Hasil Leg Pertama Play-Off Liga Europa: Fenerbahce Kalahkan Tuan Rumah Austria Wien 2-0

Hasil Leg Pertama Play-Off Liga Europa: Fenerbahce Kalahkan Tuan Rumah Austria Wien 2-0
Pemain Fenerbahce Merayakan Gol Mereka Melawan Tuan Rumah Austria Wien (Sumber : hurriyet.com.tr)

Pada pertandingan leg pertama play-off liga Europa musim 2022/23, klub raksasa Turki yaitu Fenerbahce berhasil mengalahkan klub Austria, Austria Wien dengan skor 2-0. Kemenangan ini tentu saja membuka lebar peluang Fenerbahce untuk bisa lolos ke babak grup liga Europa musim ini.

Musim lalu, Fenerbahce adalah runner-up liga Turki sedangkan Austria Wien finish di peringkat ke-4 klasemen akhir liga Austria. Di kompetisi Eropa, Fenerbahce tersisih di babak grup liga Europa dan Austria Wien hanya bisa mencapai babak kedua kualifikasi Europa Conference League.

Pada pertandingan yang berlangsung di Generali Arena, Vienna, Austria yang merupakan kandang dari Austria Wien pada hari Jumat (19/8/2022), kedua tim sama-sama menerapkan formasi tiga bek. Sang tuan rumah yang dilatih oleh Manfred Schmid menerapkan formasi 3-5-2 dan menurunkan skuad terbaiknya seperti Fitz, Huskovic, Wustinger, Galvao, dan Da Graca.

Sedangkan, Fenerbahce yang dilatih oleh Jorge Jesus, mantan pelatih Benfica menerapkan formasi 3-4-3 dan menurunkan skuad terbaik, diantaranya adalah dua rekrutan baru Fenerbahce musim ini yaitu Ezgjan Alioski dan Joshua King. Kedua pemain tersebut adalah mantan pemain liga Inggris dimana Alioski pernah bermain untuk Leeds United dan Joshua King bermain untuk Watford pada musim lalu.

Bacaan Lainnya

Babak Pertama

Sejak awal pertandingan, Fenerbahce yang lebih diunggulkan langsung mendominasi pertandingan. Hasilnya di menit ke-8, sang rekrutan baru yaitu Joshua King berhasil mencetak gol ke gawang Austria Wien setelah menerima umpan terobosan Diego Rossi dari sisi tengah lapangan lewat skema serangan balik yang cepat.

Baca juga:  Sheriff vs Man United 0-2: Ronaldo Akhirnya Cetak Gol Perdana untuk Setan Merah di Musim Ini

Setelah gol pembuka tersebut, Fenerbahce terus melancarkan serangan serta mendominasi pertandingan yang membuat sang tuan rumah kesulitan untuk melakukan taktik serangan ke lini pertahanan Fenerbahce.

Pada menit ke-21, Fenerbahce kembali menciptakan peluang melalui tendangan İsmail Yüksek dari luar kotak penalti, tetapi berhasil ditangkap oleh kiper Austria Wien, Christian Früchtl. Setelah terus diserang, tuan rumah mendapatkan peluang di menit ke-34 melalui sundulan Haris Tabakovic setelah menerima umpan dari sisi sayap kanan, namun sundulanya melenceng ke sisi kiri gawang Fenerbahce.

Pada menit ke-40, Fenerbahce menciptakan peluang emas untuk menambah keunggulan lewat skema serangan balik, akan tetapi tendangan Serdar Dursun di sisi kiri kotak penalti Austria Wien masih gagal menembus gawang lawan.

Skor 1-0 untuk keunggulan Fenerbahce bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Pada awal babak kedua dimulai, Austria Wien langsung mencoba melancarkan serangan ke area lini pertahanan Fenerbahce dan menciptakan peluang melalui tendangan Dominik Fitz dari luar kotak penalti. Akan tetapi, masih melambung ke atas mistar gawang.

Fenerbahce menciptakan peluang di menit ke-50 melalui sundulan Joshua King setelah memanfaatkan tendangan bebas Alioski, namun sundulanya melambung ke atas dan gagal membuahkan gol. Setelah menit ke-50, Fenerbahce kembali mendominasi pertandingan dan terus melancarkan serangan ke lini pertahanan Austria Wien.

Bek kanan Fenerbahce, Ferdi Kadioglu begitu dominan dalam pertandingan ini. Beberapa kali pemain timnas Turki kelahiran Belanda tersebut memperagakan skill individu-nya yang luar biasa melalui dribble dan umpan lambung yang sering mengancam lini pertahanan Austria Wien.

Taktik Fenerbahce yang begitu dominan membuat pemain-pemain tuan rumah menjadi frustasi dan kesulitan melancarkan serangan. Pada menit ke-83, Austria Wien harus bermain dengan 10 orang setelah Lucas Galvão, bek tengah asal Brazil dikartu-merah karena melanggar penyerang Fenerbahce, Diego Rossi dengan tekel yang cukup keras.

Baca juga:  Romansa Tersendiri antara Unai Emery dan Liga Europa

Unggul jumlah pemain segera dimanfaatkan Fenerbahce untuk menambah keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-89 melalui gol dari Serdar Dursun, setelah memanfaatkan bola pantulan bek Austria Wien yang gagal menghalau bola umpan Fenerbahce dari sisi sayap kiri dengan sempurna.

Skor 2-0 untuk kemenangan Fenerbahce di leg pertama play-off liga Europa bertahan hingga akhir pertandingan.

Kemenangan ini membuat peluang Fenerbahce untuk lolos ke babak grup menjadi terbuka lebar karena leg kedua akan dimainkan di Turki pada hari Jumat (26/8/2022).

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *