Hampir Kalah, 3 Pemain ini Bawa Manchester City Menang di Piala FA

Cheltenham vs Manchester City
Para punggawa Manchester City melakukan perayaan setelah mencetak gol ke gawang Cheltenham Town. (Foto: AFP on straitstimes.com)

AnalisBola.com – Akhir pekan ini sepakbola Inggris kembali bergulir yaitu pertandingan di babak ke empat FA Cup. Namun bukan hanya laga di FA Cup yang bergulir, beberapa tim juga tengah memainkan laga lanjutan Liga Preimer Inggris.

Seperti diketahui musim ini menjadi musim yang cukup menarik bagi semua tim. Dimana klub harus siap dengan segala kemungkinan yang terjadi karena berhadapan dengan jadwal kompetisi yang padat serta pandemi korona yang tidak kunjung mereda.

Kembali ke lanjutan babak ke empat FA Cup, ada beberapa laga menarik yang bergulir pada putaran kali ini, salah satunya adalah pertandingan antara klub dari League Two atau kasta ke empat Liga Inggris, Cheltenham Town, menghadapi klub papan atas di kasta tertinggi Liga Inggris yaitu Manchester City.

Baca juga: Piala FA: City Bakal Menang Mudah, MU Harus Berjibaku

Bacaan Lainnya

Banyak pihak memprediksi bahwa laga akan berjalan mudah bagi The Citizens (julukan Manchester City), sebab dari segala aspek, memiliki keunggulan dibandingkan lawannya Cheltenham Town.

Namun tampaknya usaha Manchester City memenangkan laga harus dilalui cukup sulit, karena Cheltenham Town memberikan perlawanan yang cukup sengit. Hebatnya Cheltenham Town yang menjadi tuan rumah pada laga ini mampu unggul hingga menit ke 80.

Sebelum akhirnya Pep Guardiola memasukkan beberapa pemain andalannya dan mencetak 3 gol di sisa waktu pertandingan. Hasilnya, Manchester City menang dengan skor 3-1 atas Cheltenham Town dan berhak lolos ke babak selanjutnya.

Baca juga:  Selamat Datang Gelaran Euro 2020 di Tahun 2021

Dari data yang dihimpun dari situs WhoScored.com, laga yang berlangsung di markas Cheltenham Town, Whaddon Road Stadium, ini mutlak dikuasai oleh tim tamu Manchester City karena cukup mendominasi pada penguasaan bola.

Namun transisi yang kurang rapi dari lini belakang ke depan The Citizens, mampu dipatahkan oleh para pemain Cheltenham Town yang menumpuk di lini tengah tim. Akan tetapi sejak masuknya Ilkay Gundogan dan Joao Cancelo di bagian akhir pertandingan, membuat daya dobrak The Citizens tambah kuat dan akhirnya mereka memenangkan pertandingan.

Munculnya 2 nama tersebut sebagai pemain yang tampil baik pada laga ini bukan tanpa alasan. Sebab selain berkontribusi terhadap beberapa kali umpan akurat yang menghasilkan umpan kunci, kedua pemain tersebut juga menyumbang masing-masing 1 asis pada laga ini. Sehingga sangat wajar apabila kedua pemain pengganti tersebut merupakan kunci perubahan pola serang The Citizens pada laga ini.

Siapakah Man of the Match nya?

Selain Ilkay Gundogan dan Joao Cancelo yang mengubah jalannya pertandingan di bagian akhir laga, ada beberapa nama lain yang tampil luar biasa sejak awal laga. WhoScored.com secara statistik pemain, memberikan rating dan menentukan siapa pemain terbaik pada laga ini. Berikut reviewnya!

1. Phil Foden

Pemain 20 tahun ini sebenarnya berposisi asli sebagai gelandang serang tengah, namun karena Pep Guadiola tidak menerapkan pola dengan gelandang serang, Phil Foden harus bisa beradaptasi agar tetap bisa tampil.

Pada laga ini punggawa timnas Inggris ini dimainkan pada posisi gelandang kiri, yaitu sebuah posisi yang biasa diisi oleh Raheem Sterling. Pemain yang memiliki keunggulan dalam memegang bola dan umpan pendek ini tampil memukau pada laga ini dengan mencatatkan 4 kali dribbling bola, menyumbang 5 kali umpan kunci, melepaskan 5 kali tembakan ke gawang yang 2 diantaranya mengarah ke gawang, dan mencetak 1 gol.

Baca juga:  Chelsea vs Luton Town: Taktik Nathan Jones Patut Diwaspadai

Rating untuk Phil Foden pada laga ini adalah 9,01 dan dinobatkan sebagai Man of the Match.

2. Gabriel Jesus

Pemain 23 tahun ini sempat mengalami cedera panjang pada awal musim ini sehingga cukup lama beristirahat. Hal ini cukup berdampak pada penampilannya sampai saat ini karena tidak kunjung menemukan bentuk permainan terbaiknya seperti beberapa musim sebelumnya.

Kondisi lini serang Manchester City diperparah dengan cedera yang dialami penyerang andalan lainnya yaitu Sergio Aguero. Sampai pada saat ini Pep Guardiola terus memainkan Gabriel Jesus pada setiap laga sembari berharap sang pemain menemukan kembali bentuk permainan terbaiknya.

Pada laga melawan tuan ruman Cheltenham Town ini, Jesus dimainkan sejak awal laga. Dan hasilnya sang pemain membukukan 3 kali dribbling bola, melepaskan 5 kali tembakan dan salah satunya membentur bagian dari gawang, serta mencetak 1 gol. Rating untuk Gabriel Jesus adalah 8,14.

3. Ferran Torres

Pemain 21 tahun yang berposisi asli sebagai gelandang serang ini baru saja didatangkan oleh Manchester City dari klub Spanyol, Valencia, pada awal musim ini. Awalnya Ferran Torres didatangkan untuk mengisi slot di sisi kiri penyerangan Manchester City yang ditinggalkan oleh Leroy Sane.

Namun karena kemampuannya bermain sebagai striker, kehadiran pemain timnas Spanyol ini mampu menjadi solusi ketika para striker The Citizens tidak bisa tampil. Pada laga ini Ferran Torres kembali dipercaya menjadi starter pada posisi striker berpasangan dengan Gabriel Jesus.

Pada laga ini Ferran Torres tampil luar biasa dengan membukukan 4 kali tembakan ke gawang dan mencetak gol ketiga bagi Manchester City. Rating untuk Torres pada laga ini adalah 7,48.

M. Anshari Akbar
Penikmat Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Baca juga:  Man United vs Liverpool: Peluang Setan Merah Putus Rekor Buruk

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *