Dengan Materi Pemain yang pincang, PSM Terhenti di Final Zona Asean AFC Cup 2022

PSM Makassar
Yance Sayuri menggiring bola di bayangi oleh Morales (Sumber Twitter @AFCCup)

PSM Makassar belum mampu memperpanjang langkah klub indonesia di wilayah asia. Kekalahan melawan Kuala Lumpur City FC 5-2 di Stadion KLFA memupus harapan PSM untuk melaju ke Final Inter Zona Selanjutnya.

Juku Eja bermain dengan materi pemain yang cenderung pincang ditambah lagi dengan padatnya jadwal yang diberikan oleh PT. Liga Indonesia Baru. Imbas dari padatnya Jadwal beberapa pemain PSM Makassar kelihatan mengalami kelelahan.

Baca juga : 10-32 (10 Hari 3 Pertandingan 2 Negara): Misi PSM Makassar Menuju Final Inter Zona AFC Cup 2022

The City Boys tampil atraktif di hadapan pendukungnya sendiri di Stadion KLFA. Setelah kemenangan ini Kuala Lumpur City FC berhak untuk tiket ke fase Final Inter Zona apabila Federasi sepakbola India (AIFF) di banned oleh FIFA dan wakil india dinyatakan gugur.

Bacaan Lainnya

Pada AFC selanjutnya, Indonesia akan diwakilkan oleh Bali United dan Persib Bandung. Bali United adalah Juara liga satu dan Persib Bandung menemani sebagai Runner up liga 1 tahun 2021.

Susunan Pemain

PSM Makassar menurunkan Formasi 3-5-2. Dilini belakang Bernardo Tavares menurunkan Full Pemain Lokal, Safruddin Tahar, Dallen doke dan Yance Sayuri. Absennya bek andalan Juku eja Yuran Fernandez dan Agung Mannan akibat mendapatkan kartu merah pada laga sebelumnya melawan Kedah Darul Anam. Hal tersebut menjadi hambatan besar untuk lini pertahanan Juku Eja.

Pasukan Ramang menumpuk pemain di lini tengah yang diperuntukkan untuk melayani lini serang Pasukan Ramang yang dimotori 2 pemain asing PSM Makassar, Wiljam Pluim dan Everto Nascimento.

Baca juga:  Pembukaan Piala AFF 2020 : Tuan Rumah Melumat Myanmar, Thailand Menang atas Timur Leste

Kuala Lumpur City FC memainkan formasi 4-4-2. The City Boys menurunkan semua pemain asingnya, total Kuala Lumpur City FC mempunyai 5 pemain asing ditambah 1 Naturalisasi. Di lini depan Bojan Hodak memasang Jordan Mintah dan Morales.

Babak Pertama

Pada awal babak pertama anak Asuhan Bojan Hodak mengambil alih pertandingan dengan beberapa kali menggempur pertahanan PSM Makassar, melalui duo striker andalan mereka Jordan Mintah dan Paulo Josue.

Pada menit 20’ The City Boys menciptakan peluang emas hasil dari penyerangan disisi kiri yang memberikan operan ke kotak penalti, tapi bola shot dari striker Kuala lumpur mampu di tepis oleh panjaga gawang Arya Pratama dan hanya menghasilkan bola corner

Pada menit ke 33’ Kuala lumpur mencetak gol oleh Striker Kuala Lumpur Romel Morales. Setelah gol pertama tercipta, Kuala Lumpur City FC tidak mengendurkan serangan. Alhasil, The City Boys menambah Keunggulan melalui serangan balik di menit akhir babak pertama, gol di cetak oleh Jordan Mintah hasil umpan dari Romel Morales

Selama pertandingan dibabak pertama pertahanan pasukan ramang terus digempur oleh penyerang kuala lumpur, sampai akhir peluit babak pertama skor bertahan 2-0 untuk tim tuan rumah.

Babak Kedua 

Di babak kedua, pertandingan baru berjalan 7 menit Kuala Lumpur mendapatkan Penalti. Rizki Eka melanggar striker Kuala Lumpur didearah kotak penalti. Paulo Josue berhasil mengkonversi penalti tersebut menjadi gol, gol sementara 3-0 untuk keunggulan Kuala Lumpur City FC.

Pada menit 58′ PSM Makassar berhasil memperkecil ketertinggalan melalui gol diluar penalti oleh Yacob Sayuri. Setelah 5 menit berselang Pasukan Ramang menggandakan keunggulan menjadi 3-2, hasil dari corner rasyid bakri dan mampu di heading dengan baik oleh Akbar Tanjung

Baca juga:  Persija Vs Persita 1-0: Gol Menit Akhir Menangkan Macan Kemayoran

Setelah gol kedua, PSM Makassar menguasai jalannya pertandingan. Pasukan Ramang terus menerus mencari celah untuk membobol pertahanan Kuala Lumpur. Tapi, pertahanan kuala lumpur sangat solid.

Pada menit 84′ Bek Pasukan Ramang Erwin Gutawa melakukan blunder saat memberikan operan melalui kepala kepada dallen doke dan bola tersebut dapat dikuasai oleh pemain kuala lumpur. Pemain Kuala lumpur langsung menggiring bola dan melakukan shoot ke gawang arya pratama, bola muntah hasil dari antisipasi arya pratama mampu di konversi menjadi gol oleh striker kuala lumpur paulo jose.

Di sisa Waktu PSM Makassar terus mempertontonkan permainan menyerang hingga akhirnya PSM Makassar kecolongan lagi di waktu tambahan babak kedua. Arya Pratama Kiper PSM Melanggar pemain kuala lumpur di kotak penalti dan menghasil penalti untuk kuala lumpur. Eksekutor lagi-lagi penalti Kuala Lumpur sukses menjebol gawang PSM Makassar. Pada lagi ini juga Arya Pratama mendapatkan kartu Kuning.

Skor Akhir 5-2 untuk kuala lumpur sampai akhir pluit babak kedua. Hal ini pun mengakhiri perjuangan Pasukan Ramang di ajang AFC Cup 2022.

Pelatih Bernardo Tavares total memasukkan 5 Pemain pengganti dan di kubu Kuala Lumpur City FC hanya memasukkan 3 Pemain pengganti

Berdasarkan statistik akhir Pertandingan, Kuala Lumpur city fc menguasai 54% ball possession serta melepaskan 19 tembakan dimana 9 tembakan mengarah on-target. Sedangkan, PSM Makassar menguasai 46% ball possession serta melepaskan 8 tembakan dimana hanya 3 tembakan mengarah on-target.

Setelah laga Final Zona Asean AFC Cup 2022 di stadion KLFA, Kuala Lumpur. Terjadi penyerangan dan pelemparan Batu ke Bus Suporter PSM Makassar dan Aliansi Suporter Indonesia Malaysia (ASIM) oleh oknum Suporter tim Tuan rumah. Akibatnya 1 suporter dari indonesia mengalami luka pada bagian wajah dan kaca bus retak akibat lemparan batu.

Baca juga:  Wow, Asnawi Mangkualam dinobatkan sebagai Player Of The Match K-League

Wjr
PSM Makassar and AC Milan Addict

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *