Debut Sempurna Haaland di Premier League

Debut Sempurna Haaland di Premier League
Haaland Mencetak 2 Gol Melawan West Ham pada Debutnya di Liga Inggris (Sumber : germany.tawdif.ma)

Pada pertandingan antara West Ham United vs Manchester City yang berlangsung hari Minggu (8/8/2022). Man City yang merupakan juara bertahan, berhasil mengalahkan sang tuan rumah dengan skor 2-0.

Pada pertandingan yang berlangsung di London Stadium tersebut, Erling Haaland berhasil mencetak dua gol dan membawa klub berjuluk The Citizen tersebut meraih 3 poin. Haaland bergabung ke skuad Pep Guardiola pada musim ini setelah ditransfer dari Borussia Dortmund dengan nominal seharga 51 juta Euro.

Erling Haaland sendiri merupakan putra kandung dari mantan pemain Manchester City, yaitu Alf Inge Haaland yang bermain untuk Man City selama 3 musim dari tahun 2000 hingga 2003. Haaland mengikuti jejak Chiesa, Reyna, dan Busquest yang bermain di klub yang sama dengan ayah kandungnya.

Jalanya Pertandingan

Pada pertandingan kali ini, Pep Guardiola mengandalkan formasi yang sama yaitu 4-3-3. Guardiola memasang trio penyerang Grealish-Haaland-Foden. Lalu di sektor tengah, Guardiola memasang trio Gundogan-Rodri-De Bruyne untuk menjadi pendukung dan penyuplai bola terhadap trio penyerang Man City, termasuk Haaland.

Bacaan Lainnya

Sedangkan, West Ham United yang dilatih oleh David Moyes menggunakan formasi 4-2-3-1. Untuk menghadapi permainan menyerang dari Man City dan juga Haaland, Moyes memasang duet Zouma-Johnson sebagai bek tengah, dan didukung oleh Creswell dan Coufal yang masing-masing mengisi posisi bek kiri dan bek kanan.

Sektor lini pertahanan tersebut didukung juga oleh Declan Rice dan Tomas Soucek yang mengisi posisi gelandang bertahan. Sudah dapat diprediksi, jika sepertinya Moyes akan memasang strategi pressing terhadap pemain Man City untuk menghambat pergerakan dan aliran bola.

Baca juga:  Deretan Rekor Tercipta Setelah Hattrick Fenomenal Haaland dan Foden

Akan tetapi, sepertinya strategi West Ham tersebut masih gagal untuk mencegah dominasi dan efektifnya serangan Man City. Sejak menit pertama, Man City berhasil melancarkan berbagai serangan yang hampir berbuah gol. Pada menit ke-29, City sempat mencetak gol melalui De Bruyne. Namun sayangnya, Gundogan yang memberi umpan kepada De Bruyne sudah berada dalam posisi Offside.

Pada menit ke-33, Man City berhasil mendapatkan penalti setelah Haaland dijatuhkan oleh kiper pengganti West Ham, Alphonse Areola. Haaland menjadi eksekutor tendangan penalti tersebut dan berhasil menceploskan bola setelah Areola salah membaca bola. Skor 1-0 untuk Man City.

Haaland memang tampil cukup baik pada pertandingan ini. Selain berhasil mencetak gol, striker timnas Norwegia tersebut juga beberapa kali menciptakan ruang untuk serangan dan aliran bola Man City. Selain itu, Haaland juga seringkali bermain melebar dan memberikan umpan-umpan akurat kepada pemain City lainya.

Pada menit ke-66, Haaland berhasil mencetak gol keduanya setelah memanfaatkan umpan terobosan De Bruyne dari sisi tengah lapangan. Haaland yang lolos dari perangkap offside, dengan tenang menceploskan bola melewati Areola ke dalam gawang West Ham. Skor 2-0 untuk keunggulan Man City.

Pada menit ke-79, Haaland ditarik keluar dan digantikan oleh striker City baru lainya, Julian Alvarez. Ketika ditarik keluar, dirinya segera ditepuk tangan oleh fans Man City yang datang ke stadion tersebut. Skor 2-0 pun bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Dua gol Haaland tersebut seolah menjawab kritik dari publik setelah penampilan mengecewakanya pada pertandingan Community Shield melawan Liverpool minggu lalu. Pada pertandingan tersebut, Haaland gagal mencetak gol dari dua peluang emas di depan gawang. Kini, Haaland telah membuktikan bahwa dia layak menjadi striker berkualitas di liga Inggris.

Baca juga:  Manchester City Tolak David Alaba dan Berencana Datangkan Striker Baru

Christopher
Pemerharti & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *