Dembele Show Antar Barcelona Kangkangi Athletic Bilbao

Dembele Barcelona Bilbao
Ousmane Dembele dan Robert Lewandowski dalam Barcelona vs Bilbao (24/10/2022). Sumber: Eurosport.

Analisbola – Ousmane Dembele bersinar terang kala Barcelona dan Athletic Bilbao beradu dini hari tadi dalam lanjutan La Liga. Partai berakhir dengan kemenangan telak anak-anak Catalan 4-0. Hasil tersebut potong selisih Barca dengan Real Madrid, pemuncak klasemen sementara, jadi tiga poin. Sementara Bilbao bertengger di zona Kualifikasi Conference League, posisi 6, mengumpulkan poin yang sama dengan Villareal.

Menjamu tamu Basque pasca kemenangan meyakinkan atas Villareal, Xavi Hernandez tak segan membongkar susunan kesebelasan utamanya. Dua gelandang bertipe pivot, Frenkie de Jong-Sergio Busquets, berpadu dengan dua energi muda dinamis, Pedri-Gavi. Kemudian turut terlibat Ousmane Dembele buat tawarkan ancaman dari sisi penyerangan Barcelona.

Baca Juga: Real Madrid vs Sevilla 3-1: Los Blancos Semakin Tak Terbendung

Dalam adu taktik bersama salah satu eks pelatih Barca, Ernesto Valverde, Xavi memutuskan tambah satu gelandang ekstra untuk imbangi pergulatan di lini tengah. Bilbao sendiri turun dengan formasi 4-2-3-1, di mana Ander Herrera mengisi satu pos gelandang dan William bersaudara sebagai juru gedor pertahanan lawan.

Bacaan Lainnya

Jalannya Laga

Meski turunkan personel yang berbeda, Barca lagi-lagi mampu ciptakan keunggulan tiga gol dalam interval sepuluh menit dari lawannya kali ini. Dibuka dengan kombinasi Dembele-Lewandowski pada menit 12, dengan sentuhan akhir dari kepala nama pertama.

Enam menit berselang, Sergio Roberto mampu gandakan angka. Setelah bertukar sentuhan dengan Dembele, pemain yang tempati pos bek kanan di laga ini mengirim bola dengan sebuah tendangan keras. Usaha ini sedikit terbantu defleksi si kulit bundar dalam perjalanannya menuju mulut gawang Unai Simon.

Baca juga:  Barcelona vs Real Valladolid 4-0: Lewandowski Kembali Mencetak Dua Gol Untuk Blaugrana

Melengkapi badai 10 menit itu, Lewandowski ikut bubuhkan namanya di papan skor. Ujung tombak asal Polandia berhasil kontrol bola kiriman Dembele (lagi), perdaya penjaganya dan cetak gol ke-12 di La Liga dalam rekening pribadinya.

Babak pertama diwarnai pula dengan terpincang-pincangnya Gavi. Dengan Piala Dunia di depan mata, dan keunggulan tiga bola, Franck Kessie lantas masuk menggantikan sang peraih Golden Boy tahun ini.

Baca Juga: Gavi Tak Layak Raih Kopa Trophy Awards?

Pada paruh kedua, Azulgrana tak mengendurkan tarikan gas mereka. Dominasi penguasaan bola dan tusukan-tusukan tajam tetap mengemuka. Seperti saja upaya Dembele yang menghantam tiang Bilbao di menit 57.

Gol terakhir di laga ini tercipta melalui sontekan Ferran Torres. Siapa kreatornya? Ousmane Dembele. Seperti tak ingin sang pemain terlampau berlebihan pamer kebolehan, Xavi tarik Dembele tiga menit setelah gol Torres. Menyimpan tenaganya buat duel lawan Bayern Munich tengah pekan ini? Barangkali.

Sayang, Barca harus akhiri laga dengan sepuluh pemain setelah Sergio Roberto tak mampu lanjutkan pertandingan. Ia tampak kesakitan pada area bahu, sedang jatah pergantian mereka sudah habis.

Rakaisa Langit
Facebook

***

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *