Everton vs Liverpool 0-0: Jordan Pickford Berhasil Catatkan Delapan Penyelamatan

Everton vs Liverpool 0-0: Kiper Everton Berhasil Ciptakan Delapan Penyelamatan
Kiper Everton, Jordan Pickford Berhasil Menjadi Bintang Lapangan pada Derbi Merseyside di Goodison Park (3/9/2022) (Sumber : liverpoolecho.co.uk)

Laga Derby Merseyside antara Everton melawan Liverpool berakhir imbang dengan skor 0-0 pada pertandingan pekan ke-6 liga Inggris di Goodison Park, Sabtu (3/9/2022).

Skor imbang tanpa gol ini mengulangi hasil yang sama pada musim 2017/18 ketika kedua tim bertemu di markas Everton tersebut.

Berdasarkan statistik akhir, Liverpool seharusnya bisa mengalahkan Everton karena mereka “unggul telak” dibandingkan tuan rumah.

Tuan rumah Everton hanya mampu menguasai 39% ball possession dan melepaskan 13 tembakan dimana hanya 3 tembakan yang mengarah on-target.

Bacaan Lainnya

Sedangkan, Liverpool mampu menguasai 61% ball possession dan berhasil melepaskan 23 tembakan dimana 8 tembakan mengarah on-target.

Akan tetapi, kiper Everton yaitu Jordan Pickford berhasil mementahkan kedelapan tembakan on-target yang dilepaskan tim asuhan Jurgen Klopp tersebut, sekaligus menjadi pahlawan tuan rumah karena berhasil menyelamatkan tim tersebut dari kekalahan.

Liverpool yang mendominasi pertandingan sejak awal babak pertama dibuat frustasi oleh kiper timnas Inggris tersebut.

Penyelamatan pertama terjadi pada menit ke-26 ketika Pickford berhasil menangkap bola hasil tendangan Luis Diaz yang menerima umpan dari situasi tendangan bebas.

Pickford kemudian melakukan penyelamatan kedua di menit ke-43 setelah mampu menepis tendangan Darwin Nunez di dalam kotak penalti dengan gemilang. Beruntung, tendangan Luis Diaz berikutnya hanya mampu membentur mistar kiri gawang Everton.

Pickford kembali berhasil menggagalkan peluang Darwin Nunez di menit ke-53 yang kali ini melepaskan tendangan first-time dari luar kotak penalti, dimana bola berhasil ditangkap Pickford sekaligus menjadi penyelamatan ketiga.

Baca juga:  Sampai Kapan Harry Kane Melawan?

Pada menit ke-63, Pickford melakukan penyelamatan keempat dengan menepis tendangan Roberto Firmino di area kotak penalti Everton setelah menerima umpan backheel Nunez.

Semenit kemudian, Pickford kembali menggagalkan peluang emas Firmino setelah berhasil menepis sundulan striker timnas Brazil tersebut di depan gawang Everton sekaligus menjadi penyelamatan kelima.

Pickford tampaknya benar-benar menjadi momok menakutkan bagi Liverpool karena dia berhasil menepis tendangan Fabinho dalam kurun waktu beberapa detik setelah menggagalkan peluang sundulan Firmino. Artinya adalah Pickford mampu melakukan tiga penyelamatan hanya dalam kurun waktu semenit saja !

Pada menit ke-87, Pickford melakukan penyelamatan ketujuh setelah untuk ketiga kalinya berhasil menggagalkan peluang emas Firmino yang melepaskan tendangan first-time di dalam kotak penalti setelah menerima umpan lambung Mo Salah.

Dua menit sebelum pertandingan berakhir, Pickford berhasil menjadi pahlawan Everton setelah menyelamatkan gawangnya dengan menepis tendangan Mo Salah di dalam kotak penalti yang mengarah ke pojok kanan gawang.

Penyelamatan tersebut menjadi yang kedelapan untuk Pickford sekaligus mengamankan satu poin untuk Everton.

Meski demikian, hasil imbang tersebut memperpanjang puasa kemenangan Everton dari enam pertandingan liga Inggris musim ini.

Hasil imbang ini membuat Everton duduk di peringkat ke-16 klasemen sementara dengan perolehan 4 poin sedangkan Liverpool duduk di peringkat ke-6 klasemen sementara dengan perolehan 9 poin.

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *