benfica, Odysseas Vlachodimos.

Baca juga:  Mo Salah Ciptakan Rekor di Liga Champions

Pada menit ke-9, Benfica akhirnya berhasil mencetak keunggulan lewat gol dari bek kanan, Gilberto Moraes setelah menerima umpan dari Joao Mario lewat tendangan keras dari sisi kanan yang gagal dibendung oleh kiper Dynamo, Heorhiy Bushchan.

Semenit kemudian, Dynamo langsung melakukan serangan kilat dan menciptakan peluang emas untuk menyamakan kedudukan melalui tendangan Viktor Tsyhankov, yang berada di sisi kiri kotak penalti Benfica setelah menerima umpan Vitaliy Buyalskyi dari lini tengah. Namun, Vlachodimos kembali berhasil menggagalkan peluang Dynamo.

Dynamo Kiev terus melakukan serangan untuk menyamakan kedudukan khususnya melalui sektor sayap mereka yang cukup merepotkan pertahanan Benfica. Pada menit ke-33, Viktor Tsyhankov yang berposisi sebagai winger kanan kembali mencatatkan peluang melalui tendangan keras dari sisi luar kotak penalti, namun tendanganya melenceng tipis ke sisi kanan gawang Benfica.

Namun di menit ke-37, Benfica berhasil memperbesar keunggulan menjadi 2-0 melalui gol dari Goncalo Ramos setelah memanfaatkan kesalahan lini belakang Dynamo yang salah mengumpan bola.

Skor 2-0 untuk keunggulan Dynamo Kiev bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Sang rekrutan baru Benfica, David Neres menciptakan peluang pertamanya di pertandingan ini melalui tendangan keras dari luar kotak penalti pada menit ke-48, namun berhasil ditangkap oleh kiper Dynamo, Heorhiy Bushchan.

Setelah itu, Dynamo Kiev mengubah taktik baru dan mencoba untuk mencetak gol agar bisa mengejar agregat. Namun, serangan mereka masih mampu dihentikan oleh lini pertahanan Benfica yang dikawal oleh duet Morato dan Otamendi yang bermain sebagai bek tengah.

Sedangkan Benfica mencoba untuk mempertahankan keunggulan dengan menerapkan pergantian taktik serta pergantian pemain dengan memasukan Yaremchuk, Araujo, dan Bah serta menarik keluar Goncalo Ramos, Neres, dan Gilberto.

Baca juga:  Prediksi PSG vs Juventus: Duel Dua Tim Bertabur Bintang di Parc Des Princes

Pada menit ke-66, Dynamo melancarkan serangan balik dan melakukan umpan lambung terobosan dari sisi sayap kiri ke kotak penalti Benfica yang segera disambut oleh tendangan pemain pengganti, Oleksandr Karavayev. Namun, Vlachodimos berhasil menepis bola.

Vlachidomos tampaknya benar-benar menjadi penyelamat Benfica pada pertandingan kali ini. Pada menit ke-81, kiper timnas Yunani tersebut berhasil melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tendangan melengkung Oleksandr Karavayev dari sisi sayap kanan luar kotak penalti Benfica. Ini adalah kali kedua Vlachidomos menggagalkan peluang Karavayev.

Sepuluh menit terakhir pertandingan sepertinya benar-benar dimanfaatkan Dynamo Kiev untuk terus mengurung lini pertahanan Benfica. Namun, mereka gagal mencetak gol setelah Benfica menerapkan taktik yang cukup defensif di sisa menit terakhir.

Skor 2-0 untuk kemenangan Benfica bertahan hingga akhir pertandingan.

Kemenangan pada leg pertama ini membuat Benfica mendapatkan peluang besar mereka untuk lolos ke liga Champions mengingat leg kedua akan dilangsungkan di Portugal yang merupakan kandang mereka pada hari Rabu (24/8/2022).

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *